Home » » Cara Menahan Emosi ketika sedang Marah

Cara Menahan Emosi ketika sedang Marah

Written By Wawan Setiawan on Saturday, January 26, 2013 | 10:56 PM

Ketika kita marah, seluruh aktivitas tubuh akan tegang, darah naik dan nafas tidak terkontrol akibatnya hal apapun akan kita lakukan secara tidak sadar. Orang yang sedang marah seperti sebuah api yang sedang menyala, siap membakar apa pun yang ada disekitarnya. Ketika anda marah, bagaimana anda mengelola emosi anda?

Memang tidak mudah mengontrol emosi yang meluap ketika seseuatu hal telah membuat darah kita naik sehingga perkataan pun kadang tidak disadari telah berucap yang tidak benar. Yang pertama-tama mesti anda lakukan adalah dengan membaca istigfar, jika sesuatu membuat kita marah, hadapilah dengan pikiran tenang dan dingin. Jangan biarkan nafsu ini bergejolak sehingga justru bisa merugikan diri sendiri.

Ada yang bilang bahwa emosi itu gak boleh dipendam, dengan melemparkan sebuah benda atau mengatakan perkataan dengan sepuas-puasnya dapat membuat perasaan ini lega dan plong. Namun apakah itu sebuah solusi yang baik? Coba pikirkan ketika kita membanting sebuah benda, apabila yang kita banting itu adalah benda mahal atau jika mengata-ngatain orang sepuasnya hingga dia tak berdaya, bukannya itu juga sebuah bomerang bagi diri kita sendiri?

Jika anda sedang emosi atau marah yang sangat, segera jauhilah ia. Lantas duduklah, jika masih juga berbaringlah. Begitulah yang dilakukan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Karena ketika kita marah, perasaan kita sebagian dikuasai oleh syaitan yang akan menjerumuskan diri kita sendiri.

Cara lain menahan Emosi ketika sedang marah adalah dengan pergi dan menyalurkannya kepada hal-hal yang baik. Jika anda adalah serang atlit sepakbola, ketika anda marah bisa anda curahkan pada tendangan2 sepakan keras anda atau jika anda seorang penyanyi Rock, bisa anda curakan pada nyanyian-nynyian anda di atas sebuah micrphone. Ini dilakukan agar rasa marah itu menjadi lebih baik dan tidak merugikan diri sendiri.

Anda juga bisa menuliskan kekesalan anda dalam sebuah tulisan, jika anda hobi menulis. Buatlah sebuah cerita-cerita inspiratif mengenai apa yang sedang anda alami, maksudnya yang anda alami itu dibuatkan dalam cerita.

Marah dan emosi bukan menyelesaikan masalah namun justru malah menambah masalah. Semoga diri ini selalu menjadi jiwa penyabar dan bisa mengasihi sesama.

4 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Vicio rizky said...

jiaaah gk boleh emosi xixixi komen back y

Dunia Kuliner said...

Sabar.sabar.sabar :D

PRODUSEN SUSU KAMBING BUBUK said...

mantab gan.. senang bisa berkunjung kesini, semoga bermanfaat .salam kenal, kunjungan baliknya ditunggu

www.produsensusukambingbubuk.com
susu kambing etawa sari madu utama susu kambing global mandiri sejahtera susu kambing etawa

diah wulandari said...

Terima kasih untuk informasinya Gan, salam kenal ya...
Software Pulsa PPOB | Software Server Pulsa | Software Pulsa Murah | Pulsa Elektrik Murah | Pulsa Murah | Pulsa PPOB Murah


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website