Home » » Cara Membuat Menu Horizontal Blog yang lebih Canggih

Cara Membuat Menu Horizontal Blog yang lebih Canggih

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, March 6, 2012 | 8:18 AM

Menu Horizontal


Untuk mempercantik tampilan blog agar lebih atraktif lagi saya mau sharing tentang sebuah tutorial yang oke nih yaitu cara membuat menu Horizontal yang lebih keren.
Berikut tuotorialnya.

langkah pertama yaitu masuk pada bagian Design lalu Edit HTML

Masukkan code dibawah ini dibawah code <head>

<!--[if lte IE 7]>
<style type="text/css">
html .jqueryslidemenu{height: 1%;} /*Holly Hack for IE7 and below*/
</style>
<![endif]-->

<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.2.6/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://sites.google.com/site/anasprod/jqueryslidemenu.js' type='text/javascript'/>

Lalu masukkan CSS dibawah ini diatas code ]]></b:skin>


.jqueryslidemenu{
font: bold 13px Verdana;
background: #800000;
width:100%;
float:left
}

.jqueryslidemenu ul{
margin: 0;
padding: 0;
list-style-type: none;
}

/*Top level list items*/
.jqueryslidemenu ul li{
position: relative;
display: inline;
float: left;
}

/*Top level menu link items style*/
.jqueryslidemenu ul li a{
display: block;
background: #800000; /*background of tabs (default state)*/
color: white;
padding: 8px 10px;
border-right: 1px solid #778;
text-decoration: none;
}

* html .jqueryslidemenu ul li a{ /*IE6 hack to get sub menu links to behave correctly*/
display: inline-block;
}

.jqueryslidemenu ul li a:link, .jqueryslidemenu ul li a:visited{
color: white;
}

.jqueryslidemenu ul li a:hover{
background:#B30000; /*tab link background during hover state*/
color: white;
}

/*1st sub level menu*/
.jqueryslidemenu ul li ul{
position: absolute;
left: 0;
display: block;
visibility: hidden;
background:#B30000;
}

/*Sub level menu list items (undo style from Top level List Items)*/
.jqueryslidemenu ul li ul li{
display: list-item;
float: none;
}

/*All subsequent sub menu levels vertical offset after 1st level sub menu */
.jqueryslidemenu ul li ul li ul{
top: 0;
}

/* Sub level menu links style */
.jqueryslidemenu ul li ul li a{
font: normal 13px Verdana;
width: 160px; /*width of sub menus*/
padding: 5px;
margin: 0;
border-top-width: 0;
border-bottom: 1px solid gray;
}

.jqueryslidemenuz ul li ul li a:hover{ /*sub menus hover style*/
background: #eff9ff;
color: black;
}

/* ######### CSS classes applied to down and right arrow images ######### */

.downarrowclass{
position: absolute;
top: 12px;
right: 7px;
}

.rightarrowclass{
position: absolute;
top: 6px;
right: 5px;
}
#footheader {
width: 100%;
float:left;
margin:0 0 0;
padding:0 0 0;
position:relative;
}


Code diatas adalah style dari menu Anda, silahkan edit sesuai kebutuhan Anda.

Nah kalau sudah kita menuju kebawah untuk mencari code seperti dibawah ini

<div id='header-wrapper'>
<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
<b:widget id='Header1' locked='true' title='Bisnis Di Internet (Header)' type='Header'/>
</b:section>
</div>

Perhatikan saja code yang berwarna merah karena code yang berwarna hitam diatas berbeda-beda setiap template

lalu taruh code dibawah ini dibawah code yang diatas tadi

<div id='footheader'>
<b:section class='footheader' id='footheader' preferred='yes'>
</b:section>
</div>

Kalau sudah SAVE

Pekerjaan kita belum selesai, langkah selanjutnya yaitu menuju menu "Page Elements"

Terlihat pada "Page Elements" muncul tempat gadget baru, lalu klik aja "Add a gadget" dan pilih HTML/JavaScript dan masukkan code dibawah ini.
<div id="myslidemenu" class="jqueryslidemenu">
<ul>
<li><a href="/">Home</a></li>
<li><a href="http://sangmerak.blogspot.com">SangMerak</a></li>
<li><a href="#">Kategori</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Kategori 1</a></li>
<li><a href="#">Sub Kategori 2</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Item 3</a></li>
<li><a href="#">Folder 2</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1</a></li>
<li><a href="#">Folder 2.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.2</a></li>
<li><a href="#">Folder 3.1.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.2</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.4</a></li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li><a href="http://tutorial-jitu.blogspot.com">Tutorial Blog</a></li>
</ul>
<br style="clear: left" />
</div>


