Home » » Kisah Nyata Anak 6 Tahun yang hidup Sendiri, Hanya ditemani Anjing

Kisah Nyata Anak 6 Tahun yang hidup Sendiri, Hanya ditemani Anjing

Written By Wawan Setiawan on Saturday, January 5, 2013 | 10:59 PM

Kisah Nyata Anak 6 Tahun yang hidup Sendiri, Hanya ditemani Anjing - Di sebuah desa di kaki bukit Gunung Malu, Liuzhou di provinsi Guangxi, China tinggallah seorang anak kecil bernama Ah Long. Dia adalah seorang anak korban pengucilan dari orang-orang sekitar. Kedua orang tuanya telah meninggal pada tahun 2008 dan 2010 karena penyakit AIDS yang diderita keduanya. Ia adalah seorang bocah berumur jagung, usianya masih 6 tahun namun harus rela hidup sendiri tanpa keluarga dan kedua orang tua.

Ah Long dikucilan oleh orang sekitar karena keturunan darah AIDS dari kedua orang tuanya. Kebanyakan orang-orang sekitar takut mendekat dan bersahabat dengannya. Satu-satunya kawan setia Ah Long hanyalah seorang anjing bernama Lao Hei.

Ah Long harus rela menghidupi diri sendiri mulai dari memasak, mencari makanan, memelihara ayam dan lain-lain. Satu-satunya keluarga yang masih ada adalah neneknya yang berusia lanjut berumur 84 tahun. Kadang si nenek datang dan memasakan makanan untuknya namun ia pun tidak mau tinggal bersamanya.

Karena penyakitnya itu, Ah Long sering dikucilkan dari orang sekitar bahkan hampir tidak ada orang yang peduli kepadanya. Pihak sekolah tidak mau menerimanya lagi, bahkan para orang tua murid sepakat akan mencelakainya apabila Ah Long muncul ke sekolah dan bermain dengan anak - anak mereka.

Bahkan dokterpun enggan mengobatinya apabila Ah Long kecil sakit, penderitaan anak itu bertambah ketika Departemen Kesejahteraan juga tidak mau mengurus anak tersebut. Biro sipil setempat menyediakan dana sebesar 70 yuan per bulan atau sekitar Rp. 90.000 perbulan. jumlah ini tidak cukup untuk anak kecil seumur Ah Long untuk hidup. Ah Long menjalani kehidupan sendiri hanya ditemani sahabat setianya anjing yang bernama Lao Hei.

Sejak cerita Ah Long mulai banyak tersiar ke beberapa media, Ah Long mulai mendapatkan banyak perhatian termasuk dari pemerintahan China. Ada juga yang bersimpati dengan Ah Long dengan memberikan pakaian, makanan dan selimut bekas. Juga ada yang memberikan 20 kilogram beras, 5 kilogram mie, dan ada juga yang membawakan dia sebuah surat kabar mingguan untuk mengikuti berita dunia terbaru.

Pemerintah China pun ikut bersimpati dengan ikut membantu mendirikan sebuah rumah amal dikota Liuzhou setuju untuk mengurusnya. Ah Long juga mendapat perhatian dari orang - orang yang baik hati. Ah Long pun dibangunkan rumah baru tepat di sebelah rumahnya yang lama dengan dua kamar tidur, satu ruang keluarga dan satu toilet.

Betapa kerasnya hidup yang dialami oleh Ah Long, dengan umur yang seharusnya masih bermain dengan teman sebayanya, ia harus rela menjalani peliknya kehidupan. Apalagi dengan pengucilan dari orang-orang sekitar. Mungkin dia akan bertanya-tanya, "Apa salahku?. Mengapa kau lakukan semua ini?"

Ah Long adalah korban dari anak yang dilahirkan dengan mengidap HIV yang diturunkan oleh orang tuanya. Semoga engkau selalu tabah menjalani hidup Ah Long. Insya Allah. Tuhan akan selalu melindungimu.

