Home » » Bangunlah sikap optimis

Bangunlah sikap optimis

Written By Wawan Setiawan on Saturday, July 7, 2012 | 2:05 PM

Tidak ada alasan bagi kita untuk berpikir pesimis. Lihatlah betapa banyak anugerah yang di berikan Tuhan kepada kita. Akal untuk berpikir, telinga untuk mendengar, mata untuk melihat, kaki untuk berjalan dan sebagainya.

Ngomong-ngomong coba deh lihat perbedaan orang sukses dengan diri kita secara fisik. Sudahkah?? Ya. Pada dasarnya sama kan? Mereka punya anggota tubuh layaknya kita. Ga ada satu pun mesin yang menempel di bagian tubuh untuk bisa membuatnya cepat sukses. Mereka punya akal, telinga, mata, tangan, dan kaki. Kita pun sama, right?? Lantas mengapa kita masih juga merendahkan diri sendiri? Asal anda tahu saja ya sikap pesimisme itu sama saja dengan menghina Tuhan. Lho?? Iya. Berarti kita tidak mensyukuri pemberianNya.

Setiap manusia punya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Kekurangan dan kelebihan ini terbentuk seiring berjalannya waktu dari kehidupan kita sehari-hari, baik dari pergaulan, hobi, minat, sampai termotivasi oleh salah seorang tokoh idola. Sebenarnya manusia itu bisa melakukan apa pun dengan sebuah pembelajaran dan keyakinan namun keterbatasan waktu yang ada dalam keseharian menjadikan kita hanya ahli dalam satu atau beberapa bidang saja. Jadi bagimana pun keadaan anda sekarang saya yakin anda punya sebuah kelebihan dalam suatu bidang tertentu dan kelemahan-kelemahan di bidang lainnya. So ayolah "buktikan merahmu!" kata iklan di TV artinya lejitkan potensimu. ;-)

Jangan pernah jadikan kelemahan sebagi penghambat anda dalam melejitkan potensi diri. Maklumi dan akui lah kekurangan kita tersebut dan cobalah untuk memperbaikinya namun tidak untuk mendalaminya. Tetaplah fokus untuk terus mengembangkan kelebihan-kelebihan kita. Bukan berarti kita mengabaikan aspek tertentu tapi berusahalah untuk memperbaiki dan menambah pengetahuan dan skill di bidang lain. Yang terpenting kelemahan itu tidak menjadi hambatan kita dalam mengembangkan potensi diri. Kalau kata teman saya, "Kita sebagai orang yang pintar dan bijaksana harus tahu segala hal meskipun hanya cangkangnya saja".

Salah satu kendala yang menyebabkan kita tidak bisa mengembangkan potensi diri adalah rasa minder atau tidak percaya diri. Rasa minder atau tidak percaya diri ini akan menutup pintu-pintu keberhasilan kita yang mestinya terbuka. Ya sebut saja anda adalah seseorang yang memiliki jenis suara yang bagus dan itu adalah potensi anda. Ketika anda mengikuti sebuah kontes bernyanyi dan tiba-tiba rasa minder dan tidak percaya diri ini datang maka tertutuplah satu pintu, ketika dalam kesempatan lain anda masih juga tidak percaya diri maka tertutuplah pintu kedua dan seterusnya hingga sangat disayangkan potensi itu hanya terbuang dengan sia-sia. Jadi, bangunlah rasa percaya diri itu penting untuk menggapai semua mimpi dan cita-cita anda.

Pada akhirnya hidup ini berkaitan dengan cara pandang kita dalam menyikapi masalah-masalah yang terjadi. Untuk itu tetaplah untuk selalu optimis atau berprasangka positif ketika menemukan masalah-masalah hidup. Jangan jadikan segala kekurangan itu sebagai alasan untuk mencapai kesuksesan hidup anda. Justru karena kekurangan itulah kita harus selalu memperbaiki diri. Jangan pernah merendahkan diri sendiri. Yakinlah anda adalah manusia dengan jutaan potensi yang terpendam dan harus di ledakan. Tetaplah optimis kepada Allah dan semua manusia. Karena dengan berpikir positif semuanya akan terasa indah. Pergaulan akan terasa indah, setiap keadaan selalu indah, dan pada akhirnya setiap proses menuju kesuksesan akan indah hingga mencapai sebuah kebahagiaan hidup di dunia ini. Siap untuk hidup optimis????

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

2 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Seputar Informasi TIK said...

wah.... mantap artikelnya :D
Semoga blognya banyak visitor dan makin sukses ya...

sport said...

keren bangettt ,saya baca nyaa ampe merinding gini :D ,,positif abissss


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website