Bagaimana melawan si Penjagal Mimpi?

Written By Wawan Setiawan on Thursday, May 31, 2012 | 7:20 AM

Thursday, May 31, 2012

Siapakah sebenarnya penghalang dan penjagal impian-impian sobat semua?
Apakah bapak, ibu, nenek, kakek, teman, guru, tetangga, ah lebay banget itu mah. Hehe

Sampai saat ini saya sendiri penulis artikel ini belum merasakan manisnya sebuah kesuksesan hidup. Tetapi penulis meyakini 100 % akan kekuatan sebuah keyakinan. Artinya ketika kita punya sebuah keyakinan diri bahwa kita bisa melakukan suatu hal maka setiap langkah dan hembus nafas yang berjalan semuanya mendukung keyakinan kita. Sering sekali saya mengalami keajaiban dari sebuah keyakinan dalam mengarungi hidup ini.

Misal, ketika dahulu di SMP saya yakin bahwa saya bisa mendapatkan NEM tertinggi maka setelah ujian selesai saya melihat NEM saya tertinggi di sekolah dan mendapat nilai rata-rata 9. Contoh lain ketika saya meyakini penuh bahwa saya bisa lolos seleksi dari sekian siswa yang ada di sekolahku agar bisa mengikuti lomba cerdas cermat tingkat kabupaten, akhirnya saya bisa lolos dan mengikuti lomba cerdas cermat. Dan yang lainnya adalah ketika dalam sebuah festival saya yakin bisa mendapatkan Bassis terbaik, maka saya mendapat Bassis terbaik, dan masih banyak sekali contoh-contoh dalam hidup yang berkaitan dengan keajaiban sebuah keyakinan.

Artinya, ketika kita bisa mengalahkan perlawanan si penjagal mimpi, dengan keyakinan penuh saya yakin tidak ada sesuatu pun yang mustahil. Bagiku, mustahil adalah ketika kita tidak punya keyakinan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Jadi "Impossible is Nothing" yakinlah sobat! Percayakan semuanya pada seseorang yang berpuluh-puluh tahun bersemayam dalam raga ini. Percayakan semuanya kepada seseorang yang selalu menatap anda ketika berada di cermin. Percayakanlah semuanya pada anda sendiri. Percayalah bahwa anda pasti bisa!

Anda adalah laksana sebuah perahu yang terbuat dari bahan-bahan terbaik, kayu terbaik dan layar gagah yang menentang angin. Sehebat apapun perahu tak ada gunanya bila hanya terhambat dan terdampar di Dermaga. Anda adalah perahu yang akan mengelilingi samudera dan menemukan Pantai Harapan. Dermaga adalah masa lalu anda. Tali penghambat adalah penyesalan dan ketakutan. Jangan buang waktu anda hanya untuk tetap tinggal di Dermaga. Berlayarlah menuju Pantai Harapan.

Yang menghalangi anda menuju Pantai Harapan adalah angin topan, gelombang, dan batu karang. Begitu pun dengan anda, yang menghalangi keberhasilan anda adalah masalah-masalah yang selalu datang. Di situlah kesejatian hidup anda di uji, apakah anda layak berhasil atau sebaliknya? Berlayarlah menuju Pantai Harapan dan berjuanglah untuk mencapai kesuksesan dan membuat nyata semua harapan-harapan anda.

Semoga bermanfaat,
Salam sukses.




Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Bagaimana melawan si Penjagal Mimpi?
Read More | comments (3)

Kisah Seorang Anak Pemarah dan Ayah Bijak

Written By Wawan Setiawan on Wednesday, May 30, 2012 | 7:19 AM

Wednesday, May 30, 2012

Suatu waktu ada seorang anak pemarah yang mengadu kepada ayahnya agar ia bisa menghilangkan sifat marahnya itu. "Yah, aku ingin jadi orang yang disukai banyak orang, aku ingin hilangkan sifat jelekku ini, caranya gimana ya yah?" anak itu berkata ayahnya. Ayahnya menjawab, "Ya sudah kalau begitu ayah sangat senang sekali mendengarnya nak, coba kau cari dan kumpulkan sekantung paku anakku". "Untuk apa yah?" anak itu menjawab. "Sudahlah nanti juga kau tahu anakku" Ayah berkata sambil memberikan senyum yang indah.

Ayah menyuruh anaknya untuk mengumpulkan paku-paku agar setiap anaknya marah atau membuat orang marah, ia bisa tancapkan paku itu ke sebuah batang pohon di depan rumahnya.

Hari pertama anak itu telah menancapkan 20 paku artinya ia telah marah selama 20 kali. Melihat itu ayah hanya tersenyum bahagia atas usaha yang dilakukan anaknya itu.

Hari kedua anak itu menancapkan 15 paku artinya ia telah mengurangi amarahnya. Jadi total ada 35 paku yang tertancap di pohon depan rumahnya itu.

Hari ketiga hanya 5 paku yang tertancap sampai hari ke empat tidak ada paku yang tertancap di pohon itu. Jadi ada 40 paku yang tertancap di pohon itu. Melihat kesungguhan anaknya, ayah merasa sangat gembira."Nak, ayah sangat senang melihat kesungguhanmu, sekarang ayah minta agar setiap kali kau bisa menahan amarahmu engkau bisa cabut satu paku dalam pohon itu" Minta sang ayah. "Baiklah yah akan aku lakukan" kata anaknya.