83 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
mas warsito said...

walaupun engkau di kucilkan orang tapi kau tetap semangat. dan satu lagi. selagi ada mulut dan perut yang perlu makan sang pencipta tetap memberikan rejeki/ makan,semoga kau di beri hidayah alloh. tetap semangat ah long...

wahyu said...

salut AH long.
anak seusia itu seharusnya masih dalam pemeliharaan orang tuanya. ini bisa kita buat pelajaran untuk kita dan masa yang akan datang. apakah benar orang yang mengidap AIDS itu harus kita jauhi...?
tetap semangat Ah long!insya Allah, engkau dalam perlindunganNYA.http://www.tripleclicks.com/12147903.

cah gunung blego said...

Burung di udara Tuhan pelihara...... apalagi manusia ...... Doa kami semua untukmu nak.....

Ollie Mamanya Faith said...

Dibalik penderitaanmu, kau sesungguhnya adalah pewarta firman Tuhan..Kau bersaksi bahwa Tuhan selalu memelihara dan menjaga umatnya sekalipun dia hina dimata sesamanya...Doa kami selalu bersamamu, Nak...

Bunda Kiki said...

Allah Lah yg memelihara dan membesarkannya.

nurul kh said...

Allah akan trs bersamamu... wlu dunia mengucilkanmu....
inilah hdup... qt melakukan sesuatu dg tdk melihat resiko apa yg tjd dibelakang...dan seorg anak ini hnya mjd slh satu korban dr kelakuan org tuanya... masuh bnyak lgi dikuar sna yg tk jauh bda.. semoga ini mjd pngalaman bgi kita semua.

Defit Rahmawati said...

Amin YA Allah, semoga Tuhan sll melindungimu, memberi keajaiban kesembuhan kepadamu. Amin allahumma amin.

wahyoe said...

Ah long allah akan selalu menjagamu amin..

Prani Yoga Mupu said...

Selamat malam.
Setelah membaca kisah Ah Long, saya menangis. Sakit hati saya melihat anak kecil tidak berdosa harus menanggung beban hidup yang begitu, bukan, terlalu berat untuk dipikul. Bahkan mungkin kita semua yg ada di sini belum tentu bisa menjalani kehidupan seperti Ah Long. Dikucilkan, kesepian, tidak punya teman, menulis ini pun membuat perasaan saya terasa sakit. "apa yang harus kita lakukan?" hal itu selalu muncul di benak saya tiap melihat posting tentang anak-anak yang terlantar.
Saya harap kita semua bisa setidaknya lebih peduli kepada anak-anak, siapapun anak-anak di luar sana adalah milik kita. Sayangi mereka, berikan mereka perlindungan. Maaf jika ada kata-kata yang salah.
Terimakasih.

Dhetta said...

Ah long, semangatt adekk. :') Tuhan tau kok yang terbaik buat kamuu.

Kirana Dewi said...

Yg sabab yah ahlong semoga tuhan menyembuhkan penyakitmu

alit satria said...

Tanks lao hei

Hendri Poetra said...

ya Allah Beikanlah kemudahan dan berikan Kesembuhan kepadanya biar dunia tau akan kebesaranmu yang tidak pernah bertepi..amin amin yarobbal alami

Arigusti Kombong said...

sedih banget baca kisah Ah Long......yakin dan percaya Tuhan akan selalu menjagamu adik...... trus semangat jalani hidupmu.... GBU a smart boy...

Tiyu Lovanaya said...

Amin.....Ya Allah anak sekecil Ah Long harus menanggung beban dosa kedua orang tua'nya..........seperti Ɣƍ sering ªк̲̣̣υ̲̣ dengar, bukankah ODHA harus diperhatikan dan dirawat dgan kasih sayang......knapa justru ini kebalikannya......bahkan dia masih begitu muda untuk mengerti apa Ɣƍ sedang menimpa'nya..........Allah tidak tidur nak......kuatlah kau menjalani cobaan hidup ini......#Big_Hug

Nick Marlboro said...

