"Sosok" Ketua Paling Menyebalkan

Written By Wawan Setiawan on Thursday, March 28, 2013 | 10:33 AM

Thursday, March 28, 2013

Bagi sebagian orang, masa lalu selalu saja identik dengan kenangan kelam atau pun hal buruk yang pernah dilakukan. Saya pun berpikir demikian. Kenangan masa lalu bagi saya adalah sebuah peristiwa atau pun hal yang paling bodoh yang pernah saya lakuin dan tidak akan pernah saya ulangi lagi di masa sekarang. Jika sejenak merenung dan kembali ke masa lalu, semua terasa sangat janggal. Ingin rasanya saya menata kembali alur cerita masa lalu tersebut.

Ketika ku membuka mata dan melihat apa yang terjadi di masa sekarang, sangat disayangkan ketika seorang remaja sekolahan yang hanya pulang pergi bertemu guru, kemudian siang hari bermain bersama kawan-kawan, mangkal di warung, beli rokok, kemudian ngobrol sana-sini tak jelas. Masih mending bila ngobrolnya masalah positif atau pun pelajaran di sekolah, yang terjadi banyaknya, kalo bukan masalah cinta ya paling ngobrol yang gak penting, hehe.

Waktu itu saya pernah menceburkan diri keluar dari zona nyaman, mungkin karena bisikan hati. Saya mencoba terjun ke dunia organisasi, selain karena nasihat guru-guru sejak dari smp, di sma pun demikian yang kurang lebihnya saya diberi nasihat oleh guru seperti ini, "kamu harus belajar berorganisasi, suatu saat nanti kamu akan terjun ke masyarakat dan menghadapi dunia yang sebenarnya."

Itu memang bukan dunia saya. Bukan sama sekali!. Saya adalah seseorang yang sangat tak pandai bersosialisasi apalagi sering beraspirasi menyalurkan ide-ide dan menyapaikannya kepada orang banyak. Sejak SD sampai SMP pun saya tidak mengenal apa itu organisasi. Yang waktu itu ku tahu, organisasi itu tidak sebatas dari latihan pramuka, menunggu instruksi pelatih, dan rajin datang mengikuti kegiatan. Ya, cuma itu yang kutahu.

Saya mengikuti sebuah organisasi wajib di sekolah, didorong sebuah bisikan hati dari nasihat guru saya pun memberanikan diri supaya rajiin ikut andil dalam bagian di organisasi. Dan hasilnya, banyak sekali kejadian-kejadian konyol bahkan sangat memalukan sekali.

Bailah sekarang mengaku saja, saya adalah sosok orang yang tak pandai berbicara atau kasarnya "gagap berbicara". Seriuss, waktu itu saya paling benci yang namanya berbicara di depan kelas apalagi di depan orang banyak. Selain kata-kata yang masih berantakan juga sama sekali tidak berbobot kata-kata saya. Ditambah lagi saya selalu demam panggung alias nervous ketika berbicara, pokonya yang liatnya aja pasti gak bakalan nyaman. Pasti nyebelin!

Oya, yang lebih lucu lagi adalah orang tersebut malah terpilih sebagai seorang ketua di salah satu organisasi wajib di sekolahnya. Haduhhh, gimana ini! Kenapa mesti dia? Kenapa gak yang lain aja? Jika ingin berkata jujur, itu pun juga sebenernya keinginan saya sendiri. Saya ikut organisasi dan yang ku targetkan ya jadi ketua. Lho?? Sudah mah tidak bisa berbicara, ngomong aja nervous malah jadi ketua. Gimana sih?? Ya pada waktu itu saya memberanikan diri saja, saya memang gak tau apa2 tentang organisasi ya namanya juga belajar, hehe. 

Pada waktu itu saya menyadari bahwa betapa sulitnya membangun sebuah organisasi. Boro-boro saya berpikir menyatukan visi dan misi, wong ngomong saja masih gak bener. Aku mencoba untuk jadi seorang ketua seutuhnya, aku belajar dari senior yang sudah sangat mahir berorganisasi tapi sepertinya itu sulit sekali. Jujur, saya masih gak bisa ngilangin kebiasaan gagap saya dalam berbicara. Sering sekali teman-teman yang liat pun ketawa-ketiwi dan itu semakin membuat ku tak percaya diri.

Aku kesulitan menyatukan aspirasi sesama pengurus. Dalam hati ku bertanya-tanya, "Perasaan waktu saya jadi anggota ketua itu enak tinggal nyuruh-nyuruh saja, kok giliran saya disuruh malah susah ya?" Waktu itu saya berpikir untuk mundur saja dari jabatan ketua. Tapi dalam hati kecil saya menolak dan harus menyelesaikan sampai satu periode jabatan hingga serah terima jabatan yang baru.

Meskipun beberapa program kerja telah di jalankan dengan lancar namun saya sadar organisasi yang saya pimpin sangat lebih buruk daripada sebelumnya. Saya kadang merasa malu kepada senior. Tapi kembali lagi kepada niat saya karena ini hanyalah sebuah pembelajaran. Ya pembelajaran yang terbaik yang pernah diberikan Tuhan.

Saya menyadari banyak sekali kekurangan-kekurangan dalam diri saya. Padahal sejak SD, dan SMP prestasi saya cukup bagus. Di SMP pun saya pernah mendapat prestasi murid teladan dari sekolah karena prestasi nilai mata pelajaran yang bagus tentunya. Tapi semua itu rasa-rasanya tak berguna padahal yang ku tahu orang-orang sukses di dunia ini adalah mereka yang berhasil memimpin orang lain.

Sampai saat ini kenangan itu selalu terngiang-ngiang di kepala akan sosok seorang ketua paling menyebalkan yang pernah saya temui. Itu adalah saya sendiri.

Saya ingin mengutip sebuah peribahasa.

"Kerbau tidak pernah terpelosok kepada lubang yang sama"

Kesalahan cukuplah menjadi pelajaran dan tak mesti harus di ulangi lagi. Jadikan pembelajaran terbaik untuk kita bertindak lebih baik lagi. Karena kerbau saja tidak terpelosok ke dalam lubang yang sama. Jika manusia melakukan itu berarti manusia di cap makhluk yang lebih buruk daripada kerbau. Padahal kerbau itu dianggap manusia sebagai mahluk "paling dungu". :D
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: "Sosok" Ketua Paling Menyebalkan
Read More | comments (5)

Kita Tidak Berbakat. Bener atau Tidak?

Written By Wawan Setiawan on Monday, March 18, 2013 | 7:53 AM

Monday, March 18, 2013

Kita Tidak Berbakat. Bener atau Tidak?
Kita Tidak Berbakat. Bener atau Tidak?
"Sebenarnya kita bisa melakukan apapun asalkan kita punya semangat, antusias, dan tak pernah menyerah."

Mungkin kelihatan konyol, sulit dipercaya, tidak masuk akal, atau pun menyalahi kodrat bahwa manusia diciptakan Tuhan dengan keahlian masing-masing. Manusia dilahirkan dengan bakat atau genetik masing-masing yang sudah Tuhan anugerahkan sebelum lahir. Tapi jauh di lubuk hati terdalam saya masih tidak sependapat dengan hal tersebut, bakat itu memang ada namun bukan hanya itu yang mempengaruhi pencapaian manusia-manusia hebat di dunia ini.

Anda boleh saja mengkritik kalau perlu abaikan saja, namun saya tetap pada pendirian bahwa "manusia bisa melakukan apapun jika saja ia punya semangat dan motivasi yang besar untuk mencapai tujuan tidak terbatas pada bakat yang dibawanya sejak lahir."

Mungkin saya adalah salah satu orang atau beberapa orang di dunia ini yang percaya dengan hal tersebut. Tapi bukan berarti saya orang yang bisa segala-galanya. Lho kenapa, katanya anda manusia yang bisa melakukan apapun? Iya, saya bisa melakukan apa pun yang saya yakini itu bisa. Dan saya akan bisa dan pasti bisa.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan klub sepakbola Brazil. Semua orang pasti tahu itu, bahkan tidak sedikit yang ketika mendengar kata Brazil selalu dikaitkan dengan sepakbola. Betul sekali, Brazil memang salah satu negara pencetak bintang-bintang kelas dunia, sebut saja dari eranya Pele, Romario, Ronaldinho, Ronaldo, Kaka, dan akhir-akhir ini nama Neymar sedang banyak di bicarakan di media.

Melihat fakta tersebut apakah menurut anda kesemua pemain hebat di atas tadi karena faktor genetik yang diturunkan dari keluarganya? Atau barangkali karena Brazil memang negara sepakbola. Sepertinya iya. Kecuali jika kita lebih detil memperhatikan sejarah. Tahukah Anda, negara Brasil mulai diperhitungkan dalam dunia sepak bola itu sejak tahun 1950. Sebelumnya, penguasa sepak bola bukanlah Brasil, bahkan negara ini tidak masuk hitungan.