Setiap hari anak itu berhasil menahan amarahnya dan seiring berjalannya waktu maka anak itu bisa mencabut paku-paku yang tertancap di pohon itu hingga kemudian tercabutlah semua paku. "Anakku lihatlah kau telah berhasil mengalahkan egomu sendiri tapi lihatlah lubang di pohon ini, seperti kau menusukkan pisau kepada seseorang berapa kali pun engkau meminta maaf luka itu akan tetap ada persis seperti lubang-lubang paku yang ada di pohon ini" dengan bijaknya ayah memberi nasihat. Anak itu berkata, "Aku tahu yah maksudnya, sekarang aku tak kan lagi membiarkan ego ku mengendalikan hidup ini. Aku akan menjadi orang yang memberikan kesan positif kepada seseorang agar pesan itu selalu tertancap kokoh di hatinya". Dengan perasaan senang ayah tersenyum.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kisah Seorang Anak Pemarah dan Ayah Bijak
Read More | comments (1)

4 Prinsip untuk menjadi seorang Ahli

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, May 22, 2012 | 7:25 AM

Tuesday, May 22, 2012

Jika kita melihat ke lingkungan sekitar, cobalah sesekali lihat perbedaan antara orang yang satu dengan orang lainnya dalam hal pencapaian. Dari yang sangat ahli dalam suatu bidang tertentu sampai seseorang yang tidak punya sedikit pun keahlian. Keahlian adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang tidak banyak di kuasai oleh orang lain sedangkan semua orang pasti punya kemampuan. Ngomong-ngomong coba sebutkan apa saja keahlian yang anda miliki sekarang? Ayo sebutkan saja! ;-)

Banyak orang sekitar yang kurang percaya diri mengungkapkan kemampuan yang dimilikinya dan jika di ajukan dua pernyataan yang terdiri dari daftar kekurangan dan kelebihan mungkin daftar paling banyak adalah kekurangan kita. Ya maklum lah setiap manusia itu pasti punya kekurangan tapi bukan berarti juga kan kita tidak bisa punya kelebihan.

Sebenarnya perbedaan seseorang yang ahli di bidangnya dengan seseorang yang tidak ahli adalah terletak pada serius dan tidaknya dalam mengerjakan sesuatu yang diminati. Disini saya akan mengutarakan 4 prinsip kerja yang akan membuat kita menjadi seorang expert (ahli di bidang tertentu).

1. Kerja Keras.
Hal pertama yang dilakukan untuk menjadi seorang ahli adalah kita di tuntut untuk bekerja keras dalam melakukan sesuatunya. Contoh : Jika anda adalah seseorang yang ingin ahli di bidang seni musik atau menjadi seorang musisi maka anda harus bekerja keras berlatih setiap hari. Terus perbanyak jam terbang kita dan belajarlah dari semua kesalahan-kesalahan. Pantang menyerah dan terus berusaha sebelum meraih apa yang di inginkan.

2. Kerja Cerdas
Selain kerja keras kita juga harus bisa kerja cerdas. Kerja keras saja tidak cukup kalau kita tidak bisa kerja cerdas. Cerdas disini adalah kita bisa pandai mengatur semua waktu atau mengerti metode atau cara untuk meraih semua itu. Contoh : Salah seorang teman saya ingin menjadi seorang gitaris terkenal, ketika saya bertanya tentang seberapa jauh ia berusaha ia menjawab "setiap hari saya berlatih dengan keras", tetapi ketika saya bertanya tentang tehnik-tehnik dalam bermain gitar ia tidak bisa melakukannya. Harusnya ia juga belajar untuk pintar-pintar mencari orang yang ahli dalam bermain gitar atau mengikuti kursus gitar karena itu juga salah satu cara cepatnya. Cerdas disini bisa juga mengerti cara cepatnya.

3. Kerja Tuntas
Inilah satu hal yang mungkin banyak di abaikan oleh setiap orang. Ketika seorang sedang berusaha melakukan cara-cara untuk menjadi seorang yang yang ahli dalam suatu bidang kadang ia terhenti karena suatu hal tertentu. Ketidakmampuan untuk bisa fokus dan tekun inilah yang menghambat seseorang menjadi seorang yang ahli. Penyebabnya bermacam-macam, bisa jadi ia tergoda oleh hal lain yang dia anggap lebih mudah atau pun karena ketidaknyamanannya berada dalam proses tersebut. Misalnya, seorang lelaki sedang berusaha menjadi pengusaha bisnis online karena dianggap bisnis online adalah bisnis menguntungkan dan kita tidak perlu mendirikan lapak dan mengumpulkan produk namun setelah menjalani rangkaian proses hasilnya belum juga nampak terlihat, ia menjadi frustasi dan menghentikan langkahnya kemudian ia pindah untuk berbisnis secara real dengan mendirikan lapak dan berjualan pakaian. Hari demi hari ia jalanai namun dalam bisnis ini pun ia merasakan belum ada keuntungan yang dirasa cukup besar kemudian ia berhenti dan seterusnya. Ketika kita tidak fokus pada sesuatu yang sedang kita jalani maka prosesnya pun akan terasa menjenuhkan. Tetaplah fokus pada sesuatu yang anda minati.

4. Kerja Ikhlas
Semua pekerjaan apapun akan terasa nikmat jika kita mengerjakannya dengan sepenuh hati. Karena keikhlasan inilah salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam bidangnya. Ketika seseorang melakukan sesuatunya dengan terpaksa maka hasilnya pun tidak akan cukup memuaskan berbeda dengan seseorang yang melakukan sesuatunya dengan sepenuh hati. Keikhlasan akan mendorong kita untuk melakukan yang terbaik untuk apa yang sedang kita lakukan tersebut.

Ada pesan dari seseorang pengejar mimpi yang sekarang telah mendapatkan mimpinya yang berbunyi "Semua mimpi kita dapat menjadi kenyataan bila kita mampu mengejarnya". Itu adalah kata-kata yang di ucapkan oleh Walt Disney. Sekarang kita bisa lihat hasilnya yaitu Disney Land yang begitu megahnya. Tetap bermimpi dan perbanyak actionnya.

Semoga bermanfaat,
Salam sukses.



Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: 4 Prinsip untuk menjadi seorang Ahli
Read More | comments (6)

Malaikat yang Dikirim dari Tuhan

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, May 15, 2012 | 10:45 PM

Tuesday, May 15, 2012


Suatu ketika seorang bayi hendak lahir dan siap dikirim ke dunia. Maka ia bertanya kepada Tuhan, "Tuhan Engkau akan mengirimku ke dunia tapi aku masih sangat lemah dan kecil, siapakah yang akan melindungiku disana?" Tuhan pun menjawab "Aku akan mengirimkan seorang malaikat untukmu".

Di surga aku sudah sangat bahagia menyanyi dan tertawa denganMu disisiku. Tuhan pun menjawab "Disana malaikatmu akan selalu bernyanyi untukmu dan membuatmu tertawa dan hidup bahagia".