Terkadang manusia pun dpt kehilangan kemanusiaanx. ... :(

taecrimo alie said...

Kehed tu dokter, ngapain jadi dokter kalau gak punya rasa kemanusiaan gitu

fariz rigen said...

terharu sekali

Armilia Sari said...

Sedih membaca kisah ini, semoga Tuhan selalu melindungimu dan mencukupkan kebutuhanmu, adek Ah Long, Aamiin... :'(

Christopher Ariadi Nursali said...

Tuhan tidak pernah tidur nak. Kelak kau akan mendapatkan kebahagiaan sejati

reni zegen said...

seandainya ,, kalo kita brada di dekatnya ah long apakah kita bakalan melakukan hal yang sama, menjauhinya karena takut tertular??

abdul mutholib said...

ya alloh engkau maha pemberi segalanya berikanlah kemurahan mu kepada anak kecil yg polos ini...engkau maha pemurah....amin......amin....amin....

abdul mutholib said...

ya alloh engkau maha pemurah...berikanlah kemurahanmu pada anak kecil yg polos ini amin...amin...amin....

Alexander Sianturi said...

Semoga mujijat Tuhan menyembuhkan dan umur panjang.amin

Apa Saja Ada Solusinya said...

Goodbless with you Ah Long...

hasrul RUMI said...

Z secara pribadi kagum dengan yang dialami oleh sibocah 6 tahun ini. Semoga dapat mendapat hidayah dan kesembuhan olehNya.
Amin allahumma Amin

Hery Karundeng said...

Semoga TUHAN selalu besertamu nak.amin

Jutex Lover said...

Ya allah sabarkanlah hati anak kecil ini berikan kesembuhan padanya..

Ahlong sabar nak.allah tidak tdur...
Doa kami selalu mengiringi mu nak mga jdi anak yg berguna bgi bangsa jg agama.

Nur Sujaim said...

Sabar ahlong tuhan bersamamu

Butuhuangpinjaman Denganjaminan said...

pelajaran untuk setiap manusia terutama orangtua jangan ingin senang sendiri hingga anak yang jadi korbannya
www.tempat-pinjamanuang.blogspot.com

Devina Patricia said...

Mirip naruto :3

Think Green said...

Apakah anak menderita ini akan masuk neraka kelak... krn dia bukan seorang muslim...

Kusuma Warsito said...

Makanya jangan sembarangan dengan alat kelamin kalian.

itank js said...

memberikn kita sebuah pelajaran yg sangat berarti,
http://ji-software.com

kimi bijleveld said...

Semoga kelak kau hidup lebih sehat dan bahagia Ah Long

rahmadt badriansyah said...

mungkin kelak kau akan sukses nak :')

dellina said...

Hnya bisa mndo'akn mdh2an allah SWT sllu mlindungi km ahlong.. aamiin

Ismail Lantara Nakku said...

Ah Long adl berita untuk semua org peringatan untuk semua org tua bahwa jagala anak keturunanmu dgn menjaga PRILAKUmu

Ferry Khan Setiawan said...

aku akan menjadi sahabat mu ah long

Sarah Adzra said...

Biar orang mengucilkanmu dan menganggapmu sebelah mata tapi dimata ALLAH km tidak hina.... teruskanlah hdupmu nak smoga kerasnya hidupmu akn mnjadi kesuksesanmu dimasa depan.... AMINYAROB

Laricya Malakian said...

ya ampuuun, kalo bisa gue samperin anak ini. sumpah. peduli apa sama penyakitnya itu. kalo Allah berkehendak, jadilah. kalo Allah tidak mengizinkan kita tertular, insya Allah kita baik baik aja. jaga diri nak :(

veno alliando said...

Semoga slalu dlm lindugan dan berkah rahmad ALLAH ya dek 👼

accaedhi edhi said...

semoga ah long di berikan kesembuhan oleh sang maha pencipta amin

retno wulandari said...