Pertanyaannya adalah kenapa sekarang Brazil menjadi negara yang sangat diperhitungkan di dunia sepakbola?

Ada sebuah metode latihan khusus yang diterapkan di Brasil sehingga menghasilkan para pemain “berbakat”. Atau ada cara tertentu yang menjadikan orang-orang bisa berbakat. Atau yang menurut saya paling berpengaruh adalah "mental". Semua penduduk Brazil percaya bahwa mereka berbakat dan memiliki keahlian hebat dalam sepakbola sehingga mereka pun jadi hebat.

Di zaman yang serba modern ini ada sebuah metode yang bisa mengukur bakat seseorang yaitu STIFIn Finger-Print . Apabila mengikuti sidik jari tentang bakat yang di arahkan maka mereka bisa sukses. Namun pertanyaannya adalah banyak juga yang belum mengetahui sidik jari bakat mereka.

Saya yakin sebagus apa pun bakat seseorang apabila tidak pernah dilatih maka apa artinya bakat tersebut sebaliknya mereka yang tak pernah berbakat sekali pun apabila punya semangat, minat yang besar dan latihan yang tekun maka suatu saat ia akan mampu menguasainya.

Jadi sekarang, anda tidak usah berpikir berbakat atau tidak berbakat. Tetap semangat, cintai apa yang anda lakukan, berusaha dengan keras dan jangan menyerah. Saya yakin suatu saat akan berhasil. Berikan mental positif kepada diri anda. Ucapan "Saya tidak berbakat" akan menjadi boomerang bagi diri anda sendiri yang bakal mematikan semangat anda.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kita Tidak Berbakat. Bener atau Tidak?
Read More | comments (3)

Aku Tidak Sreg, Benarkah?

Written By Wawan Setiawan on Thursday, March 7, 2013 | 9:32 AM

Thursday, March 7, 2013

Aku Tidak Sreg, Benarkah?
Aku Tidak Sreg, Benarkah?
Lihat percakapan berikut ini?

Ivan : "Van, mau ga kita berbisnis internet marketing? Kebetulan kamu kan sedang nganggur terus."
Ali : "Ahh, apaan si, bisnis apaan itu? Milih bisnis yang jelas-jelas aja kali. Itu mah bisnis dunia maya gak jelas."
Ivan : "Tapi kalau ditekuni hasilnya bakal luar biasa lho li, kamu berminat ga?"
Ali : "Aku tidak sreg sama bisnis itu van, aku mau yang biasa-biasa aja."
Ivan : "Maksudnya yang biasa-biasa gimana?"
Ali : "Ya, kaya dagang gitu."
Ivan : "Ohh, ya udah tak apa-apa kalo gak berminat"
Ali : "Iya van, aku ngak tahu internet marketing sama sekali."
Ivan : "Semua orang juga awalnya tidak tau kali li? Daripada nganggur terus?"
Ali : "Iya sihh.. hehe tapi aku kurang sreg aja van."
Ivan : "Oh ya udah ndak apa-apa.."

Coba deh lihat kalimat yang dicetak tebal di atas. "Tidak Sreg" katanya. Saat Anda menyarankan sesuatu kepada seseorang, kemudian dia mengatakan “tidak sreg”, Anda mau apa lagi? Tidak sreg menjadi sebuah alat untuk menolak ide, gagasan, dan inspirasi apapun. Dan setelah mengatakan tidak sreg, tidak ada lagi argumen yang bisa diajukan. Artinya menolak, titik!

Coba kalau ditanya, kenapa tidak sreg. Sering kali jawabannya:

“Ya nggak tau, pokoknya tidak sreg aja.”

Artinya seseorang yang mengatakan tidak sreg seringkali menutup diri untuk saran tersebut. Bisa juga diartikan “saya tidak mau, titik!”.

Tidak sreg itu sebenarnya suatu hal yang wajar sobat. Manusia memang memiliki ketertarikan yang berebeda-beda terlepas dari ada yang kita suka dan juga ada yang tidak kita sukai. Namun justru inilah yang menjadikan alasan mereka menolak ide-ide atau gagasan yang masuk. Mereka akan dengan mudah mengatakan tidak sreg dengan maksud menutup diri sehingga akan menjadi mental block bagi diri kita sendiri.

Alasan mengatakan "Aku tidak sreg"

1. Tidak mau keluar dari zona nyaman
Seringkali ketika ada seseorang yang menawarkan sebuah ide-ide luar biasa kepada anda, anda menolaknya karena hal itu bertolak belakang dengan zona nyaman anda atau dengan kata lain anda tidak mau keluar dari zona nyaman padahal itu sangat baik dan kadang sebuah keharusan untuk bisa berhasil. Untuk itulah mereka mengatakan, "aku tidak sreg" karena sebenarnya dia tidak mau keluar dari zona nyaman yang akhirnya malah meninabobokan diri sendiri.

2. Kurang Pengetahuan
Perkataan "aku tidak sreg" juga disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang sesuatu. Seperti yang dikatakan Ali dalam percakapan di atas. Dia lebih memilih bisnis biasa atau dagang dengan alasan lebih nyata, ya tidak apa-apa. Tapi, jika saja dia tahu bahwa prospek bisnis online itu sangat besar dan lebih mudah karena tidak terbatas waktu dan tempat dan juga jumlah konsumen yang tidak terbatas pula. Dia tidak akan pernah berkata "aku tidak sreg".

Perkataan aku tidak sreg juga disebabkan karena kurangnya pengetahuan. Jadi ketika ada seseorang yang menawarkan ide kepada anda, cobalah buka dulu pikiran anda, carilah pengetahuan tentang hal tersebut. Anda tidak akan pernah tahu sebelum anda mencari tahu.

3.  Karena Malas
Ada kalanya ketika seseorang menjelaskan panjang lebar tentang sebuah ide, tetap saja dia tidak mau tahu dan mengatakan "aku tidak sreg". Seperti yang di ucapkan Ali pada percakapan di atas. "Iya sihh.. hehe tapi aku kurang sreg aja van.". Itu menunjukan bahwa sebenarnya si Ali memang malas.

Kesimpulan
Jangan sampai hidup Anda dikuasai oleh “tidak sreg”. Anda tidak akan pernah berkembang, sebab apa pun nasihatnya jawabannya “tidak sreg”. Mulai sekarang, saat dalam hati mengatakan tidak sreg, cobalah evaluasi apakah benar tidak sreg atau karena 3 penyebab diatas.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Aku Tidak Sreg, Benarkah?
Read More | comments (2)

Gagal Padahal sudah Berusaha Maksimal, Benarkah?

Written By Wawan Setiawan on Wednesday, March 6, 2013 | 7:01 AM

Wednesday, March 6, 2013

Gagal Padahal sudah Berusaha Maksimal
"Aku gak pernah berhasil padahal sudah sekuat tenaga ku berusaha"
Betapa seringnya kudengar kalimat tersebut. Sebuah bentuk penyesalan atas apa yang telah kita lakukan. Entah itu penyesalan atau keputusasaan, mungkin yang lebih tepatnya putus asa. Bukan hanya orang lain yang mengatakan hal tersebut tapi saya sendiri kadang juga begitu. Hmmm.. Tapi ngomong-ngomong bener gak yah, kita sudah berusaha sekuat tenaga? Atau jangan-jangan sekuat apa pun bahkan seperti tenaga kuda pun kita berusaha tapi hasilnya nihil? Haduhh, gimana ini. :D

Sahabat, pernahkah mendengar sebuah kisah tentang seorang pengembara yang hendak menuju sebuah tempat suci dimana itu tepat berada di arah barat. Namun karena sebuah ketidaktahuan, pengembara itu malah berjalan ke arah sebelah utara. Lho, apa-apan sih orang itu? Bisa gak ya menuju tempat yang ia tuju. Tapi denger dulu nih ceritanya. :)

Sebelum berangkat sang pengembara selalu mengingat dengan baik petuah sang guru. "Kau akan menghadapi banyak halangan dan rintangan tapi janganlah menyerah karena sikap itulah yang bisa mengantarkanmu kepada sebuah keberhasilan". Seperti itulah kurang lebih petuah sang guru.

Dalam perjalanannya menuju tempat suci, benar saja ada banyak sekali rintangan yang menghadang, mulai dari serangan binatang buas seperti macan, singa, ular, buaya dan lain-lain. Karena kesungguhannya atau barangkali karena petuah sang guru yang benar-benar dicamkan dengan baik si pengembara pun berhasil melewati aral yang menghadangnya. Si pengembara pun memutuskan untuk terus melangkah maju dengan penuh keyakinan.