"Aku akan sedih karena tidak bersamaMu lagi wahai Tuhanku" kata si kecil
Dengan sabar Tuhan menjawab "Malaikatmu akan mengajarkanmu cara mendekatkan diri kepadaKu walau begitu sebenarnya Aku selalu ada di hatimu"

"Tapi bagaimana aku dapat berbicara denganMu lagi" si kecil berkata lagi.
Tuhan menjawab "Malaikatmu akan memberikanmu kata-kata yang sangat indah dan mengajarkanmu cara berdoa kepadaKu"

Lagi-lagi si kecil menyelidik, "Tapi katanya di dunia banyak orang-orang yang jahat, siapakah yang akan sanggup melindungiku selain Engkau?" "Malaikatmu akan selalu melindungimu dan akan mempertaruhkan nyawanya demi cintanya kepadamu" Tuhan menjawab.

"Wahai Tuhanku siapakah nama malaikat yang akan selalu ada bersamaku dan mencintaiku?" kata si kecil.
Kemudian Tuhan menjawab, "Engkau dapat memanggilnya I B U, Ibu mu adalah malaikat yang akan selalu mencintaimu yang Aku kirimkan untukmu, dia bahkan berani mempertaruhkan jiwa dan raganya demi cintanya kepadamu"

Kenanglah ibu mu yang tak pernah letih menjagamu.
Ingatkah engkau ketika ia selalu membelai dahimu ketika kau terbaring.
Ingatkah engkau ketika ibumu memberikan kau selimut padahal ia sendiri rela tidur kedinginan.
Ingatkah engkau ketika ibumu selalu meneteskan air mata ketika kau sakit.
Jangan pernah sia-sia kan kasih sayang yang telah ibu berikan untukmu.
Sebelum kau lihat ibu yang tak pernah lagi membelai dahimu
Dia tak pernah lagi memberikanmu selimut ketika kau kedinginan, dan
Tak pernah lagi meneteskan air mata ketika kau sakit.
Yang terlihat hanyalah ruangan kosong, potret foto ibumu di dinding kamar
Dan bekas pakaian yang dulu ia pakai.
Tak kan pernah ada yang memberikan cinta dan kasih sayang lagi,
Seperti yang dilakukan ibumu.
Karena dia telah menutup matanya.
Cintailah ibumu,
Jangan pernah menyia-nyiakan kasih sayang ibu padamu.
Katakan, "Mom, I LOVE YOU" 


Semoga Bermanfaat
Salam sukses.



Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Malaikat yang Dikirim dari Tuhan
Read More | comments (4)

Kisah Inspiratif Sebuah Cangkir Cantik

Written By Wawan Setiawan on Friday, May 11, 2012 | 9:52 PM

Friday, May 11, 2012

Pada suatu hari seorang kakek membeli soevenir di sebuah toko souvenir sebagai hadiah untuk ulang tahun cucunya. Disana ia menjumpai sebuah cangkir cantik dengan paduan warna yang begitu mengkilau di sertai ukiran cantik sekitarnya. Cangkir itu adalah salah satu barang termahal yang ada di toko itu. Dengan rasa kagum kakek mengambil dan mengelus-elus cangkir itu. "Aku akan membelimu wahai cangkir cantik, akan ku persembahkan sebagai hadiah untuk cucuku tersayang", kata kakek itu. Tiba-tiba cangkir itu mengeluarkan sebuah suara seakan-akan menjawab apa yang di ucapkan kakek.

Dulu aku hanyalah segumpal tanah liat yang tak berguna yang tidak mempunyai sama sekali nilai dan harga namun tiba-tiba ada seorang pengrajin yang mengambilku dan meletakkanku dalam sebuah tempat yang berputar-putar. Aku berteriak "tolong hentikan, aku pusing" namun ia tetap memutar-mutar benda itu. Dia menempa ku menjadi sebuah bentuk cangkir dari tanah liat. Aku kira penderitanku selesai namun tiba-tiba seseorang mengambil dan memasukanku ke sebuah tempat yang sangat panas, aku berteriak, "Tolong aku panas. panas. panas" tapi tak ada seorang pun yang mendengar kata-kataku. Setelah aku mengeras karena panasnya api yang membakarku aku pun di keluarkan dari tempat itu.

Setelah aku di keluarkan dari tempat itu aku di dinginkan dalam sebuah tempat. Aku kira selesai sudah penderitaanku. Namun setelah beberapa jam ada seseorang yang mengambilku dari sana dan dia mulai mewarnaiku dengan sebuah asap yang membuatku merasakan kaku. "STOP! STOP!" Aku berteriak lagi namun tak ada seorang pun yang menolong. Aku pun mencoba bersabar dan memasrahkan semuanya pada Tuhan.

Ada seorang wanita muda yang datang menghampiriku, aku kira dia akan membebaskanku keluar dari tempat ini namun tidak demikian dia membawaku ke sebuah tempat yang lebih panas bahkan sangat panas dari sebelumnya. Aku berteriak dengan keras. "Panass, tolong hentikan ini, Tolong!" aku mencoba bertahan lagi. Setelah selesai dari tempat itu aku di bawa lagi. Disana ada seorang lelaki yang membawa sebuah benda tajam yang ujungnya berputar-putar dengan cepat. Rupanya dia akan mengukirku. Dengan rasa sakit lagi-lagi aku bertahan.

Setelah beberapa saat aku merasakan lelah dan seorang wanita cantik dengan tubuh langsing dan berpakaian rapih meletakanku ke depan sebuah cermin. Dengan kaget aku terkagum-kagum melihat diriku sendiri. Aku melihat sebuah cangkir yang sangat indah. Aku adalah salah satu benda paling mahal dan bernilai disini. Orang-orang yang lewat selalu kagum ketika melihatku.

Pesan apa yang dapat diambil dari kisah di atas?

Seperti inilah Tuhan membentuk kita. Kadang rasanya tidak menyenangkan pasti sakit dan penuh sedikit penderitaan. Tapi maksud dari itu semua adalah Dia akan membentuk kita menjadi jiwa yang lebih bernilai. Hadapilah semua cobaan hidup jangan pernah menyerah dan putus asa di buatnya. Tetap lakukan yang terbaik untuk setiap langkah dan nafas kita disertai rasa syukur kepadaNya. Pembentukan ini memang menyakitkan namun pada akhirnya anda akan melihat betapa cantik, indah dan mulianya anda.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.


Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kisah Inspiratif Sebuah Cangkir Cantik
Read More | comments (5)

Ketekunan adalah Sebuah Kekuatan

Written By Wawan Setiawan on Wednesday, May 9, 2012 | 11:18 PM

Wednesday, May 9, 2012

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa apa yang anda lakukan sekarang adalah sebuah hasil dari sesuatu yang dilakukan berulang-ulang. Anda bisa berjalan karena dulu anda berlatih dengan keras bahkan sering jatuh tetapi dengan sebuah harapan agar bisa berjalan anda bangun kembali. Begitulah jatuh bangun dan akhirnya sekarang berjalan bukan sebuah masalah lagi bagi keseharian anda. Yang dulu di anggap sebagai sesuatu yang sangat sulit tetapi sekarang berubah menjadi sesuatu yang sangat mudah semudah membalikan telapak tangan. Kuncinya adalah ketekunan. Dengan kita tekun maka sesuatu yang sulit akan jadi mudah. Kata pepatah bilang bisa itu karena biasa.

Ketekunan biasanya berawal dari sesuatu yang disukai namun ada kalanya si penjagal mimpi datang menghampiri sehingga membuat kita enggan melakukannya lagi. Ketika kita menyukai sesuatu hal misal kita hobi menyanyi dan ingin menjadi penyanyi nomer 1 di Indonesia. Sudah barang tentu akan ada kerja keras yang dilakukan misal mengikuti kurus olah vokal, latihan yang ekstra, juga memperbanyak jam terbang manggung. Namun ada kalanya si penjagal mimpi datang untuk menghentikan mimpi-mimpi kita. Baik yang datang dari luar seperti seseorang yang menganggap anda kurang bagus sehingga kita terpengaruh atu pun dari dalam seperti ketidaksabaran kita meraih kesuksesan yang akhirnya membuat semangat berkurang. Hati-hatilah dengan hal yang satu ini, yaitu si penjagal mimpi. Ketika anda sedang gigih dalam usaha-usaha anda ada kalanya dia datang membisikan kita untuk berhenti berbuat sehingga mematahkan semangat kita untuk terus melangkah. Dia selalu datang dan pasti datang. Tugas kita adalah selalu optimis dengan tujuan kita dan nikmatilah proses.

'Sebuah langkah besar berawal dari langkah kecil' begitulah pepatah bilang. Artinya sebesar apa pun langkah kita pasti terdiri dari langkah-langkah kecil. Mulai dari langkah kecil dan teruslah berusaha jangan pernah putus asa. Ingat sebenarnya sesuatu itu bisa menjadi kenyataan jika kita terus belajar dan berusaha, seperti balita yang belajar berjalan yang terus berusaha dengan resiko jatuh-bangun namun dia tetap gigih dan jikalah tiba saatnya pastilah apa yang di impikannya jadi kenyataan yaitu bisa berjalan bahkan berlari. Ini lah hukum alam yang berlaku, apabila kita berani menantang dan selalu berusaha pasti alam juga akan tunduk kepada kita.

Langkah kecil itu salah satunya adalah diri anda. Mulailah sesuatu itu dari diri anda terlebih dahulu. Biasakan melakukan sesuatu berasal dari hati. Ketika melakukan sesuatu pastikan selalu disertai dengan hati yang tulus. Karena ketekunan adalah bila apa yang anda lakukan itu berasal dari hati yang tulus. Jika demikian Insya Allah akan membuat anda tekun dan menuntun anda menuju puncak kesuksesan.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.



Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Ketekunan adalah Sebuah Kekuatan
Read More | comments (6)

Kisah Seorang Pemuda dan Kakek Tua

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, May 8, 2012 | 2:41 PM

Tuesday, May 8, 2012

Pada suatu waktu ada seorang pemuda yang datang ke seorang kakek tua yang bijak. Dengan wajah yang terlihat muram, berjalan tergontai, terlihat sepertinya si pemuda sedang mempunyai banyak masalah. Setelah mengetuk pintu dan masuk akhirnya pemuda bertemu dengan kakek tua lantas pemuda itu berkata banyak hal tentang kesulitan-kesulitan hidup yang ia alami. Mendengar perkataan pemuda si kakek bijak bertolak dari tempatnya menuju ke dapur dan memberinya satu gelas air dan terlihat di tangan kirinya membawa segenggam garam.

Kakek tua menyuruh si pemuda untuk mencampurkan segenggam garam ke dalam gelas yang berisi air. Lantas si pemuda mengikuti perintahnya dan dimasukanlah segenggam garam itu kedalam segelas air. "Saya sudah memasukan garam ini kek, lantas mau di apakan?" si pemuda dengan rasa penasaran bertanya. "Minumlah!" si kakek menjawab dengan simpelnya. Kemudian pemuda itu meminum segelas air yang berisi campuran garam itu. "Ahhh pahit sekali kek" pemuda berkata sambil meludah ke belakang. Kakek bijak itu tersenyum.

Kemudian di ajaklah pemuda ke belakang rumah yang terdapat hamparan telaga yang sangat luas dan airnya yang begitu bening di iringi suara gemercik airnya yang berasal dari pancoran air yang dibuat oleh si kakek. Sambil membawa segenggam garam kemudian beliau menyuruh kembali pemuda itu untuk mencampurkan garam itu kedalam air telaga kemudian mengaduknya. "Sudah saya campurkan garamnya kek lantas mau di apakan?" si pemuda berkata. "Minumlah wahai anak muda" si kakek menjawab. "Subhanallah airnya segar sekali kek sungguh tidak ada rasa asin apalagi pahit seperti tadi saya minum di rumah kakek" pemuda itu menjawab.

Sambil menepuk punggungnya si kakek bijak itu berkata, "wahai pemuda pahitnya kehidupan itu tidak berbeda dengan segenggam garam tidak lebih dan tidak kurang. Yang menentukan pahit dan tidak itu adalah wadahnya. Kepahitan itu akan didasarkan dari perasaan tempat kita meletakan segalanya. Itu semua bergantung kepada hatimu. Jika suatu kegagalan atau kesulitan hidup datang menghampiri hidupmu maka jalan satu-satunya adalah kamu harus melapangkan dadamu menerima segalanya dan luaskanlah hatimu untuk menampung setiap kepahitan hidup".