Nah code diatas adalah code dari widgetnya silahkan di edit sesuai kebutuhan Anda.
Ket :
Nah, dari kode-kode tersebut terlihat bahwa saya menggunakan dua jenis link arahan.
Berikut dua jenis link arahan yang saya gunakan dalam kode tersebut :
1. Link arahan nama label, ditandai dengan penulisan format link sebagai berikut:
http://www.domainanda.com/search/label/Nama Label
dalam menu blog ini, salah satunya saya menggunakan
http://www.blogsangpemenang.blogspot.com/search/label/Tutorial

2. Link arahan menuju suatu posting, ditandai dengan penulisan format link sebagai berikut :
http://www.domainanda.com/direktori file/nama file.html
dalam menu blog ini, salah satunya saya menggunakan
http://blogsangpemenang.blogspot.com/2011/11/link-exchange.html

dari penjelasan dia atas kita tahu bahwa kalau kita sedang posting artikel, kemudian kita masukkan artikel tersebut ke dalam nama label  yang sudah kita pasang di menu, maka otomatis postingan tersebut akan masuk ke dalam menu blog. Istilah lain label di sini adalah kategori.
Selanjutnya, misalnya ada pengunjung yang masuk ke dalam menu "Tukar Link" di blog saya ini, maka pengunjung tersebut akan diarahkan menuju link http://amronbadriza.blogspot.com/2011/11/tukar-link-di-blogaul.html yang kemudian masuk ke postingan yang berjudul "Tukar Link di Blogaul", postingan tersebut masuk di label Admin. Jadi bila saya posting artikel kemudian saya masukkan ke label Admin, maka artikel baru tersebut tidak akan masuk di menu "Tukar Link" dikarenakan dalam menu Tukar Link tersebut saya menggunakan link arahan menuju suatu posting (http://blogsangpemenang.blogspot.com/link-exchange.html), bukan menuju suatu Nama Label. Tapi sebaliknya, apabila saya memasukkan postingan baru tersebut ke dalam nama label yang sudah saya pasang di menu, maka postingan tersebut akan masuk di menu, misalnya postingan tersebut saya masukkan ke Label "Tutorial", maka postingan tersebut akan masuk di menu Tutorial > Tutorial Blogger.
dari penjelasan saya di atas, pasti muncul suatu pertanyaan "Lho, beberapa nama label (kategori) kan sudah dibuat, tapi kenapa yang dimasukkan ke dalam menu, tidak masuk di bagian widget kategori?
Itu mudah saja, kuncinya adalah disembunyikan. Jadi beberapa nama label yang sudah saya pasang di menu blog, di bagian widget kategori saya sembunyikan, jadi tidak muncul dua kali di halaman blog, berikut ini caranya :
Masuk ke Dasbor > Rancangan > Klik edit pada widget Kategori > Pada bagian Tampilkan, klik edit > Centang pada nama label yang tidak masuk menu blog (akan mencul di Kategori) > Klik Selesai > Simpan.

Saya kira cukup penjelasannya mengenai Cara Memasukkan Posting Artikel ke dalam Menu Blog, kurang lebihnya saya mohon ma'af....
Semoga bermanfaat. ;-)

12 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
RIYAN PRANIKO said...

makasih mas.......udah bantu

Dulrokhim Kanthit said...

ijin copas bos untuk di coba....thanks

obat hiv aids said...

wah aga ribet juga yah buat di pelajari ....

macam obat said...

nah kalou gitu di coba lah lumayan menambah ilmu ajah nih ............?

Sigli Cyber said...

keren sobat menu horizontal nya

fauzan muhammad said...

Masuk ke Dasbor > Rancangan > Klik edit pada widget Kategori > Pada bagian Tampilkan, klik edit > Centang pada nama label yang tidak masuk menu blog (akan mencul di Kategori) > Klik Selesai > Simpan. maksudnya gmna ya? terutama yang mencentang nama label

Wawan Setiawan said...

@fauzan muhammad : sebenarnya sih tidak apa2 tidak dilakukan juga,
tanpa mencentang label juga udah bener kok. ;-)

Waletbet Promo Bonus 100% Sportsbook dan Casino Online said...

itu membuat loading blog jd lemot ngga yahh

ali khan said...

DOWNLOAD ASK MOM 3D SEX GAME FOR ADULTS 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD GTA 4 PC GAME INSTALLATION SETUP CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD TEKKEN 5 PC GAME HIGHLY COMPRESSED INSTALLATION SETUP CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT PC GAME 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

MR AR said...

DOWNLOAD ASK MOM 3D SEX GAME FOR ADULTS 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD GTA 4 PC GAME INSTALLATION SETUP CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD TEKKEN 5 PC GAME HIGHLY COMPRESSED INSTALLATION SETUP CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT PC GAME 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Bocah Koplak said...

terimakasih atas informasi dari artikel yang anda tulis,semoga bermanfaat dan membawa keberkahan bagi penulis dan pembacanya.ijin share info tentang tips memilih bahan baku isi ulang gunung salak sebagai air minum
.Dan tips memilih air minum yang sehat air minum yang sehat.


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website