Tak hanya itu saja ternyata cobaan lain seperti cuaca dingin, kondisi pangan yang sulit pun datang menghadangnya. Tapi ia masih ingat akan petuah sang guru, ia terus berjalan ke arah utara dan sangat yakin dirinya akan berhasil. Ia tak tahu kalau sebenarnya arah yang dituju itu salah. Lama sekali bahkan sudah puluhan dan ratusan kilometer dilewati namun tak kunjung menemukan tempat yang dituju juga. Ia pun akhirnya menyalahkah petuah sang guru karena sebenarnya ia sudah berusaha keras namun tak kunjung berhasil.

Nah sobat, apa sebenarnya penyebab kegagalan si pengembara tadi? Ya. karena ia sebenarnya menuju ke arah yang salah. Sekuat dan sekeras apa pun berusaha tetap saja tidak akan mendapatkan apa-apa. Pengembara itu lupa akan satu hal yaitu berpikir dan mencari pengetahuan. Ia cuma mengandalkan tenaganya sementara pikiran tidak.

Begitu pula dengan kita yang kadang merasa sudah melakukan segala hal namun tak kunjung berhasil juga. Jangan-jangan kita juga bernasib seperti pengembara tadi ya? Sekuat apa pun kita berusaha namun tetap saja hasilnya nihil.

Nah, sekarang cobalah sobat periksa dulu, sudah benarkah cara yang sobat lakukan? Sudahkah sobat menggunakan pikiran sobat untuk berpikir dan mencari pengetahuan tentang bagaimana caranya mencapai tujuan yang hendak dicapai dengan benar atau bahkan lebih cepat?

Tetap semangattt. :D

Semoga bermanfaat.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Gagal Padahal sudah Berusaha Maksimal, Benarkah?
Read More | comments (7)

Saya Tidak Bisa!, Benarkah?

Written By Wawan Setiawan on Wednesday, February 20, 2013 | 9:54 AM

Wednesday, February 20, 2013

Saya Tidak Bisa!. Kalimat yang sering sekali kita jumpai atau sering kita layangkan ketika dihadapkan dalam sebuah situasi tertentu.

Sebuah hal yang menarik adalah kalimat tersebut biasanya diucapkan ketika kita dihadapkan pada sebuah situasi atau kesempatan dimana kita bisa maju. Ya memang, wajar apabila kita tidak bisa. Namun apakah mereka yang bisa juga dulunya bisa begitu saja. Tentu saja tidak, tidak akan ada seorang bayi yang lahir tiba-tiba menjadi seorang pengusaha, tidak ada bayi lahir tiba-tiba jadi pembicara hebat.

Bagaimana pun hebatnya seorang, David Beckham, Jackie Chan atau siapa pun tetap saja saat lahir tidak bisa apa-apa kecuali yang bisa dilakukan bayi pada umumnya.

Saat Anda mengatakan tidak bisa, percayalah semua orang juga pernah tidak bisa. Saya bisa menulis sekarang, karena sejak dulu saya berlatih menulis. Tapi waktu bayi saya tidak bisa menulis. Anda tidak bisa, karena memang belum berlajar dan berlatih. Jadi intinya Anda mau atau tidak? Betul?

Setiap orang sebenarnya pernah dihadapkan pada situasi dimana kita tidak bisa melakukan suatu hal termasuk mereka yang sudah sukses di bidangnya. Namun apa bedanya mereka yang mahir dengan yang tidak bisa. Ya, karena mereka memiliki antusiasme untuk berani mencoba sedangkan kita selalu diliputi rasa takut dan akhirnya tidak mau mencoba.

Yukk, kobarkan semangat pagi ini.
Bisa!!!! :D
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Saya Tidak Bisa!, Benarkah?
Read More | comments (5)

Jurus ampuh Menggapai Cita-cita

Written By Wawan Setiawan on Monday, February 18, 2013 | 10:21 PM

Monday, February 18, 2013

Apapun yang sedang anda tekuni sekarang pasti pernah berpikir atau setidaknya membayangkan tentang masa depan kita nanti. Memang semua tak akan pernah tahu tapi hati kecil kita sebenarnya sudah bisa memprediksikan. Cobalah duduk, pejamkan mata dan bayangkan seperti apa anda 5-10 tahun lagi? Sudah? Gimana hasilnya?

Bagi sebagian orang, masa depan menjadi sebuah prioritas yang amat sangat penting melebihi apa pun namun sebagian yang lain menganggap masa depan sebagai sebuah misteri yang menakutkan. Khawatir kalau-kalau pada suatu saat nanti kita malah bukan seperti apa yang di inginkan. Memang tidak ada yang tahu bahkan ramalan Mama Lauren yang terkenal itu pun belum tentu bisa menjawab.

Namun jangan khawatir, kabar baiknya adalah masa depan itu adalah tentang bagaimana mindset kita padanya, jika kita berpikir sukses maka kita akan sukses dan sebaliknya jika kita berpikir gagal maka kita akan gagal.

Tapi itu saja belum cukup. Dalam prakteknya justru sangat-sangat lebih menantang dan menguras tenaga juga pikiran dibanding kalimat sederhana yang di paparkan barusan. Semua tentu punya impian namun tidak banyak orang bisa meraih impian tersebut. Di depan sana akan ada aral rintangan yang bisa membuat pikiran berputar dan keringat bercucuran, hanya sedikit yang bisa melewati aral tersebut. Sementara sisanya memilih berhenti saja.

Ada satu jurus yang menurut saya ampuh dalam hal meraih impian dan cita-cita kita. Terima kasih kepada mas Ippho Santosa atas ilmunya. :D Oh iya nama jurus itu adalah "Jurus Memantaskan Diri"

Apapun yang sedang anda tekuni saat ini saya yakin anda ingin menjadi seeorang profesional di bidangnya. Walau anda karyawan sekali pun sepertinya bisa mengangkat jabatan dan tentu menaikan gaji bulanan anda. Ya, dengan jurus memantaskan diri.

Seperti inilah gambaran jurus memantaskan diri :

Jika anda berkeinginan menjadi seorang penari top dunia dan ingin jadi seperti mereka, anda pun sebenarnya bisa. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, sudah pantaskah anda menjadi seorang penari? Coba koreksi gaya menari anda, gerakan-gerakan, maupun kesesuaian ritmenya. Menurut anda sudah pantaskah anda jadi seorang penari?

Kedua, coba bandingkan dengan seorang penari favorit top dunia yang anda agung-agungkan. Belajarlah darinya, coba bayangkan jika anda tiba-tiba terkenal sepertinya. (Ga usah dibayangin prosesnya just imagine aja ya). Bayangkan anda di tonton oleh seluruh manusia yang meliput setiap gerak-gerik tarian anda. Kira-kira, apa yang akan terjadi? Apakah semua penonton terkagum-kagum oleh gerakan tari anda? Apakah tarian anda sudah selincah atau bahkan melebihi penari favorit anda? Akankah mereka terhibur dan kembali memanggil anda untuk sebuah event lainnya?

Sebenarnya janganlah dulu berpikir akan menjadi seperti, tapi berpikirlah 'sudah pantaskah kita seperti'. Apa pun bidang yang sedang ditekuni cobalah lakukan seperti layaknya orang-orang besar lakukan. Tak usahlah dulu berpikir terkenal dan banyak uang, just do it, do the best! Pantaskan diri anda menjadi... maka insya Allah apa pun impian anda akan segera terwujud. :D
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Jurus ampuh Menggapai Cita-cita
Read More | comments (2)

Kisah Inspiratif : Membeli Anjing Kecil

Written By Wawan Setiawan on Thursday, February 14, 2013 | 6:15 AM

Thursday, February 14, 2013

Kisah Inspiratif : Membeli Anjing Kecil
Seorang bapak-bapak penjual anak anjing terlihat sedang berdiri di atas topangan kayu. Nampaknya ia sedang memperbaiki plang yang rusak. Tangan kanan memegang palu sambil memukul-mukulkan paku ke plang yang terbuat dari kayu itu. Tiba-tiba dari samping kiri ada seseorang yang menarik lengan baju belakang sambil berkata,

"Pak permisi, bapak jual anak anjing kah??". kata anak itu.

"Oh iya dek, adek mau beli ya" kata penjual anjing.

"Iya pak saya mau beli, saya boleh lihat dulu anak anjingnya" anak perempuan kecil itu berkata dengan tampang lugu.

"Baiklah dek", bapak itu berkata sambil menghempaskan keringat yang mengucur di atas lehernya.

"Oh iya adek punya uang berapa?" kata penjual anjing.

"Saya punya segini pak", kata anak kecil lugu dengan paras cantik itu sambil menunduk, merogoh saku celana dan mengulurkan uang recehan.

Karena si bapak itu berhati baik, maka ia pun mengijinkan anak perempuan itu membawa pulang anjngnya.

"Oh ya sudahlah dek, bapak akan berikan anak anjing untukmu" kata penjual anjing sambil mengulurkan tangan dan membelai kepala bocah kecil nan lugu itu.