Pak tua itu kembali berkata, "Hatimu adalah wadahnya, perasaan adalah tempat itu dan kalbumu adalah tempat kamu menampung segalanya. Jadi jangan jadikan hatimu seperti gelas tadi tapi jadikanlah hatimu laksana telaga yang akan meredam semua kepahitan hidup dan mengubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan".

Setelah itu, pemuda itu mengerti akan semua kepahitan hidup yang di alaminya. Dia merasa kurang melapangkan dadanya untuk menerima semua kejadian dan tidak meluaskan hatinya untuk menampung segala kepahitan hidup. Pemuda itu berterima kasih kepada kakek bijak dan hari itu si pemuda mendapatkan sebuah pelajaran hidup yang luar biasa dari kakek tua. Keduanya lantas kembali ke rumah si kakek tua dan pemuda itu pergi.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Kisah Seorang Pemuda dan Kakek Tua
Read More | comments (5)

Sesuatu yang Besar Berawal dari Hal Kecil

Written By Wawan Setiawan on Monday, May 7, 2012 | 10:50 AM

Monday, May 7, 2012

Ada sebuah pepatah yang berbunyi "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Pepatah ini saya dapatkan semenjak saya duduk di sekolah dasar. Entah siapakah orang yang pertama kali membuat pepatah ini yang jelas pepatah ini menjadikan sebuah semangat yang luar biasa bagiku. Pada saat itu, perspektif ketika saya mendengar pepatah ini adalah bagaimana saya harus bersabar mengumpulkan uang untuk sesuatu yang saya inginkan. Hingga kemudian saya terus mengumpulkan itu, terus bersabar dan terus sampai akhirnya uang itu terkumpul dan saya membeli sesuatu yang diinginkan.

Sungguh luar biasa makna dari pepatah ini, bukan hanya dalam konteks mengumpulkan uang tetapi juga dalam konteks bagaimana kita harus terus bersabar dan terus melangkah dalam menggapai semua impian dan cita-cita kita. Pantang menyerah dan terus bertindak adalah salah satu prinsip yang di pegang oleh pepatah ini. Teruslah melangkah sebelum mendapatkan apa yang di impikan. Jika impian besar maka action nya juga harus besar.

Pepatah ini juga mengajarkan akan sebuah hal yang besar berawal dari sesuatu yang kecil. Artinya semua itu berawal dari sesuatu yang kecil atau sepele. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang di anggap sepele atau kecil seperti murah senyum, ucapan terima kasih, menolong orang lain, peduli kepada orang lain, dan sebagainya karena hal-hal sepele itu lah yang kemudian akan membuat kebesaran jiwa anda. Cobalah mulai dari sesuatu yang kecil dulu sebelum melakukan sesuatu yang besar karena sebesar apapun kesuksesan dan pencapaian seseorang pasti berawal dari sesuatu yang kecil atau istilahnya Impian yang besar berawal dari satu langkah kecil. Mari kita terus melangkah dalam meraih semua impian dan cita-cita kita, ketika sesuatu itu telah tertumpuk menjadi besar Insya Allah semua impian dan cita-cita akan kita dapatkan. Bersabarlah kawan karena jika sudah tiba saatnya semua itu akan menghampiri kita.

Semoga artikel singkat ini bisa memotivasi kawan-kawan semua dan saya pribadi.
Salam sukses.


Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Sesuatu yang Besar Berawal dari Hal Kecil
Read More | comments (5)

Nikmatnya Sebuah Tangisan

Written By Wawan Setiawan on Saturday, May 5, 2012 | 5:25 PM

Saturday, May 5, 2012

Semua orang pasti sudah pernah menangis begitu pun saya. Tangisan adalah sebuah ungkapan emosional yang secara spontan terjadi. Sekuat-kuat dan sehebat-hebatnya manusia pasti pernah menangis. Tangisan tidak memandang tua-muda, kaya-miskin, hebat-lemah nya manusia. Pernahkah anda lihat orang-orang yang bertubuh kuat menangis? Pasti pernah ya. Lho cengeng amat sih dia? Eitzz sebentar dulu kawan jangan terlalu memvonis gitu ah! Baiklah dalam pembahasan kali ini saya akan membahas nikmatnya menikmati tangisan.

Menangis adalah sebuah hal yang lumrah terjadi. Apabila anda ingin menangis maka menangislah, ungkapakan semuanya dalam indahnya deraian air mata. Namun tahu kah anda menangis itu akan membuat sebuah kekuatan dan energi yang akan menggerakan anda terhadap apa yang di tangisinya. Menangis seperti apakah yang dimaksud? Jika anda belum merasakan nikmatnya sebuah tangisan maka sesekali cobalah nikmati ini.

Suatu waktu saya bangun di pagi hari sekitar jam setengah 3 pagi menjelang shubuh. Bangun di waktu-waktu itu adalah moment yang paling luar biasa bagi saya. Selesai setelah pergi ke kamar mandi dan mengambil air wuddhu saya shalat tahajud dalam heningnya malam. Sungguh luar biasa saya merasakan nikmatnya sebuah  keheningan. Alunan suara alam, hembusan angin, indahnya suara binatang malam membuatku semakin tenang dalam setiap gerakan shalat. Sampai suatu saat setelah selesai melakukan shalat saya bermunajat berdoa kepada Allah agar di ampuni semua dosa dan kesalahan-kesalahanku, dilapangkan rezeki dan di bukakan pintu-pintuNya agar bisa menuju surgaNya baik surga dunia dan akhirat. Sebuah tangisan yang sangat indah dan membuatku berada dalam kedamaianNya ketika aku berdoa dan teringat akan besarnya tumpukan dosa-dosa yang telah diperbuat sementara Dia selalu memelihara dan menjagaku tanpa peduli akan semua dosa yang telah ku perbuat. Dalam tangisan itu, saya selalu memujiNya atas sebuah dzat yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Disana kurasakan sebuah kedamaian dan sebuah energi yang kudapatkan setelah itu.