Saampe nangis bacanya...tetep tabah y along..semoga bisa sembuh dari aids..

Nurul Laili Hidayah said...

Pemerintah harus nya mengobati dan melindungi nya bukan malah lepas tangan.... tega amat.....

Akina said...

Kuq dokter jg ikut mengucilkan? Seharusnya mereka tau HIV tdk menular melalui kontak biasa. Ga kasian apa sama anak sekecil ini??? :(

ENGLISH REVOLUTION said...

I am with you

Ucie Ci'luz said...

Setau saya aids menular na bkn segampampang seperti flu misal jabat tangan berdekatan trus tiba2 tertular... tu dokter kayak na juga tau sekolah jg kan itu penyakit spt apa penularn na.. knapa harus takut ikut2an warga mengucilkan na.. klo warga ok. Kita maklum mungkin mereka kurang memahami.. tapi seorang dokter?????
Orang yg mempunya pnyakit hiv/aids tidak perlu dihindari justru yg harus dihindari bkn org na tapi cara penularan na misal sexs bebas, jarum suntik yg tidak seteril,kadang orang salah paham na disitu.. padahal orang yg mengidap aids tu gpp,walopun kita 1 atap skalipun itu tidak menular janji kita berhubungan badan dg na.

heriyanto stikes said...

Ah Long...Tetap semangat nak...Tuhan akan memberikan cerita hidup yang lebih baik daripada orang-orang yang mengucilkanmu...amin...

Park we2t said...

Amiiiiin

Park we2t said...

Amiiiiin

Park we2t said...

Setuju...tuh dokter nembak kali ijazahnya...jd nya goblok..

Park we2t said...

Ah Long...tetap semangat yaaa...Tuhan YME pasti selalu melindungi mu nak..jgn takut yaaa..hidupmu lbh berarti dibandingkan dgn org2 yg sdh mengucilkanmu..

Wergoes Sanusi said...

Berita hoaaxxxx.....lebay...mang di negara china gak da tempat untuk rehab para pengidap aids.......dri alur critanya juga boong...

mixx loversclub said...

Ada hikmah di balik semua itu kawan....... amin...

Arga Raey said...

Insaallah ku do'a kan selalu dalam sholat q kamu AH LONG

Kartika Puspita said...

😭😭 the real naruto..... It's that true??

Eki Vekob said...

Tetep semangat ya ah Long ...

Astia Rafli said...

Anak skecil itu brkelahi dgn wktu dpksa pecahkn karang lmah jarimu trkepal

Charles Paw said...

Mana lembaga penanganan aids seperti yasanto klo di indonesia. disana masa gk ada??? Hrsnya ada untuk mengurus org yg mengidap HIV/aids, bukan dikucilkan...

titin musaroh said...

kenapa harus di kucilkan?/
umur nya masih 6 tahun ..
dia berhak bahagia..
dan yang aku tau penyakit itu tidak tertular jika kita minum satu gelas degan yng punya penyakit ..

semoga ah long di di lindungi ALLAH SWT
semangat ah long .

mutiara selaksa pesona said...

Semangat Ah long..
Tetaplah tersenyum bahagia walau yang lain tak bisa tersenyum untukmu :)

Bambang Hermanto said...

Ya Allah engkau yang maha mengetahui dan yang mempunyai rencana dan yang menentukan. Berikan kebaikan dunia dan akhirat untuk Ah long berikan tempat terbaik di sisimu. Aminnn..

RAIHANAH AZZAHRA said...