"Dolly kemarilah!!!", rupanya bapak itu menyahut anak-anak anjing miliknya.

Hal ini pun membuat perasaan anak kecil itu berbinar-binar.

Anak-anak anjing mulai keluar dari sarangnya. Sambil menggonggong merdu terlihat gumpalan bulu halus dan lembut. Namun anak kecil itu melihat anak anjing yang berlari pelan di belakang kerumunan anak anjing lainnya. Bahkan terlihat sangat pelan dan berjalan lunglai. Nampaknya kaki anak anjing itu bermasalah.

"Silahkan adek pilih mau yang mana?" kata bapak penjual anjing.

"Saya pilih yang itu pak!" sambil menunjuk ke arah anak anjing yang berjalan pelan tadi.

“Nak, kamu jangan pilih yang satu itu. Dia tak akan bisa berlari dan bermain bersamamu seperti anak anjing yang lainnya.” ucap penjual anjing.

Kemudian anak kecil itu menunduk sambil menyingkap celana panjangnya. lalu ia gulung celananya ke atas. Di sana terlihat penopang besi di sisi kaki si anak yang terlihat lebih kecil dari kaki yang satunya.

"Seperti yang bapak lihat, aku pun tidak bisa berlari dengan baik. Aku rasa ia akan senang bersama seseorang yang bisa dimengerti." kata anak kecil itu dengan suara lirih.

Teman, di dunia ini ada banyak orang yang ingin lebih dimengerti,
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kisah Inspiratif : Membeli Anjing Kecil
Read More | comments (4)

Cerita Dua Ekor Katak dalam Bejana

Written By Wawan Setiawan on Monday, February 11, 2013 | 9:11 PM

Monday, February 11, 2013

Diceritakan ada dua ekor katak yang sedang terapung dalam bejana yang berisi air susu. Mereka berdua terdiri dari katak hijau dan katak biru. Keduanya sedang berjuang keluar dari bejana berisi susu, beberapa kali mereka mendayung dan meloncat walau kelihatannya semua itu hanya sia-sia.

Katak biru berkata pada katak hijau, "wahai kawanku, sampai kapan kita terus meloncat dan mendayung? Saya sudah sangat letih sekali." Kemudian berkatalah katak hijau, "teruslah mendayung sahabatku, sekitar beberapa jam lagi akan ada seseorang yang mengeluarkan kita dari bejana ini".

Sejam berlalu namun belum terlihat seseorang pun yang datang menghampirr keduanya, "wahai sahabat, aku letih sekali. ingin rasanya ku tenggelam saja." katak biru berkata dengan pesimis. "Bersabarlah sekitar 2 jam lagi, pasti kita bisa keluar dari tempat ini" katak hijau memberikan nasihat.

Dua jam berlalu belum ada tanda-tanda akan ada seseorang yang datang menolong. Sementara katak hijau terus berjuang dengan penuh semangat, meloncat dan terus mendayung. Di lain hal, katak biru malah terlihat lemas tak ada gairah.

"Wahai sahabat, semangatlah kita bisa keluar dari tempat ini" katak hijau berkata. "Sepertinya aku sudah tidak kuat lagi sobat. Aku akan memilih untuk tenggelam saja, aku yakin kita tidak akan bisa keluar dari tempat ini" katak biru berkata dengan sangat pesimisnya. "Tidak, jangan begitu ayolah terus berjuang. Kita pasti bisa keluar dari tempat ini." katak hijau memberi nasihat.

Tanpa semangat yang berarti, akhirnya katak birupun memilih untuk tenggelam. Dan ia mati di telan bejana susu sementara katak hijau terus berjuang penuh semangat. Satu.dua.tiga jam berlalu dengan semangat tinggi katak hijau tersebut terus meloncat dan mendayung. Sampai akhirnya ia merasakan ada sesuatu yang memadat. Rupa-rupanya air susu tersebut berubah menjadi mentega. Katak hijau pun bisa keluar dengan selamat.

"Jangan pernah berhenti melangkah. Yakinlah akan ada titik terang bagi mereka yang pantang menyerah. Teruslah kobarkan semangat, hilangkan rasa pesimis dan putus asa. Pertolongan pasti akan datang ketika kita sudah tak mampu lagi berbuat."

Salam sukses.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Cerita Dua Ekor Katak dalam Bejana
Read More | comments (2)

Seperti Apa kita dimata orang lain?

Written By Wawan Setiawan on Saturday, February 9, 2013 | 11:51 PM

Saturday, February 9, 2013

Seperti Apa kita dimata orang lain?
Alkisah seorang bocah duduk termenung dalam lamunan di bawah rindangnya pohon cemara. Tentang sebuah masa depan, anak kecil itu sedang berpikir tentang seperti apakah dirinya 10 tahun yang akan datang, atau 20 tahun lagi, 30, 40,50, bahkan 100 tahun yang akan datang.

Pernah terlintas dalam sebuah artikel di sebuah surat kabar yang sering memunculkan nama-nama seperti Kartini, presiden Soekarno, Bung Hatta, dan sebagainya. Dalam benaknya, nama yang sangat lestari tersebut selalu tertata kuat dalam setiap hati warga Indonesia. Ya tentu karena jasa-jasa yang telah mereka berikan bagi negeri ini. Sekali lagi, ia bertanya kepada diri sendiri, "Akankah aku seperti mereka?"

Bak sebuah api yang kena hembusan udara kencang, begitu pun dengan dirinya. Sempat juga membayangkan tentang suatu saat nanti ketika tubuhnya terbujur kaku dalam bungkusan kain kafan, bahkan sudah berada dalam liang lahat. Apa yang akan orang lain katakan tentang dirinya? Masih adakah orang yang mengingat namanya? Atau justru dalam beberapa bulan saja mereka sudah melupakan namaku?

"Apakah ada daftar nama seperti yang aku baca dalam surat kabar?" Sepertinya semua belum terlambat. Suatu saat aku harus bisa memberikan manfaat kepada orang banyak seperti Bung karno, buing hatta atau juga ibu kartini. "Aku tak mau menjadi sampah." tegasnya.

What about you??

Ketika Alfred Nobel merenung dan mengubah tindakannya. Sejak hari itu ia melakukan banyak hal dalam bidang perdamaian. Namanya adalah Alfred Nobel dan kita mengenangnya hari ini dalam sebuah “monumen abadi” bernama Hadiah Nobel. mungkin kita juga bisa melakukan hal serupa. Pikirkanlah.

Apa yang akan kita wariskan kepada generasi penerus kita?
Seperti apa kita ingin dikenang?
Apakah orang-orang akan berkata hal-hal yang baik tentang kita?
Apakah orang-orang akan mengenang kita dengan cinta dan rasa hormat?
Renungkanlah, lalu ambil tindakan untuk mewujudkannyaRating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Seperti Apa kita dimata orang lain?
Read More | comments (1)

Kisah Blogger Sukses asal Indonesia, Penghasilan Ratusan Juta

Written By Wawan Setiawan on Monday, February 4, 2013 | 11:25 PM

Monday, February 4, 2013

Kisah Blogger Sukses Indonesia
Dunia internet marketing memang menjadi suatu hal yang baru dan belum cukup diminati oleh masyarakat Indonesia jika dibanding dengan beberapa negara luar seperti India, Singapura, China, dan lain-lain. Padahal potensi pendapatan yang dapat kita raih dari internet marketing bisa dibilang luar biasa. Dengan hanya duduk di depan PC atau Laptop kita bisa menghasilkan uang hingga puluhan bahkan ratusan juta lewat internet. Nah, hal ini pulalah yang dilakukan oleh seorang blogpreneur sukses asal Makasar, Asri Tadda.

Asri memulai aktivitas blogging pada akhir tahun 2012, pada awalnya beliau menulis beberapa artikel di blog hanya untuk keperluan pribadi, curhat-curhat online lah istilahnya. Kegemarannya dalam menulis membuat pria yang kuliah di Fakultas Kedokteran UNHAS tersebut semakin gila dengan aktivitas ngeblog. Bahkan disela-sela kesibukan kuliah, ia sering bolos mangkal di warnet dekat kampus.

Waktu terus berlanjut sampai akhirnya beliau menemukan titik terang dari aktivitas ngeblog yang selama ini ia lakukan. Ia sedikit demi sedikit mulai mengenal Blog Monetizing. Blog monetizing adalah cara bagaimana kita mendapatkan uang melalui aktivitas ngeblog yang dilakukan.

Beliau mengawali langkahnya melalui salah satu blog adversiting yang dikembangkan oleh Google yang bernama Google Adsense. Dari sana ia pernah suatu waktu mendapatkan $400 USD yang ia gunakan untuk menraktir teman-temannya di kampus. Perjalanannya terus berkembang sampai akhirnya ia punya penghasilan tetap rata-rata $1000 USD per bulannya.

