Home » » Apakah hidup kita seperti permainan monopoli?

Apakah hidup kita seperti permainan monopoli?

Written By Wawan Setiawan on Sunday, March 25, 2012 | 9:33 AM

Dua buah dadu
Pernahkah anda bernaim permainan monololi? Saya pernah. Ada salah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan monopoli berkaitan dengan konteks tujuan hidup. Kemana sih sebenarnya tujuan hidup kita?
Permainan monopoli terdiri dari dua dadu, kertas lebar yang terdiri dari gambar-gambar dan nama negara, ada sebuah kartu-kartu kecil serta tumpukan uang dolar mulai dari 100 sampai 100.000 dolar. Permainan ini dimulai dengan menggoyang-goyangkan dua buah dadu dalam sebuah wadah kemudian dilemparkan. Setelah nomor dadu keluar kita tinggal jalankan orang-orangan itu sesuai dengan nomor jumlah titik dadunya. Begitulah seterusnya orang-orangan itu berjalan menurut jumlah angka dadu yang keluar. Jika angka dadu menunjukan ke kotak kesempatan dia dapet kesempatan milih dan jika angkanya ke arah kotak penjara maka ia masuk penjara. Dan masih banyak lagi seperti kita membeli rumah, kena denda rumah pokoknya semua tergantung pada angka dadu yang keluar.
Eittss tunggu dulu saya bilang tadi ada orang-orangan yang berjalan sesuai dengan jumlah angka dadu yang keluar. Bisa di ibaratkan kalau hidup kita seperti permainan monopoli. Hanya mengikuti waktu berjalan apa adanya tanpa kita punya arah yang jelas. Kita tidak punya tujuan hidup, hanya keadaanlah yang membawa anda. Jika keadaan membawa anda ke arah kiri maka anda akan ke kiri dan jika keadaan atau seseorang yang membawa anda ke kanan anda akan bergerak ke kanan. Yang pasti kita tidak punya gambaran tentang masa depan. Sungguh celaka orang-orang seperti itu kawan. Jangan-jangan kita juga begitu ya?
Terus Solusinya apa?
Mulai sekarang tentukan arah hidup anda? Belajarlah bagaimana cara menggapainya. Cari informasi-informasi yang berkaitan dengan tujuan anda. Bisa dari buku-buku, mengikuti seminar-seminar, pelatihan, kursus-kursus. Belajarlah dari orang yang sudah sukses. Temui dia! Pelajarilah ilmu-ilmunya dan jadikan ini sebagai motivasi untuk anda melangkah dalam meraih tujuan.
Jangan lupa catatlah semua target-target anda dalam selembar kertas dan visualisasikan dalam kehidupan nyata. Insya Allah itu adalah sebuah do'a. Jadikanlah semangat jika anda telah berhasil meraih salah satu target. Tetap fokus dan terus action.
Hari ini kita belajar dari sebuah permainan monopoli yang mengajarkan kita "Janganlah kita hidup bergantung dari dua buah dadu yang dilemparkan". Kita juga harus punya visi dan misi bukan hanya sebuah organisasi saja kan?
Semoga postingan kali ini bisa memotivasi kita semua.
Salam sukses.

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website