Menangislah karena itu baik bagi anda. Menangis karena dosa yang telah dilakukan, menangis karena seorang yang disayangi, atau menangislah karena memohon sebuah kekuatan kepada Tuhan. Menangis seperti di atas sangatlah di anjurkan dan bisa anda coba sendiri. Bukan menangis karena kegagalan, kebuntuan, dan kehilangan karena itu menunjukan betapa lemahnya jiwa kita.

Saya teringat ketika kakek saya meninggal. Pada waktu itu saya menangis seakan-akan tidak menerima kepergianNya. Namun setelah dipikir lagi untuk apa saya menangisinya toh dia kan sudah mendapat tempat yang lebih baik daripada sebelumnya. Harusnya saya bahagia dia sekarang berada bahagia disampingNya. Sekarang saya sadar saya hanya menangisi diri sendiri seakan-akan tak rela akan kepergiannya.

Jika sepanjang hidup ada seseorang yang tidak pernah menangis maka mungkin saja hatinya telah mengeras seperti batu. Betul-betul mengeras dan membeku. Akibatnya orang ini tidak akan lagi mengenal nilai-nilai, cinta kasih seseorang, penyesalan-penyesalan dan dosa-dosa. Jadi menangislah untuk menghimpun sebuah energi dari Tuhan. Cobalah!

Semua usaha yang kita lakukan kadang melewati kesedihan-kesedihan dan membuat sebuah tangisan dan kadang juga kita rasakan juga sebuah kebahagiaan. Namun apabila saatnya tiba kesuksesan akan diiringi sebuah tangisan dari sebuah kebahagiaan. Menangis karena bahagia.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Nikmatnya Sebuah Tangisan
Read More | comments (1)

Cara Mengganti Background Foto dengan Cepat dan Mudah (Fungsi Extract)

Written By Wawan Setiawan on Friday, May 4, 2012 | 8:35 PM

Friday, May 4, 2012

Kembali lagi bersama saya sobat, hari ini saya lagi gak enak badan tadi pagi meriang sob. Minta doanya ya sobatku semua supaya bisa cepet sembuh. ;-). Ok sobat semua setelah tadi saya membahas tentang Cara Mengganti Background Foto Warna (Menggunakan Magic Erase Tool), kali ini saya ingin berbagi ilmu kepada sobat semua tentang Cara Mengganti Background Foto dengan Cepat dan Mudah.
Di bawah ini adalah foto bibi. Yang berminat segera hubungi saya aja ya mumpung lagi single. Hehe
Baik pertama-tama buka foto yang mau di edit dengan menekan Ctrl+O atau Klik File -> Open.
Setelah membuka fotonya Klik Filter -> Extract.
Setelah klik Extract, seleksi Foto menggunakan Edge Highlighter Tool yang ada di samping kiri bagian paling atas.
Seleksi sampai semuanya selesai. Aturlah ukuran Edge Highlighter Tool dengan (Ctrl + [) dan (Ctrl + ]). Dan Zoom Tool dengan mengklik (Ctrl + -) dan (Ctrl + =).
Kemudian klik Fill Tool dan klik pada area tengah seleksi tadi.
Setelah itu Klik Preview maka akan muncul seperti di bawah.
Terlihatlah sebuah gambar tanpa background tapi ada bagian-bagian yang harus dihilangkan. Hilangkan bagian-bagian yang tidak penting itu menggunakan Cleanup Tool.
 Gunakan juga Edge touchup tool untuk merapihkan objek yang tidak rata.
Setelah selesai klik OK dan kembali pada Layer utama.
Kemudian buka Objek gambar yang akan dijadikan sebagai Wallpaper.

Tarik ke arah layer foto maka secara otomatis akan terbentuk layer baru.
Agar gambar background berada di belakang foto pindahkan Layer 1 ke bawah.
Sekarang atur ukuran Layer Background tekan Ctrl+T. Kemudian kunci agar panjang dan lebarnya disesuaikan secara otomatis seperti pada bagian atas bagian yang dilingkari di bawah ini.
Atur juga ukuran gambarnya caranya sama seperti cara di atas.
Kemudian Crop bagian foto yang di perlukan.
Ok sekarang hampir selesai tapi mari kita teliti lagi. Ada bagian yang belum kehapus tuh. ;-)
Mari kita hapus bagian itu dengan menggunakan Pen Tool. Bagi yang belum tahu cara menggunakan Pen Tool. Bisa baca di artikel Cara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Pen Tool).
Kemudian rapihkan lagi menggunakan Erase Tool.
 Dan selesai. Ini hasilnya. ;-)
Semoga bermanfaat.
Salam sukses.


Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Cara Mengganti Background Foto dengan Cepat dan Mudah (Fungsi Extract)
Read More | comments (21)

Cara Mengganti Background Warna pada Foto (Menggunakan Magic Erase Tool)

Hai sobat seperti yang sebelum-sebelumnya saya utarakan bahwa ada banyak cara untuk mengganti background foto pada photoshop. Dulu saya sempat membahas tentang Cara mengganti background foto dengan Lasso Tool dan Cara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Pen Tool). Nah sekarang saya akan membahas Cara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Magic Erase Tool).

Caranya sangat mudah, tidak memakan waktu yang cukup lama hanya sekitar beberapa detik saja untuk bisa menyelesaikan proyek dengan cara ini. Gak percaya?? Ok langsung saja ya. Oh iya cara ini hanya berlaku untuk background foto yang mempunyai satu warna saja lho, ;-) Ok langsung Open saja ya gambarnya dengan mengklik File -> Open.



Setelah itu klik Magic Erase Tool yang bergambar seperti ini kemudian klik pada background warna merah di atas.

Maka background akan otomatis terhapus dengan sangat rapih. :). Kemudian Klik Collor picker yang bergambar seperti di samping pilih warna backgroundnya disini saya memakai warna biru.