Adikqu yg disayang karna ALLAH, "Ah Long".
Sabarlah adikqu. ALLAH senantiasa melindungi & memelihara keberadaan mu. Pertolongan ALLAH selalu ada utk mu.
Setiap makhluk yg tercipta & terlahir sudah memiliki rezki yg dijamin oleh ALLAH.
Keberadaan, keselamatan, kesehatan, rezki & perlindungan terhadap Ah Long bukti keajaiban kebesaran ALLAH, meskipun org org mengucilkan & menjauhinya, sekipun dia hina dimata sesamanya... Dia tetp terpelihara & terjaga dlm lindungan Rahmat ALLAH.
Semua yg terjdi tidak ada yg mustahil bagi ALLAH pemilik alam semesta.
Kita sebgai sesama makhluk ciptaan tuhan seharusnya bijaksana dlm menyikapi keadaan sekitar kita. Pantas & wajarkah kita menghakimi anak kecil yg tak berdosa. Seharusnya kita menjdi org tua asuh yg bijak yg mampu mengayomi jga menyantuninya, yg tidak memiliki org tua jga keluarga. Meskipun dia terlahir dr keluarga/org tua yg mengidap penyakit yg menular bahkan yg mematikan sekalipun tidak sepantasnya kita mengucilkannya.
Dimana kah letak hati nurani kita yg membiarkan dia sebatang kara dlm menjalani hidup...tegakah hati kita membiarkan dia kelaparan...tegakah hati kita membiarkan dia sakit tanpa pertolongan & pengobatan...dia si kecil yg tak berdosa...diapun tidak menginginkan terlahir dlm keadaan seperti itu...dia pun tidak memilih & meminta utk dilahirkan ke dunia...dia adlah si kecil yg tak berdosa.
Pikirkanlah bagaimana bl seandainya hal itu menimpa dirimu????. Kuatkan dirimu??? Mampukan dirimu???
Wahai hati nurani...org dewasa sekalipun blum tentu mampu setegar & sekuat si kecil Ah Long.
Berhentilah utk mengucilkannya...dia adlah si kecil yg tak berdosa... dia adlah bagian dr diri kita sebgai saudara sesama makhluk ciptaan tuhan.
Wahai hati nurani...wahai para hartawan..dia adlah saudara sesama kita, dia adlah si kecil yg tak berdosa.

RAIHANAH AZZAHRA said...

Adikqu yg disayang karna ALLAH, "Ah Long".
Sabarlah adikqu. ALLAH senantiasa melindungi & memelihara keberadaan mu. Pertolongan ALLAH selalu ada utk mu.
Setiap makhluk yg tercipta & terlahir sudah memiliki rezki yg dijamin oleh ALLAH.
Keberadaan, keselamatan, kesehatan, rezki & perlindungan terhadap Ah Long bukti keajaiban kebesaran ALLAH, meskipun org org mengucilkan & menjauhinya, sekipun dia hina dimata sesamanya... Dia tetp terpelihara & terjaga dlm lindungan Rahmat ALLAH.
Semua yg terjdi tidak ada yg mustahil bagi ALLAH pemilik alam semesta.
Kita sebgai sesama makhluk ciptaan tuhan seharusnya bijaksana dlm menyikapi keadaan sekitar kita. Pantas & wajarkah kita menghakimi anak kecil yg tak berdosa. Seharusnya kita menjdi org tua asuh yg bijak yg mampu mengayomi jga menyantuninya, yg tidak memiliki org tua jga keluarga. Meskipun dia terlahir dr keluarga/org tua yg mengidap penyakit yg menular bahkan yg mematikan sekalipun tidak sepantasnya kita mengucilkannya.
Dimana kah letak hati nurani kita yg membiarkan dia sebatang kara dlm menjalani hidup...tegakah hati kita membiarkan dia kelaparan...tegakah hati kita membiarkan dia sakit tanpa pertolongan & pengobatan...dia si kecil yg tak berdosa...diapun tidak menginginkan terlahir dlm keadaan seperti itu...dia pun tidak memilih & meminta utk dilahirkan ke dunia...dia adlah si kecil yg tak berdosa.
Pikirkanlah bagaimana bl seandainya hal itu menimpa dirimu????. Kuatkah dirimu??? Mampukah dirimu???
Wahai hati nurani...org dewasa sekalipun blum tentu mampu setegar & sekuat si kecil Ah Long.
Berhentilah utk mengucilkannya...dia adlah si kecil yg tak berdosa... dia adlah bagian dr diri kita sebgai saudara sesama makhluk ciptaan tuhan.
Wahai hati nurani...wahai para hartawan..dia adlah saudara sesama kita, dia adlah si kecil yg tak berdosa.

