Home » » Tips Melejitkan Potensi Diri

Tips Melejitkan Potensi Diri

Written By Wawan Setiawan on Sunday, March 18, 2012 | 4:40 PM

Mungkin anda sering kali mendengar orang-orang yang berhasil pada bidangnya atau SUKSES. Ngomong-ngomong soal sukses, apa sih sebenarnya sukses itu? Saya setuju sekali dengan salah satu iklan dari salah satu produk rokok yang berbunyi  "Sukses adalah sebuah pencapaian" tapi bukan berarti saya setuju untuk membeli produknya ya. Bukan itu! Karena aku bukan perokok so ya aku pantang mengonsumsi rokok apalagi membelinya. Seseorang yang telah sukses tentu telah berhasil melejitkan potensi dirinya. Tapi bukan sebuah hal mudah untuk bisa melejitkan potensi diri. Saya punya beberapa trik untuk melejitkan potensi diri :
1. Hati-hati dengan pikiran anda
Saya sangat setuju sekali dengan pendapat mas Ippho Santosa penulis buku mega best seller 7 keajaiban rezeki yang berkata, "Sebenarnya Tuhan itu Maha Oke kok", artinya jika kita berfikir kita akan berhasil melakukan sesuatu, Oke kamu berhasil. Dan jika kita berfikir akan gagal, Oke kamu Gagal. Cukup lucu tapi masuk akal juga. Dan menurut sebuah hadis qudsi juga yang berbunyi "Anna 'Inda Zhanni 'abdi" yang artinya Aku (Allah) sesuai dengan prasangka hambaKu kepadaKu. Dan ini yang dinamakan dengan kekutan pikiran (the power of mind) 'You are what you think' (Anda adalah apa yang anda pikirkan). Jadi hati-hatilah dengan apa yang anda pikirkan karena segala sesuatu berawal dari pikiran terlebih dahulu.
2. Perhatikan kata-kata anda
Satu hal yang membedakan antara orang pemenang dan pecundang adalah dari kata-katanya. Berikut adalah contoh dari kata-kata pecundang yang tak kan bisa melejitkan potensi dirinya :
- Saya tidak bisa.
Mulai sekarang jangan pernah sekali-kali berkata 'saya tidak bisa' karena kata-kata itu akan otomatis di simpan dalam pikiran anda dan akan mengeluarkan output yang juga sama persis dengan apa yang di pikirkannya. Ingat! Tuhan itu sesuai dengan prasangka hambanya.
Lebih baik katakan 'saya belum bisa dan akan berusaha untuk bisa' karena dengan berkata seperti itu pikiran akan menyimpannya sebagai sebuah semangat untuk bisa dan outputnya tentu saja 'bisa'. Percayalah!
- Ahh itu teori.
Banyak sekali orang-orang yang berkata seperti itu dikala mereka mendapatkan sesuatu ilmu yang bermanfaat. Beberapa hari yang lalu ketika saya ngobrol-ngobrol ringan di kampus mengenai buku motivasi yang ku baca ada seseorang teman yang nyeletuk sambil berkata "Aku gak suka buku motivasi karena itu cuma teori jika aku membacanya maka ya gak akan bertindak-tindak" Dengan beberapa alasan dia menyangkal pendapatku, ya mau gimana lagi saya pun mengangguk tanda tak setuju. hwkwk.
Ya boleh saja anda berpendapat seperti itu. Saya tanyakan kepada anda yang sependapat dengan taman saya, memangnya anda sudah tahu segalanya? Sehingga anda sudah tidak membutuhkan lagi teori dalam bertindak. Saya bisa gambarkan orang-orang seperti itu adalah orang yang sedang mencari tempat tanpa petunjuk. Apakah bisa sampai? Ya bisa saja kalau kebetulan. Tapi lama kan? Bahkan bisa saja gak ketemu. Setuju? Kita ini adalah manusia biasa yang butuh petunjuk dari orang lain ataupun dari Tuhan. Ingat! Tuhan saja memberikan petunjuk kepada para nabi untuk kaumnya
3. Jangan pernah menyia-nyiakan peluang
Dalam sebuah training di Subang seorang pembicara pernah berkata, "Jangan pernah menyia-nyiakan peluang yang ada karena orang sukses adalah orang yang pandai mengambil peluang" di saat di lontarkannya sebuah pertanyaan dan kala itu peserta ragu-ragu dalam menjawab pertanyaannya. Saya sangat setuju sekali dengan pendapat beliau. Coba tengok ke belakang? Banyak sekali hal-hal yang sering kita abaikan padahal itu baik untuk kita. Saya juga salah satunya. Jika saja bisa saya akan kembali ke masa lalu untuk memperbaiki diri sekaligus mengambil kesempatan-kesempatan yang pernah kusia-siakan begitu saja baik dalam belajar, pengalaman, dan kejadian-kejadian. Tetapi itu adalah masa lalu tidak akan mungkin terulang kembali. Hidup kita hanya untuk hari ini dan kita sambut masa depan yang cerah.
4. Segera keluarlah dari zona nyaman yang mematikan anda
Pernahkah anda sadari bahwa setiap harinya kita hanya melakukan aktivitas yang itu-itu saja. Pagi bangun-sekolah-bermain-ngobrol ga jelas-pulang-tidur keesokan harinya terus begitu sampai terbentuklah kebiasaan. Ini yang saya maksud sebagai zona nyaman. Untuk keluar dari zona nyaman bukanlah sebuah perkara yang mudah karena untuk keluar dari zona ini tentu saja anda akan merasa tidak nyaman karena pikiran sudah memprogram kebiasaan anda sebelumnya. Dengan kita keluar dari zona nyaman menuju ke zona yang lebih baik Insya Allah kesuksesan akan segera datang menghampiri anda. Tapi ingat kemalasan akan menghambat anda keluar dari zona nyaman.
Mulai sekarang marilah kita sekuat tenaga melejitkan potensi diri kita untuk menyambut sebuah keberhasilan hidup. Sukses adalah hak kita. Dan Tuhan ingin kita sukses. Tuhan tidak ingin kita menderita dan sengsara. Ingat dia itu Maha Penyayang. Ingat! Sukses adalah sebuah pencapaian.
Semoga postingan ini dapat memotivasi saya pribadi dan anda semua.
Semoga bermanfaat. Tetap ikuti terus tips-tips dari saya selanjutnya.
Salam sukses.

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website