Waktu terus berjalan sampai akhirnya ia mendapatkan banned atau dipecat dari Google karena alasan pengetahuan yang tidak memadai mengenai blogging dan juga bahasa inggris yang pas-pasan dan masih terkesan belepotan (dulu Google adsense belum support bahasa Indonesia sehingga kita harus membuat blog-blog bahasa inggris untuk bisa mengikuti program ini, kini, mulai awal tahun 2012 Google Adsense sudah support bahasa Indonesia).

Beliau tidak menyerah, sampai akhrinya ia mengikuti program make money blog yang lain yaitu program paid review. Dengan koleksi jumlah 50 blog dari salah satu penyedia hosting gratis blogspot, dimana kesemuanya blognya berbahasa Inggris. Dari sana ia terus berjuang mencari recehan dollar.

Waktu terus berjalan sampai akhirnya ia mendapatkan pendapatan dari penjualan link tersebut berupa jumlah minimal Paypal yang dapat di ambil yaitu $100. Kemudian Asri membeli jasa hosting seharga US$ 95 serta domain US$ 10. Maka, Asri resmi berpindah dari blog gratis ke blog profesional. "Tantangan terbesar saya saat itu, saya tidak tahu marketing dan bahasa Inggris pas-pasan," ujarnya.

Setelah berpindah ke self-hosting, Asri nekat mendirikan beberapa bisnis, diantaranya jual beli artikel online yang bernama Article Trade. "Hasilnya lumayan. Sehari bisa laku 50 artikel. Padahal artikel sepanjang 200 kata saja sudah bisa dibanderol harga US$ 5. Untuk fee penulis US$ 2, masuk saku saya US$ 3," kenang Asri.

Selain bisnis Article Trade, Asri juga mendirikan bisnis internet marketing lainnya yaitu jasa SEO (Search Engine Optimatization), jaringan blog advertising, layanan iklan baris, dan lain-lain. Dari semua bisnis online yang ia tekuni tersebut, Asri bisa meraup omzet sekitar Rp 300 juta padahal, dia hanya dibantu sekitar 13 karyawan.

Sepak terjangnya terus berkembang, pada tahun 2008 ia berhasil mendapatkan juara kedua ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tingkat nasional. "Pada awalnya saya tidak menyangka bakal menjadi juara, karena menurut saya bisnis yang saya tekuni itu tidak real semuanya online, tidak kelihatan secara kasat mata. Namun alhamdulilah saya bisa mendapatkan juara kedua." ujar Asri.

Keberhasilan di ajang wirausaha mandiri tersebut menjadi energi yang cukup besar. Sepulangnya dari sana, Asri dengan beberapa teman mendirikan sebuah perusahaan yang bernama AstaMediaGroup. Perusahaan ini bergerak di bidang internet marketing termasuk mendirikan sebuah Sekolah Blog pertama di Asia.

Bagaimana anda tertarik mengikuti jejak Asri Tadda?Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kisah Blogger Sukses asal Indonesia, Penghasilan Ratusan Juta
Read More | comments (33)

Kata-kata Mutiara di Pagi Hari

Written By Wawan Setiawan on Friday, February 1, 2013 | 9:42 AM

Friday, February 1, 2013

Pagi hari merupakan awal menghimpun sebuah kekuatan dalam diri manusia. Semangat di pagi hari akan memberikan energi luar biasa untuk produktivitas sepanjang hari. Energi itu harus selalu ada dan terpelihara pada pagi hari. Untuk memompa semangatmu, berikut ini adalah beberapa kata-kata Mutiara yang semoga bisa memberikan energi di permulaan hari ini.

Berikut adalah Kata-kata Mutiara di Pagi Hari :

"Kejujuran berarti berdamai dengan diri sendiri, ketika berbohong sudah pasti kita telah memulai sebuah konflik yang akan menghancurkan kita sendiri"

"Kesulitan hidup bukan untuk di tangisi tapi justru harus disyukuri. Karena kesulitan hidup itulah yang akan mengantarkan kita kepada sebuah keberhasilan."

"Keyakinan akan membawamu menuju kepada sebuah dimensi bahkan kadang menjadi hal yang tak masuk akal bagi orang lain."

"Lakukan apa yang bisa kamu lakukan hari ini. Sudahlah lets move."

"Bukan masalahnya yang sulit tapi kitanya aja yang belum bisa. Kalau terus di coba pasti bisa"

"Daripada sibuk mencari seorang motivator hidup lebih baik jadilah motivator untuk diri sendiri. Murah, mudah, dan gagah".

"Apapun bidangnya bukan masalah gampang atau tidaknya bidang itu tapi seberapa jauh kita berusaha. Disitulah mental kita di uji. Apakah kita layak atau tidak?".

"Jangan terlalu mencemaskan sesuatu yg tak berarti, kamu hanya menciptakan sebuah masalah yg memang tak pernah ada pada awalnya."

"Jika ada orang yang melukai dan menyakiti perasaan ini, Biarkan saja. Yang terpenting bukan kita. Tetap hormati dan balas dengan kebaikan-kebaikan."

"Kebahagiaan bukanlah disaat kita memiliki kesempurnaan, namun ketika kita dapat menerima ketidaksempurnaan dengan tulus dan ikhlas.."

"Apalah untungnya membicarakan aib orang lain? Lebih baik bicarakan kebaikannya,lebih enak didengar,lebih bersahabat, & tentunya dapat pahala".

Demikian beberapa  Kata-kata Mutiara di Pagi Hari.
Semoga bermanfaat.

Thanks to Embunsyurga
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kata-kata Mutiara di Pagi Hari
Read More | comments (1)

Doa Persembahan untuk Tuhan

Jaman yang semakin canggih, dulu ke tanah suci harus benar-benar berjuang, melewati badai dan ombak besar kini cuma hitungan jam bisa sampai ke tempat tujuan tanpa kendala yang berarti. Woww teknologi sekarang memang sudah luar biasa.

Manusia pun merasa dirinya bangga sebagai penguasa jagat raya karena prestasi nan luar biasa dari terbang ke angkasa sambai menambus hingga ke bulan. Namun sadarkah siapa yang benar-benar berkuasa di dunia ini? Sudah lupakah kita akan dzat yang Maha Agung dan Maha Kuasa?

Entah apa aku pun tak tahu, kebaikan Tuhan kepada manusia sungguh tak ada duanya. Walau pun hamba-hambanya lalai, selalu berbuat dosa, bahkan tidak ingat akan keberadaannya sekalipun (Astagfirullah) Dia selalu memberi nikmat tak ada duanya di dunia ini. Dia benar-benar seorang yang adil, tak peduli apakah manusia itu baik atau tidak, Dia selalu memberikan nikmat.

Namun apa sesungguhnya yang setiap hari benar-benar kita persembahkan padanya? Jika saja Tuhan punya sebuah email atau bisa dikirimi surat mungkin kita setiap menit bahkan setiap detik tiada kata-kata yang kita terima selain kata maaf karena dosa yang selalu kita lakukan, "Oh Tuhan, maafkanlah semua dosa dan khilaf yang telah ku perbuat"

Lagi-lagi dosa,dosa, dan dosa. Apa yang sebenarnya manusia miliki adalah dosa. Maka itu pulalah yang sering dipersembahkan oleh manusia setiap hari.

Memiliki dosa adalah sebuah keniscayaan, tapi pengakuan terhadap dosa itulah yang harus benar-benar manusia sadari.

Ketika diri ini sudah tidak mengakui akan dosa maka tak ada hal yang selalu dilakukan setiap hari kecuali dosa. Mengakui dan menyadari dosa juga berarti merendahkan diri serendah-rendahnya di hadapan Tuhan. Ya mari kita akui saja.

Jika engkau tahu betapa banyaknya dosa yang kau sendiri mungkin menyadarinya. Sebesar apa? Bukit? Gunung? atau seluas samudera? atau mungkin bahkan tak bisa terhitung bak butiran pasir yang ada di gurun sahara. Sebesar itukah dosa kita.

Sekarang mari sejenak tutup mata kita dan sadarilah betapa banyak dosa yang kita perbuat. Lihatlah betapa banyak orang yang masih saja tidak benar-benar mengakui kesalahannya. Coabalah lihat mereka-mereka yang berkicau ria di pengadilan sana. Mereka yang tak pernah sadar akan kesalahannya, mereka yang selalu menumpuk dosanya.

