Home » » Langkah membangun kebiasaan positif

Langkah membangun kebiasaan positif

Written By Wawan Setiawan on Saturday, April 7, 2012 | 12:32 PM

Seseorang mungkin saja terlihat sangat mengagumkan baik itu karena dia cantik, tampan, dan mungkin karena kekayaannya. Namun semua itu akan terlihat janggal apabila sikapnya selalu negatif. Wanita cantik akan terlihat tak cantik jika sifatnya mudah marah, judes, dan pemarah. Pria tampan akan hilang aura ketampanannya jika sifatnya sangat angkuh, gampang marah, dan pendendam.
 Begitupun orang kaya akan terlihat menyebalkan jika sifatnya sombong, ingin menang sendiri, dan tidak peduli orang lain.

Bayangkan dengan seseorang yang sifatnya selalu positif. Walaupun dia tidak tampan, sederhana, dan tidak kaya tapi perilakunya selalu positif. Murah senyum, akrab, peduli terhadap orang lain, dan bersahaja. Apalagi jika seseorang itu tampan dan kaya juga sifatnya selalu positif tentu akan banyak orang mengaguminya.

Jadi sangat penting untuk membangun kebiasaan positif walaupun kelihatannya sepele. Cobalah sekarang anda berdiri di hadapan cermin yang besar. Tatap orang yang ada di depan cermin itu. Coba anda keluarkan ekspresi marah, jengkel, dan dendam anda disana? Apa yang anda rasakan? Apakah anda sudi melihatnya? Kemudian coba anda layangkan ekspresi senyum yang tulus ke depan cermin. Apa yang anda rasakan? Sekarang cobalah renungkan!  ;-)

Setelah anda melakukan hal itu cobalah anda ingat-ingat lagi bagaimana ekspresi dan sifat anda ketika berhadapan dengan orang lain? Jika anda adalah orang yang selalu senyum dan ramah pada orang lain maka bersyukurlah, anda adalah seorang yang perilakunya positif. Namun bila anda sebaliknya maka berhati-hatilah anda sedang berada di zona kehancuran. Segeralah keluar dari zona itu!

Bagaimana sih caranya?
Langkah pertama : Hilangkan kebiasaan negatif dan ganti dengan kebiasaan positif.
Salah satu cara yang paling ampuh untuk berperilaku positif adalah dengan menghilangkan kebiasaan negatif dan menggantinya dengan kebiasaan positif. Jika anda sudah berada di zona nyaman kebiasaan buruk anda maka akan sulit untuk keluar dari zona itu.
Jadi salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan negatif adalah dengan membiasakan diri dengan sifat-sifat positif. Contohnya : Jika anda adalah pribadi yang sering bermuka masam ketika berhadapan orang lain maka cobalah anda mulai membiasakan untuk murah senyum kepada orang lain. Dengan membiasakan murah senyum kepada oranglain maka kebiasaan buruk anda yang sering cuek kepada orang lain akan hilang dengan sendirinya. Jika anda adaah orang yang sering malas-malasan dirumah maka segera menggantinya dengan kebiasaanlain yang lebih positif seperti membaca buku, menulis, menyanyi, ataupun berolahraga. Untuk itu, marilah kita bersama-sama membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan dan sifat positif.

Langkah kedua : Tetapkan tujuan anda.
Dalam hidup ini anda harus punya tujuan dan target-target masa yang akan datang. Jangan hanya mengikuti air mengalir yang mengarah kemana dia pergi. Anda harus menuliskan tujuan dan target-target hidup anda dalam selembar kertas ataupun dalam ponsel anda. Simpan baik-baik dan lihatlah setiap waktu kepadanya.

Langkah ketiga : Temukan motivasi hidup anda.
Motivasi itu sangat penting untuk tetap memacu adrenalin kita agar tetap fokus pada tujuan. Cobalah anda cari seorang teman yang positif, dosen, motivator ataupun baca buku atau sekedar baca di blog ini.

Langkah keempat : Bersyukurlah!
Bersyukurlah dengan apa yang anda miliki karena dengan bersyukurlah anda akan selalu bahagia.Bersyukurlah dengan kemampuan anda, hargai dengan semua usaha-usaha anda, dan pujilah setiap perkembangan yang terjadi pada anda dengan menjadikannya motivasi untuk terus bergerak maju.
Insya Allah dengan mempunyai kebiasaan positif sukses akan lebih terbuka lebar untuk kita.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

2 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
mori said...

exited!!
artikelnya inspiratif...
ayo berkarya teruuus.
thanks!

Anonymous said...

sangat inspiratif
http://newbeejr.info/tahukah-kamu/three-tawarkan-produk-baru-dengan-paket-lama


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website