Home » » Rencanakan Suksesmu

Rencanakan Suksesmu

Written By Wawan Setiawan on Wednesday, July 18, 2012 | 9:45 PM

Ketidakmampuan dalam merencanakan sesuatu menjadi penyebab terjadinya banyak kegagalan. Banyak orang yang ingin sukses namun mereka tidak bisa merencanakan kesuksesannya tersebut. Mereka tidak bisa mengatur strategi untuk menggapai apa yang di inginkan. Mereka hanya mengikuti begitu saja alur kehidupan serta dengan berharap akan datang sebuah keberuntungan yang akan segera mengubah kehidupannya menjadi lebih baik.

Apa yang pertama kali anda lakukan ketika hendak membuat rumah? Tentu akan merencanakan semuanya bukan? Dari segi finansial, tempat, serta desain rumah. Apa jadinya jika semua itu dilakukan tanpa sebuah perencanaan yang baik? Alih-alih apa yang di inginkan tercapai malah semuanya jadi ngawur. Mulai dari terhambatnya finansial, desain rumah yang gak karuan, dan lain sebagainya. Iya, bagaimana gak karuan wong desain rumahnya juga belum direncanakan kok, udah buat rumah duluan!. Harusnya harus panggil arsitek dulu? Baru buat rumahnya. Betul?? Hehe.

Begitu pun dalam hidup, jika kita ingin menggapai apa yang kita inginkan maka harus di iringi dengan sebuah perencanaan yang baik. Perencanaan ini berisi strategi-strategi dalam mencapai tujuan. Contoh ada seorang temanku yang bercita-cita ingin jadi orang kaya untuk itu dia harus bekerja ekstra keras dengan sangat ekstrim sepanjang hari. Dia bekerja sebagai buruh tani, jika anda melihat bagaimana dia bekerja anda akan melihat betapa ia begitu bersemangat dalam pekerjaannya. Dia bekerja dengan keras demi mengumpulkan uang yang lebih banyak.

Ketika ia cuma bekerja keras, itu belum cukup membuat semuanya berhasil. Kita juga harus bisa merencanakan semua itu.  Sebagai contoh jika dalam kasus teman saya, ada 2 (dua) kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, dia bisa saja berhasil menjadi orang kaya jika ia merencanakan semuanya dengan benar. Misal, membuat planning-planning seperti menabungkan uang hasil kerja keras dan kemudian menggunakannya untuk membuka usaha, setelah berjalan kemudian ia targetkan agar usahanya lebih besar dan dia belajar untuk membesarkan usahanya dari orang lain yang sudah sukses berbisnis sehingga ia pun berhasil mengembangkan bisnisnya. Kemudian membuat target lagi supaya usahanya lebih maju dengan mempelajari sistem bisnis, dan seterusnya. Kedua, ia hanya akan membuat impian menjadi kaya hanya sebuah angan-angan belaka. Bagaimana tidak, jika ia hanya mengandalkan pekerjaannya sebagai buruh dan kemudian mengumpulkan uang hasil buruh tanpa tahu bagaimana caranya membuat perencanaan yang baik agar uangnya bertambah banyak adalah sebuah hal yang cukup sulit baginya untuk bisa menjadi kaya.

Kebanyakan dari kita hidup hanya mengikuti alur kehidupan begitu saja sambil menunggu-nunggu akan  datangnya sebuah keberuntungan yang membuat semuanya berubah dan berharap impian kita tercapai. Kita sendiri lupa bahwa sukses itu di dapat dari sebuah proses panjang dan proses itu membutuhkan sebuah perencanaan yang baik.

Mulai saat ini saya berwasiat kepada diri sendiri dan semua pembaca sekalian. Marilah kita bersama-sama menyusun strategi-strategi perencanaan yang baik dalam rentangnya waktu perjalanan hidup untuk menyambut datangnya sebuah kesuksesan. Jangan lupa juga untuk menulis semua impian dan cita-cita anda dalam sebuah kertas serta usaha-usaha untuk merealisasikannya. Dengan kita membuat perencanaan tentang masa depan semoga sukses akan datang lebih dengan 100x lebih cepat dari biasanya. Jangan lupa pula berdoa sambil kita berusaha. Salam ukhuwah dari penulis. Jangan lupa tulis pendapat anda di komentar di bawah ini. ;-)

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

1 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Wodinville Haris said...

Aku ptah smgt untuk mnjalani sebuah pkrjaan ku bhkn sya sllu dmrahi oleh org yg dk dgnku sort kluargaku sendri sdgkn krjaan ku hya stu kramba apung yg jd jlur keuagn sya itupn tdk cukup bg khidupnku di tmbh ibu ku skit gk yg urus klu bkn sya jd aku tiba2 pth smgt hdupku trutma mimp ku trncam tdk trcpi


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website