RAIHANAH AZZAHRA said...

Adikqu yg disayang karna ALLAH, "Ah Long".
Sabarlah adikqu. ALLAH senantiasa melindungi & memelihara keberadaan mu. Pertolongan ALLAH selalu ada utk mu.
Setiap makhluk yg tercipta & terlahir sudah memiliki rezki yg dijamin oleh ALLAH.
Keberadaan, keselamatan, kesehatan, rezki & perlindungan terhadap Ah Long bukti keajaiban kebesaran ALLAH, meskipun org org mengucilkan & menjauhinya, sekipun dia hina dimata sesamanya... Dia tetp terpelihara & terjaga dlm lindungan Rahmat ALLAH.
Semua yg terjdi tidak ada yg mustahil bagi ALLAH pemilik alam semesta.
Kita sebgai sesama makhluk ciptaan tuhan seharusnya bijaksana dlm menyikapi keadaan sekitar kita. Pantas & wajarkah kita menghakimi anak kecil yg tak berdosa. Seharusnya kita menjdi org tua asuh yg bijak yg mampu mengayomi jga menyantuninya, yg tidak memiliki org tua jga keluarga. Meskipun dia terlahir dr keluarga/org tua yg mengidap penyakit yg menular bahkan yg mematikan sekalipun tidak sepantasnya kita mengucilkannya.
Dimana kah letak hati nurani kita yg membiarkan dia sebatang kara dlm menjalani hidup...tegakah hati kita membiarkan dia kelaparan...tegakah hati kita membiarkan dia sakit tanpa pertolongan & pengobatan...dia si kecil yg tak berdosa...diapun tidak menginginkan terlahir dlm keadaan seperti itu...dia pun tidak memilih & meminta utk dilahirkan ke dunia...dia adlah si kecil yg tak berdosa.
Pikirkanlah bagaimana bl seandainya hal itu menimpa dirimu????. Kuatkah dirimu??? Mampukah dirimu???
Wahai hati nurani...org dewasa sekalipun blum tentu mampu setegar & sekuat si kecil Ah Long.
Berhentilah utk mengucilkannya...dia adlah si kecil yg tak berdosa... dia adlah bagian dr diri kita sebgai saudara sesama makhluk ciptaan tuhan.
Wahai hati nurani...wahai para hartawan..dia adlah saudara sesama kita, dia adlah si kecil yg tak berdosa.

RAIHANAH AZZAHRA said...

Adikqu yg disayang karna ALLAH, "Ah Long".
Sabarlah adikqu. ALLAH senantiasa melindungi & memelihara keberadaan mu. Pertolongan ALLAH selalu ada utk mu.
Setiap makhluk yg tercipta & terlahir sudah memiliki rezki yg dijamin oleh ALLAH.
Keberadaan, keselamatan, kesehatan, rezki & perlindungan terhadap Ah Long bukti keajaiban kebesaran ALLAH, meskipun org org mengucilkan & menjauhinya, sekipun dia hina dimata sesamanya... Dia tetp terpelihara & terjaga dlm lindungan Rahmat ALLAH.
Semua yg terjdi tidak ada yg mustahil bagi ALLAH pemilik alam semesta.
Kita sebgai sesama makhluk ciptaan tuhan seharusnya bijaksana dlm menyikapi keadaan sekitar kita. Pantas & wajarkah kita menghakimi anak kecil yg tak berdosa. Seharusnya kita menjdi org tua asuh yg bijak yg mampu mengayomi jga menyantuninya, yg tidak memiliki org tua jga keluarga. Meskipun dia terlahir dr keluarga/org tua yg mengidap penyakit yg menular bahkan yg mematikan sekalipun tidak sepantasnya kita mengucilkannya.
Dimana kah letak hati nurani kita yg membiarkan dia sebatang kara dlm menjalani hidup...tegakah hati kita membiarkan dia kelaparan...tegakah hati kita membiarkan dia sakit tanpa pertolongan & pengobatan...dia si kecil yg tak berdosa...diapun tidak menginginkan terlahir dlm keadaan seperti itu...dia pun tidak memilih & meminta utk dilahirkan ke dunia...dia adlah si kecil yg tak berdosa.
Pikirkanlah bagaimana bl seandainya hal itu menimpa dirimu????. Kuatkah dirimu??? Mampukah dirimu???
Wahai hati nurani...org dewasa sekalipun blum tentu mampu setegar & sekuat si kecil Ah Long.
Berhentilah utk mengucilkannya...dia adlah si kecil yg tak berdosa... dia adlah bagian dr diri kita sebgai saudara sesama makhluk ciptaan tuhan.
Wahai hati nurani...wahai para hartawan..dia adlah saudara sesama kita, dia adlah si kecil yg tak berdosa.