Klik Paint Bucket Tool pada background kosong dari foto di atas setelah memlilih warna biru.
Hasilnya langsung dilihat dan save aja dehh.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Cara Mengganti Background Warna pada Foto (Menggunakan Magic Erase Tool)
Read More | comments

Allah selalu Memberikan yang Terbaik

Written By Wawan Setiawan on Thursday, May 3, 2012 | 10:22 AM

Thursday, May 3, 2012

Bagi sebagian orang mungkin sudah merasakan nikmatnya sebuah pencapaian dan merasakan juga bagaimana perihnya perjuangan untuk mencapai itu. Namun sebagian yang lain juga merasakan bahwa mereka selalu mendapatkan apa yang mereka harapkan. Ketika berharap mereka ingin A namun yang ia dapatkan adalah B. Disini saya akan coba menjelaskan kenapa semua itu terjadi yang jelas adalah Allah selalu memberikan yang terbaik untuk semua hambanya.

Banyak orang-orang disekitarku mengeluhkan tentang nasibnya dan ada beberapa yang memvonis bahwa Tuhan itu tidak adil dan tidak memuliakan hambanya. Astagfirullah al adzhim! Sobatku semua Allah itu sebenarnya sayang kepada kita semua kita lah yang tidak sayang sama diri kita sendiri dan menyiksa diri. Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Baiklah berkaitan dengan pencapaian tadi saya berikan sebuah contoh seperti di bawah ini.

Alkisah seorang lelaki meminta kepada Allah untuk di berikan sekuntum bunga dan seekor kupu-kupu. Namun apa yang di berikan Tuhan kepadanya? Tuhan memberinya sebuah Kaktus dan seekor Ulat. Karena lelaki tersebut yakin sepenuhnya bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik baginya maka ia pun merawat keduanya. Dia sering membawa kaktus itu ke luar rumah dan tidak jarang ia terkena akan durinya yang tajam begitu pun ulat ia sebenarnya tidak suka akan hewan yang satu ini karena hewan ini sangat menjijikan dan kadang ia sering mual karena melihat ulat-ulat itu di rumahnya.


Setelah beberapa minggu kemudian setelah ia tinggalkan rumahnya karena ada pekerjaan di luar rumah ia datang kembali dan pada pagi hari ia hendak menengok kaktus dan ulat yang ia simpan di halaman depan rumahnya. Tahukah anda apa yang lelaki itu lihat? Dia melihat sekuntum bunga yang sangat indah yang belum pernah ia lihat sebelumnya dari batang kaktus itu dan melihat banyak sekali kupu-kupu yang berwarna sangat indah yang belum pernah ia lihat di mana pun juga. Batang kaktus yang berduri tajam itu menumbuhkan bunga yang sangat indah yang belum pernah ia lihat sebelumnya begitu pun ulat-ulat yang berubah menjadi kupu-kupu yang berwarna sangat indah yang juga ia belum pernah lihat sebelumnya. Melihat pemandangan itu ia tersentak kagum dan berkata, "Wahai Tuhan ternyata benar engkau pasti memberikan yang terbaik bagi hambanya".


Sobatku semua pilihan yang Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik. Allah itu cinta kepada semua hambanya namun kadang kita sendiri lah yang mengira bahwa Allah itu tidak adil dan kita kufur sama nikmat yang Allah berikan kepada kita. Cobalah sobat pahami kedua ayat di bawah ini :

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi
(pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui,
sedang kamu tidak mengetahui" (QS. Al Baqarah : 216)


"Dan [ingatlah juga], tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah [nikmat] kepadamu, dan jika kamu mengingkari [nikmat-Ku], maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim : 7)

Sebenarnya kita sendiri yang kadang sok tahu dengan memvonis bahwa apa yang kita dapatkan adalah tidak baik padahal tidak demikian. Memang siapa sih kita ini berani berkata seperti itu? Yakinlah bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hambanya dan kuncinya adalah ada pada ayat kedua pada Surat Ibrahim ayat 7 yaitu bersyukur. Jika kita bersyukur Allah akan menambah nikmat dan jika kita ingkar maka azabnya sangat pedih. Sekarang cobalah hitung nikmat Allah yang di berikan Allah kepada kita.
1. Jika sebagian orang sedang merasakan perihnya menahan rasa sakit terbaring di rumah sakit, anda ...?
2. Jika sebagian orang merasakan getirnya hidup di jalanan dan perihnya menahan haus dan lapar, anda...?
3. Jika sebagian orang merasakan pahitnya kehilangan anggota tubuh (cacat), anda..?
dan masih banyak lagi.
Sungguh beruntung kita ini sobat, namun kadang-kadang kita lupa akan itu dan hanya melihatnya dari sisi negatif. Yakinlah bahwa apapun yang di berikan kepada kita adalah yang terbaik. Tetaplah bersyukur dan terus berikhtiar. Dengan begitu Insya Allah kita menjadi orang yang paling bahagia di muka bumi ini. Aminn.
Semoga bermanfaat.
Salam sukses.
Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Allah selalu Memberikan yang Terbaik
Read More | comments (1)

Tips Mengatasi Kejenuhan

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, May 1, 2012 | 8:12 AM

Tuesday, May 1, 2012

Salah seorang temanku pernah berkata bahwa "siapapun orangnya apabila melakukan aktivitas atau kegiatan apapun secara berulang-ulang pasti akan bosan", katanya. Mendengar ucapannya saya merasa tertarik untuk membahasnya dalam postingan ini. Rasa jenuh memang kadang datang begitu saja dan membuat gairah dan semangat kita hilang.

Secara umum semua aktivitas apapun, sebetapa menggebu-gebunya ia, betapa semangatnya ia, pasti akan menemukan suatu kejenuhan. Jika sudah begitu biasanya seseorang akan melakukan 2 pilihan, yaitu : "mengontrol rasa jenuhnya kemudian kembali bersemangat" atau "terpengaruh oleh rasa jenuhnya kemudian menjadi malas untuk bertindak". Saya yakin semua orang pernah mengalaminya.