Katakan pada Tuhan hari ini, “Tuhan, tidak ada yang kupersembahkan untukMu hari ini kecuali seluruh dosaku. Semoga segala kebaikan bisa sedikit menghapus setumpuk dosaku."
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Doa Persembahan untuk Tuhan
Read More | comments

Kata-kata Romantis Terbaru 2013

Written By Wawan Setiawan on Sunday, January 27, 2013 | 11:41 PM

Sunday, January 27, 2013

Kata-kata Romantis tak akan pernah ada habisnya bagi mereka yang sedang merajut asmara khususnya untuk sang pujaan hati. Beribu-ribu kata bahkan mungkin berjuta-juta kata Romantis dilayangkan demi membahagiakan hati sang pujaan hati. Memang tak akan pernah ada ujungnya jika membahas tentang keindahan romantisme cinta.

Jalinan indah yang mengikat sebuah cinta tersebut mungkin saja suatu saat bisa tergoyahkan oleh sesuatu hal, untuk itulah harus tahu nih sob tentang trik-trik atau cara bagaimana agar hubungan cinta kita selalu langgeng sampai ajal menjemput. Ihhh sereemmmm.

Nah salah satunya yang akan saya tulis di bawah ini mengenai Kata-kata Romantis Terbaru 2013. Kata-kata romantis yang kita layangkan ke pasangan kita akan membuat sebuah karisma tersendiri yang bisa menembus dalamnya lautan dan luasnya jagat raya (LEBAY). Okey langsung saja nyokk, nih Kata-kata Romantis dari ane semoga ada manfaatnye :

"Mencintai dan menyayangimu adalah anugerah terindah yang tuhan berikan padaku".

"Butuh satu detik untuk mencintaimu, namun tak akan pernah cukup waktu untuk bisa melupakanmu"

"Kau selalu ada dalam hadirku hingga akhir usiaku"

"Cinta sebenarnya tidak buta. Cinta adalah sesuatu yang murni, luhur dan diperlukan. Yang buta adalah bila cinta itu menguasai dirimu tanpa suatu pertimbangan."

"Tuhan telah menciptakan wanita dali tulang rusuk pria, dan kini aku telah menemukan potongan tulang rusuk itu, kamu."

"Cinta sebenarnya tidak buta. Cinta adalah sesuatu yang murni, luhur dan diperlukan. Yang buta adalah bila cinta itu menguasai dirimu tanpa suatu pertimbangan."

"Pesona indahnya cinta menusuk setiap urat nadi dan detak jantung ini. Tanpa hadirmu, jiwa ini hampa terasa. Peluk hangat kasih darimu yang akan selalu ku ingat. Cinta dan sayang ini melebihi luasnya angkasa dan tingginya rembulan"

Demikian beberapa Kata-kata Romantis Terbaru 2013. Semoga bermanfaat.


Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kata-kata Romantis Terbaru 2013
Read More | comments

Cara Menahan Emosi ketika sedang Marah

Written By Wawan Setiawan on Saturday, January 26, 2013 | 10:56 PM

Saturday, January 26, 2013

Ketika kita marah, seluruh aktivitas tubuh akan tegang, darah naik dan nafas tidak terkontrol akibatnya hal apapun akan kita lakukan secara tidak sadar. Orang yang sedang marah seperti sebuah api yang sedang menyala, siap membakar apa pun yang ada disekitarnya. Ketika anda marah, bagaimana anda mengelola emosi anda?

Memang tidak mudah mengontrol emosi yang meluap ketika seseuatu hal telah membuat darah kita naik sehingga perkataan pun kadang tidak disadari telah berucap yang tidak benar. Yang pertama-tama mesti anda lakukan adalah dengan membaca istigfar, jika sesuatu membuat kita marah, hadapilah dengan pikiran tenang dan dingin. Jangan biarkan nafsu ini bergejolak sehingga justru bisa merugikan diri sendiri.

Ada yang bilang bahwa emosi itu gak boleh dipendam, dengan melemparkan sebuah benda atau mengatakan perkataan dengan sepuas-puasnya dapat membuat perasaan ini lega dan plong. Namun apakah itu sebuah solusi yang baik? Coba pikirkan ketika kita membanting sebuah benda, apabila yang kita banting itu adalah benda mahal atau jika mengata-ngatain orang sepuasnya hingga dia tak berdaya, bukannya itu juga sebuah bomerang bagi diri kita sendiri?

Jika anda sedang emosi atau marah yang sangat, segera jauhilah ia. Lantas duduklah, jika masih juga berbaringlah. Begitulah yang dilakukan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Karena ketika kita marah, perasaan kita sebagian dikuasai oleh syaitan yang akan menjerumuskan diri kita sendiri.

Cara lain menahan Emosi ketika sedang marah adalah dengan pergi dan menyalurkannya kepada hal-hal yang baik. Jika anda adalah serang atlit sepakbola, ketika anda marah bisa anda curahkan pada tendangan2 sepakan keras anda atau jika anda seorang penyanyi Rock, bisa anda curakan pada nyanyian-nynyian anda di atas sebuah micrphone. Ini dilakukan agar rasa marah itu menjadi lebih baik dan tidak merugikan diri sendiri.

Anda juga bisa menuliskan kekesalan anda dalam sebuah tulisan, jika anda hobi menulis. Buatlah sebuah cerita-cerita inspiratif mengenai apa yang sedang anda alami, maksudnya yang anda alami itu dibuatkan dalam cerita.

Marah dan emosi bukan menyelesaikan masalah namun justru malah menambah masalah. Semoga diri ini selalu menjadi jiwa penyabar dan bisa mengasihi sesama.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Cara Menahan Emosi ketika sedang Marah
Read More | comments (4)

Sedekah membuat kita Kaya

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, January 22, 2013 | 12:10 AM

Tuesday, January 22, 2013

Sedekah membuat kita Kaya
"Sedekah kok banyak-banyak, nanti hartanya abis donk", celoteh salah seorang ketika melihat rekannya bersedekah. Memang secara matematis sedekah itu ya mengurangi harta, gimana enggak berkurang wong saya punya 5 buah barang dan 2 barang saya sedekahin. Ya tinggal di itung aja, 5 dikurang 2 jadi berapa? Tiga kan. Halah itu udah jelas buktinya, ngapain sihh buat artikel yang judulnya Sedekah membuat kita Kaya. Tapi tunggu dulu belum selesai nih.

Jika pemikiran anda serba logis seperti orang di atas saya yakin keyakinan agama anda juga sangat tipis. Lho mengapa? Ya iya lah, agama itu kan identik dengan sesuatu yang tidak logis. Misal saja ada surga dan neraka dan ada iblis dan malaikat? Apakah mereka itu benar-benar ada. Ya tentu saja kalau saya sih meyakini 10000% ADA dan kita bakal melihat itu semua di suatu saat nanti. Jadi kesimpulannya ilmu agama itu pakai otak kanan bukan otak kiri yang serba realistis dan masuk akal.

Jika anda sering membaca kisah-kisah sahabat nabi tentu donk tahu sama kisahnya Abdurrahman bin Auf dan Utsman bin Affan. Mereka adalah salah satu sahabat nabi yang sangat dermawan. Saking dermawannya sampai-sampai Abdurrahman bin Auf pernah suatu ketika menyedekahkan 100% hartanya. Waww, saya yakin tidak bakalan ada di zaman sekarang yang memiliki sifat sedermawan beliau. Boro-boro 100%, 5% aja masih di bawah.
"Saya mah seiklasnya saja dah biar pun seribu". Gitu kan, hayooo.
Oh iya apakah setelah Abdurrahman menyedekahkan hartanya 100% lantas ia jatuh miskin. Oh ternyata tidak, walaupun dalam beberapa kisah yang menyebutkan bahwa Nabi dan sahabat itu adalah orang-orang miskin. Itu salah. Mereka itu sebenarnya kaya raya hanya saja hidupnya sederhana dan mau bergaul dengan orang-orang miskin.

Buktinya setelah meninggal Abdurrahman telah meninggalan hektaran tanah dan kebun yang nilainya ratusan milliar dan juga harta benda lainnya yang nilainya hampir triliun rupiah. Jadi mereka itu sebenarnya kaya raya.

Anda tahu Bill Gates, pasti tau donk. Belakangan ini beliau adalah salah satu dermawan terbesar di dunia ini. Ia benar-benar rajin bersedekah. Terus gimana hasilnya? Wowwhh ternyata hartanya malah sama sekali tidak berkurang malah meningkat. Silahkan baca artikel saya sebelumnya mengenai "Ini alasan Bill Gates rajin Sedekah". Berbeda dengan pemilik facebook, Mark Zuckerberg dimana ahir tahun lalu kehilangan hartanya sebanyak US$5,2 miliar padahal Bill Gates itu malah membuang uang tapi kok bisa bertambah ya, sebaliknya Mark Zuckerberg malah berkurang?

So kesimpulannya Sedekah membuat kita Kaya.
Setuju yaa???

Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Sedekah membuat kita Kaya
Read More | comments (2)

Ini alasan Bill Gates Rajin Sedekah

Written By Wawan Setiawan on Saturday, January 19, 2013 | 11:07 AM

Saturday, January 19, 2013

Ini alasan Bill Gates Rajin Sedekah - Siapa sih yang tak kenal Bill Gates, bos perusahaan Microsoft tersebut adalah salah satu orang paling kaya di muka bumi ini. Setelah sempat beberapa tahun berada di posisi pertama Bill Gates sempat kalah dari seorang pengusaha asal Meksiko Carlos Slim Helu yang menggantikan dirinya di urutan pertama orang paling kaya di dunia.

Anda tahu kenapa Bill Gates bisa kalah? Konon katanya di tahun 2000an Bill sudah tidak lagi memperdulikan jumlah kekayaan tersebut. Alih-alih memperluas pasar dan meraup banyak dollar di seluruh dunia, Bill justru berniat membagikan kembali uang masyarakat yang sudah di tangannya.

Bersama isterinya, Melinda Gates membuat sebuah Foundation yang dinamakan Bill & Melinda Gates Foundation. Tujuan dibentuknya yayasan tersebut adalah untuk memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia, dan memperluas kesempatan pendidikan serta akses ke teknologi informasi di Amerika Serikat. Yayasan yang berpusat di Seatlle, Washington ini telah menyumbang jutaan dollar kepada banyak warga di seluruh dunia.

Dilansir dari Bisnis-jabar.com, Setelah menyumbangkan uang senilai US$28 juta pada tahun lalu, kekayaan bos Microsoft Bill Gates justru bertambah hingga US$7 miliar tahun ini.

Total kekayaan sebesar US$62,7 miliar dari pria berusia 57 tahun tersebut membuat dirinya berada di pososi puncak sebagai orang terkaya di dunia. Berbeda dengan bos Facebook, Mark Zuckerberg dimana tahun lalu sempat kehilangan US$5,2 miliar dan membuat pengusaha muda tersebut duduk di posisi 10 besar orang terkaya dunia.

Menurut Indeks Miliuner Bloomberg yang diumumkan awal tahun pada 2 Januari 2013, pemilik perusahaan besar Microsoft tersebut kekayaannya mengalami kenaikan sebesar 2%. Laporan Business Insider juga menyebutkan bahwa sang filantropis ini membentuk perusahaan baru yang dinamakan Cascade Investments. Laporan juga menyebutkan, Gates memiliki saham di Coca-Cola dan perusahaan traktor John Deere & Co.

Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Ini alasan Bill Gates Rajin Sedekah
Read More | comments (4)

Spesial for The Three, Mom, Dad and Young brother.

Written By Wawan Setiawan on Sunday, January 13, 2013 | 11:21 PM

Sunday, January 13, 2013

Spesial for The Three, Mom, Dad and Young brother.

Untuk ibu tercinta yang selalu mengasihiku. Engkau lah seorang yang bisa mengerti aku. Betapa tegar engkau meladeni anak bandel tak tahu diri ini. Tubuh kecil mungil mungkin sejak aku masih dalam kandungan tak ada sesuatu pun yang anakmu ini lakukan selain merepotkan dirimu.

Ketika kau tertidur lelap kau terpaksa bangun, mengusap dahiku, menggendong dan mengayun-ayunkan hingga aku tertidur lelap. Walau balasan yang kuberikan selalu saja tak mengenakan, aku yang selalu merengek menangis tak tahu malu demi mendapat mainan di depan uang banyak. Aku tahu ibu tak punya uang tapi entahlah aku tetap saja maksa ingin dibelikan mainan.

Ibu aku hanya ingin kau tahu, aku sangat mencintaimu. Aku berjanji akan membalas kasih sayang yang telah ibu berikan kepada diri ini. Ibu, aku akan pegang kata-katamu. Kita pasti bisa keluar dari perihnya hidup ini. Dengan ijinNya insya Allah kita bisa menjadi keluarga yang lebih baik daripada generasi ibu dahulu. Aku pasti akan berusaha sampai mati mengangkat derajat keluarga tercinta ini. Mom, I love you so much.

Untuk ayah yang ku banggakan, perjuanganmu tak akan bisa tergantikan oleh siapa pun. Jika di ada pahlawan seperti Superman yang ada di film Hollywood, dia tidak akan lebih baik dari sosok dirimu. Ku masih teringat ketika tubuhmu hitam pekat bersimbah keringat demi mendapatkan secercah rupiah untuk menghidupi keluarga. Masih juga teringat ketika engkau jatuh sakit lantaran terlalu keras bekerja mengais rupiah. Cari rupiah dengan menjual minyak, menjadi buruh, tukang bangunan, sampai jual mainan itu tidaklah mudah. You are the best person I ever met. I love you so much Dad, Love you.

Untuk adikku, akang tahu adinda masih belum ngarti apa-apa tentang hidup tapi akang yakin engkau bisa menjadi tumpuan keluarga bersama akang untuk memperjuangkan keluarga tercinta ini agar bisa bangkit menuju taraf hidup yang lebih baik lagi. Akang tahu adinda masih dalam dunia yang sangat indah penuh canda tawa, satu pesan dari akang. Jangan tinggalkan shalat dan selalu belajar agar kelak kita berdua bisa mengangkat derajat ayah dan ibu.

Spesial for the three, you are Mom, Dad, and young brother.
I Love you all. Love you so much.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Spesial for The Three, Mom, Dad and Young brother.
Read More | comments (2)

Konsistensi dan Persistensi membuahkan Keberhasilan

Written By Wawan Setiawan on Saturday, January 12, 2013 | 5:20 PM

Saturday, January 12, 2013

Konsistensi dan Persistensi membuahkan Keberhasilan
Sekian lama blog tak terjamah karena kesibukan mengelola blog lain setelah pada akhir September lalu blog Sang Pemenang kena banned Google Adsense, padahal pada waktu itu sebagai seorang newbie yang punya satu-satunya blog saya cuma mengandalkan blog ini walaupun kocek rupiahnya tak seberapa. Alhamdulilah sekarang blog lain sudah stabil visitor mapun rupiahnya (Horeee), hehe

Yaps lanjut lagi ya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sebuah konsistensi dan persistensi. Nah, ngomong-ngomong soal konsitensi saya jadi teringat tentang sebuah motivasi yang di sampaikan oleh sebuah buku bisnis.

Buku tersebut adalah sebuah buku best-seller yang dicari-cari banyak orang, penasaran dengan hal itu saya memutuskan untuk membeli dan coba membaca di rumah. Halaman demi halaman saya lewati, mulai dari bab pertama, kedua ketiga dan seterusnya. "Wowwhhh, ternyata isinya memang keren coyyy". Buku yang sangat motivatif ternyata. "Tak heran jika banyak orang memburu buku ini".

Siapa sih yang tidak mau kaya? Semua orang pasti mau kaya. Nah luar biasanya, buku tersebut membuat ramuan dan tips-tips mulai dari langkah pertama sampai langkah-langkah yang harus dilakukan selanjutnya, mulai dari modal nihil sampai menghasilkan hasil yang luar biasa.

Anda tahu bagaimana perasaan saya ketika membaca buku itu? Wowwhhh semangat saya pokoknya tak bisa terkendali bak seperti orang mules yang dah nongkrong di ja**an. hehe. Sungguh luar biasa pemaparan dari sang penulis, semua pendapat dan teori-teori yang ada dalam buku tersebut seakan-akan memecahbelahkan semua paradigma negatif tentang sebuah kegagalan.

Hanya satu kata yang ada dalam benak saya, "BERHASIL". Buku itu seakan-akan telah melemparkan saya kedalam sebuah gelanggang adu dengan memberikan mantra kepercayaan diri untuk bisa memenangkan pertandingan tersebut.

Selesai membaca buku tersebut, dengan sebuah semangat baru, tenaga baru, dan motivasi baru saya mulai bertindak sesuai pesan yang ada di buku tersebut mulai dai konsep percaya diri, disiplin, optimis, pantang menyerah dan lain-lain.

Seakan-akan ada yang berbisik, "Hei wan, kamu harus percaya diri kalo mau sukses. Hei wan, kamu harus disiplin jangan buang-buang waktu. Hei wan kamu harus gini, kamu harus gitu dan sebagainya. Seakan-akan saya lahir menjadi manusia baru. Hikhikss.

Sehari, dua hari, seminggu, dua minggu, sebulan dua bulan dan seterusnya semangat yang dulu ada mulai mengikis. Dulu saya rajin membaca dan menulis setiap hari, hari demi hari berkurang sampai ke titik paling rendah. Owhhh, saya jadi malas nulis. :(

Aku pun bertanya-tanya, "Ada apa dengan diri ini?, Pergi kemana semangat yang tadinya menggelora?" "Oh, tidak, ada apa denganku?". Kata-kata motivator itu saya yakini memang benar tapi kenapa saya seperti ini, saya tidak bisa bertahan dalam tinggi dan gencarnya tekanan dan rintangan kehidupan.