Rasa jenuh bisa di akibatkan oleh beberapa hal seperti berikut ini :
1. Rutinitas kerja yang monoton.
Seseorang bekerja atau melakukan sesuatunya selalu dengan cara yang sama setiap harinya maka biasanya seseorang itu akan mengalami suatu kejenuhan. Misal seseorang bekerja tidak ada kreatifitas dan inovasi dalam setiap pekerjaannya.
2. Pengangguran (tak ada kerjaan)
Kejenuhan juga dapat di akibatkan oleh keadaan ketika seseorang tidak mempunyai sesuatu untuk di kerjakan. Misal seorang pengangguran yang menyendiri di rumah menunggu panggilan kerja.
3. Beban pikiran.
Beban pikiran juga berpengaryuh terhadap kejenuhan. Misalnya ketika seseorang sedang mengalami tekanan ekonomi maka orang itu sering tidak ada gairah dalam melakukan suatu hal. Beban ekonomi yang selalu membayangi pikirannya membuat hidup seakan-akan tak berarti. Setiap melakukan sesuatu pun menjadi tak ada gairah dan semangat.
4. Kondisi Kesehatan.
Saya pernah merasakan sendiri betapa bosannya berbaring di atas kasur ketika sedang sakit. Biasanya seorang yang sedang sakit tidak banyak melakukan banyak hal dikarenakan kondisi badannya yang tidak mendukung untuk banyak melakukan banyak hal. Ini juga menyebabkan suatu kejenuhan. Ya. Jenuh karena sakit.
5. Lingkungan.
Lingkungan yang baru/asing bagi seseorang juga kadang menimbulkan sebuah kejenuhan. Misalkan seseorang yang baru saja tinggal di Eropa merasa kesulitan bergaul dengan orang-orang sekitar, lingkungan yang tidak nyaman, dll. Ini juga akan menimbulkan suatu kejenuhan.

Namun pada kenyataannya aku temukan fakta seperti berikut ini :
1. Rekan saya yang bekerja sebagai seorang office boy merasa menikmati pekerjaannya dan selalu bersemangat ketika saya tanya tentang kejenuhan.
2. Seorang pengangguran menikmati semua aktivitasnya berkumpul bersama teman-teman, kumpul bareng main gitar, nongkrong di perempatan, sampai konvoi di jalanan. Mereka seakan-akan menikmati dunianya.
3. Seseorang yang punya banyak utang, di kejar-kejar tukang kredit dan mengumpulkan uang buat bayaran setoran malah membuatnya lebih bersemangat dalam bekerja.
4. Seseorang yang punya sebuah penyakit selalu bergembira dan ceria menjalani hidupnya ketika saya tanya tentang kejenuhan.

Jika kita tahu cara untuk menghilangkan rasa jenuh maka apapun keadaan kita, kita akan selalu ada dalam keadaan dinamis dan selalu bergairah. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kejenuhan :

Berpikirlah tentang sesuatu yang bersifat fun (menghibur).
Ketika kejenuhan datang ke pikiran anda cobalah alihkan dengan memikirkan sesuatu yang menghibur anda misalnya mengingat-ingat kembali saat-saat teman anda mebuat lelucon yang konyol, mengingat kembali saat anda melakukan sesuatu yang paling berkesan buat pasangan anda, dsb. Jangan pernah mengingat masalah yang menyedihkan karena itu akan tambah membuat anda jenuh dan kurang bergairah.

Ciptakan sesuatu yang berbeda di tempat rutinitas anda.
Jika anda adalah seorang pekerja kantor cobalah buat sesuatu yang berbeda di ruang kantor anda misal anda memasang foto keluarga, pemandangan yang anda sukai, atau sebuah aquarium yang berisi ikan-ikan yang anda sukai. Dengan begitu ketika kejenuhan datang ke pikiran anda anda bisa alihkan ke benda-benda itu.

Jangan terlalu bersifat pendiam, hiduplah dalam lingkungan anda.
Ketika anda berada dalam suatu lingkungan tertentu yang di dalamnya berisi orang-orang yang tidak anda kenal, cobalah hidupkan diri anda disana. Ini akan membuat anda merasa fun berada di lingkungan baru. Buatlah sebuah lelucon dan bergaul lah dengan orang-orang sekitar anda. Jangan menjadi seorang pendiam karena itu akan membuat anda jenuh berada disana.

Lakukan gerakan-gerakan kecil, atau pun tindakan yang membuat anda selalu fun.
Salah satu kebiasanku ketika berada di perjalanan adalah dengan menyanyi-nyanyi di jalan bahkan sekeras-kerasnya. Kadang saya menertawakan diri sendiri karena suara yang fals tapi itu cukup membuat diri saya senang berada disana. Walaupun kelihatannya konyol tetapi cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan kejenuhan. Lakukanlah sesuatu yang membuat anda merasa fun seperti menyanyi, bersiul, menyanyi dalam hati, atau mengetuk-ngetukan tangan anda ke meja, dll.

Sesekali Pergilah ke tempat-tempat tertentu untuk sekedar refreshing.
Menurut buku yang saya baca ada rahasia lain di balik kesuksesan para pengusaha teratas dunia yaitu mereka sering berlibur dengan keluarga atau teman. Dengan begitu pikiran akan selalu fun dan membuat dirinya lebih produktif dalam berkarya. Berliburlah sesekali dengan keluarga atau teman-teman anda untuk refreshing.

Buatlah penampilan anda lebih menarik.
Jika dulu anda jarang memperhatikan penampilan anda sekarang cobalah benahi penampilan anda. Gunakan pakaian yang membuat anda merasa percaya diri, gunakan wewangian, dan jagalah kebersihan tubuh anda. Dengan begitu anda akan lebih merasa percaya diri dalam bergaul.

Berpikir positif terhadap apapun yang terjadi.
Tetaplah ambil sisi baiknya ketika anda sedang mengalami sesuatu yang membuat anda marah atau pun kecewa. Anggaplah bahwa itu adalah sebuah pelajaran yang mereka ajarkan untuk anda.  Jika ada seseorang yang memarahi anda anggaplah itu adalah sebuah pelajaran agar anda lebih baik lagi.

Kejenuhan dapat mempengaruhi semangat anda dalam Bekerja, Belajar, dan Berkarya. Jika kejenuhan selalu mengisi hari-hari anda sama saja dengan anda menghiasi hidup dengan kekosongan yang tak berarti. Tetaplah jaga semangat dan gairah anda agar anda menjadi lebih produktif baik dalam bekerja, belajar, maupun berkarya.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.











Rating: 5 Reviewer:Wawan Setiawan - ItemReviewed: Tips Mengatasi Kejenuhan
Read More | comments (2)

About Me

My photo
Subang, Jawa Barat, Indonesia
 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website