Eittsss, saya tadi bilang, "tidak bisa bertahan dalam tinggi dan gencarnya tekanan dan rintangan kehidupan". Saya merenung sejenak, owh ya "tinggggg..tingggg" aha! saya temukan jawabannya. Ternyata hidup ini tak semudah yang motivator katakan, untuk bisa menjadi orang berhasil kita harus bisa bertahan dalam gencarnya rintangan yang datang silih berganti.

Setelah baca beberapa buku kisah-kisah tentang orang sukses, ya.ya.ya ahirnya kutemukan jawaban yang lebih kuat. Apa sih jawaban itu?

"Hampir tidak ada orang sukses yang dengan mulus melewati rintangan yang ada. Mereka pasti pernah gagal, ya tidak masalah GAGAL yang penting adalah bangkit dari kegagalan tersebut. jadikanlah kegagalan sebagai pembelajaran agar ita lebih baik lagi. Tetaplah konsisten dengan impian kita, persistensi akan membuahkan hasil yang manis. Teruslah berjuang meraih impian kita. Lho tapi kapan ya berhasilnya. Ya sampai berhasil, teruslah tawakal dan ikhtiar, jangan pernah menyerah. Jika menyerah berarti anda memutuskan untuk menghapus semua impian anda.

Teruslah berjuang. Jangan menyerah!
Semangaaaaaaaaaatttttttttttttttttttttttttttttttt..
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Konsistensi dan Persistensi membuahkan Keberhasilan
Read More | comments (4)

Kisah Nyata Anak 6 Tahun yang hidup Sendiri, Hanya ditemani Anjing

Written By Wawan Setiawan on Saturday, January 5, 2013 | 10:59 PM

Saturday, January 5, 2013

Kisah Nyata Anak 6 Tahun yang hidup Sendiri, Hanya ditemani Anjing - Di sebuah desa di kaki bukit Gunung Malu, Liuzhou di provinsi Guangxi, China tinggallah seorang anak kecil bernama Ah Long. Dia adalah seorang anak korban pengucilan dari orang-orang sekitar. Kedua orang tuanya telah meninggal pada tahun 2008 dan 2010 karena penyakit AIDS yang diderita keduanya. Ia adalah seorang bocah berumur jagung, usianya masih 6 tahun namun harus rela hidup sendiri tanpa keluarga dan kedua orang tua.

Ah Long dikucilan oleh orang sekitar karena keturunan darah AIDS dari kedua orang tuanya. Kebanyakan orang-orang sekitar takut mendekat dan bersahabat dengannya. Satu-satunya kawan setia Ah Long hanyalah seorang anjing bernama Lao Hei.

Ah Long harus rela menghidupi diri sendiri mulai dari memasak, mencari makanan, memelihara ayam dan lain-lain. Satu-satunya keluarga yang masih ada adalah neneknya yang berusia lanjut berumur 84 tahun. Kadang si nenek datang dan memasakan makanan untuknya namun ia pun tidak mau tinggal bersamanya.

Karena penyakitnya itu, Ah Long sering dikucilkan dari orang sekitar bahkan hampir tidak ada orang yang peduli kepadanya. Pihak sekolah tidak mau menerimanya lagi, bahkan para orang tua murid sepakat akan mencelakainya apabila Ah Long muncul ke sekolah dan bermain dengan anak - anak mereka.

Bahkan dokterpun enggan mengobatinya apabila Ah Long kecil sakit, penderitaan anak itu bertambah ketika Departemen Kesejahteraan juga tidak mau mengurus anak tersebut. Biro sipil setempat menyediakan dana sebesar 70 yuan per bulan atau sekitar Rp. 90.000 perbulan. jumlah ini tidak cukup untuk anak kecil seumur Ah Long untuk hidup. Ah Long menjalani kehidupan sendiri hanya ditemani sahabat setianya anjing yang bernama Lao Hei.

Sejak cerita Ah Long mulai banyak tersiar ke beberapa media, Ah Long mulai mendapatkan banyak perhatian termasuk dari pemerintahan China. Ada juga yang bersimpati dengan Ah Long dengan memberikan pakaian, makanan dan selimut bekas. Juga ada yang memberikan 20 kilogram beras, 5 kilogram mie, dan ada juga yang membawakan dia sebuah surat kabar mingguan untuk mengikuti berita dunia terbaru.

Pemerintah China pun ikut bersimpati dengan ikut membantu mendirikan sebuah rumah amal dikota Liuzhou setuju untuk mengurusnya. Ah Long juga mendapat perhatian dari orang - orang yang baik hati. Ah Long pun dibangunkan rumah baru tepat di sebelah rumahnya yang lama dengan dua kamar tidur, satu ruang keluarga dan satu toilet.

Betapa kerasnya hidup yang dialami oleh Ah Long, dengan umur yang seharusnya masih bermain dengan teman sebayanya, ia harus rela menjalani peliknya kehidupan. Apalagi dengan pengucilan dari orang-orang sekitar. Mungkin dia akan bertanya-tanya, "Apa salahku?. Mengapa kau lakukan semua ini?"

Ah Long adalah korban dari anak yang dilahirkan dengan mengidap HIV yang diturunkan oleh orang tuanya. Semoga engkau selalu tabah menjalani hidup Ah Long. Insya Allah. Tuhan akan selalu melindungimu.Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kisah Nyata Anak 6 Tahun yang hidup Sendiri, Hanya ditemani Anjing
Read More | comments (83)

Semangat Baru di Tahun yang Baru

Written By Wawan Setiawan on Friday, January 4, 2013 | 12:22 AM

Friday, January 4, 2013

Pagi itu seperti biasa ku jalani hidup sebagai seorang pengembara yang kerjaannya kesana-kemari mencari-cari sekeping rupiah dan sesuap nasi. Ku lewati hari demi hari, hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulan berganti tahun.

Seorang manusia menyapa dan berkata, "hey bro, mau kemana nih tahun baru?"
Tuwinggg... otak merespon, "Oh iya ya bentar lagi tahun baru" (kata dalam hati),

"Ga tau nih bro, saya mau kemana ya belum ada planning sih, loe sendiri gimana?"
lanjutku menjawab pertanyaan salah seorang teman yang kutemui di jalan.

Kita berdua kemudian lanjut berkicau kesana kemari seputar tahun baru dan tetek bengek gosip kesana-kemari.

Oh, iya kira-kira anda mau kemana?

"Lho kok malah nanya sih" mungkin anda bertanya.

"iya mau kemana?" Saya tanya.

Heyy,, saya lupa saya ga sedang curhat jadi gak usah bawa masalah-masalah pribadi ya. Hehe. Tapi saya serius bertanya kepada anda. "Mau kemana?". Pertanyaan ini saya ajukan hanya sekedar ingin tahu mau dibawa kemakah arah hidup anda? Kira-kira ngapain saja ya kita selama beberapa tahun belakangan?

Adakah sesuatu tindakan yang dikerjakan dalam rangka menggapai cita-cita dan impian kita? Masihkah kita berleha-leha? Sudah berapa tahunkah umur kita? Hal apa saja yang sudah kita dapatkan? Berapa banyak dosa yang telah kita perbuat? Berapa banyak orang yang telah kita sakiti? Berapa banyak ucapan yang keluar dari mulut yang secara tidak sengaja menyayat dan melukai hati orang lain? Apa tujuan kita hidup di dunia ini? Untuk siapa kita hidup?
(Eitss kaya wartawan aja, banyak banget pertanyaannya. Hwkwk)

Berjuta kata-kata ucapan motivasi mungkin dilayangkan oleh sahabat-sahabat anda di malam tahun baru. "Selamat tahun baru ya, semoga di tahun ini kita bisa lebih baik dari tahun kemarin". Ucapan sederhana tapi memiliki makna yang tidak mudah untuk diaplikasikan. Kebanyakan dari mereka hanya mengirim ucapan kemudian "SELESAI" alias "THE END" tanpa tindakan nyata.

Sepertinya sih tidak perlu mengirim ucapan kepada orang lain dengan pesan yang berisi nasihat ajakan untuk berubah jadi lebih baik jika diri sendiri aja susah berubah. Kalo menurut saya lebih baik berikanlah ucapan terindah untuk diri sendiri. Tahun baru adalah semangat baru untuk berubah dan berbenah.

Bukan saatnya untuk pamer ucapan kata-kata indah namun saatnya kita untuk segera action, bertindak segera, tak perlu menunggu apalagi menunda. Saatnya kita bangkit , saatnya kita bangunkan raksasa besar yang sedang tidur pulas dalam sanubari ini.

Tahun Baru semangat baru.
Semangat perubahan.
Berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Selamat Tahun Baru 2013.
Blog Sang Pemenang
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Semangat Baru di Tahun yang Baru
Read More | comments

About Me

My photo
Subang, Jawa Barat, Indonesia
 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website