Kitaguchi said...

Ada yang tahu bagaimana cara menghubungi dia untuk anak ini diadopsi.

ito Kasmirin said...

Ya Allah arrahmanirrahim.

Albar Sawa said...

Semoga Allah mencurahkan kasih sayangNya untuk anak ini,serta menunjukkan jalan kemuliaan.. Aamiin

L. Ria said...

Ya Allah berkahilah anak itu ��

yogi permadi said...

Jangan sembarangan berprasangka...siapa tau orang tua nya terkena hiv dari donor darah atau jarum infus atau kontak darah akibat luka luar terbuka...hiv tidak selalu identik dengan sex bebas...open your mind sir...

Dewi Fitri said...

Saya dr lsm hiv..selama sy bekerja ini lah yg terjadi tdk hanya di china kehidupan di indo pun adavyg sep ini..jd tolong sy minta kpd yg merasa org tua atau yg mau menikah dn mempunyai anak klu anda merasa pasangan beresiko terutama laki2 banyak ydk pernah mau bilangdgn istri nya klu dia terkena hiv klu maunmati br bilang..jd saran saya cek hiv sejak dini jgn sampai anak yg jd korban kasihan krn anak ber hak melanjut kan hidup nya dn sebagai istri jgn terlalu percaya terhadap pasangan nya cek lah diri kalian tes hiv di rs terdekat di carolus pun gratis terimakasih

Ashgu Ashton said...

Ah Long lebih membutuhkan kasih sayang dari orang2 di sekitarnya dari pada tempat tinggal. Ah Long lebih membutuhkan pelukan hangat dari seseorang daripada selimut hangat di saat dingin, AhLong lebih butuhkan teman2 yang mau menemaninya bermain daripada mainan yg dimainkan sendiri.Ahlong lebih mmbutuhkan orang Tua yang mau mengasuhnya dan menyayanginya dengan segenap hati, daripada segala macam respon simpatik netizen dan segala macam perhatian dan pemberian deprtment sosial.

asmi lovely said...

Ya allah berilha anak ini kesehatan dan ketabahan dlm menjalani hidupx yang sendiri tampa orang yg menyangix..sabar nak allah menjagamu dn melindungimu setiap langkahmu..smoga ada mukjizat dr allah buat km nak....amin..

breks.blog said...

Kebutaan tentang penyakit ini lah yg membikin fenomena itu terjadi... seharusnya si ah long di cek apakah dia mengidap penyakit itu ...

Dewi Gusrianti said...

Semangatt anak sayangg,Tuhan tidak tidur,DIA pasti selalu ada untuk menjaga dan memeliharamu,duuhh menangis baca artikel ini karena saya juga punya seorang putra ({}) .Terima kasih buat yang share artikel ini.

albar sagero said...

Terharu membacanya,anak sekecil ah Long yg sepatutnya menikmati masa msa bermainnya hrus menanggung beban dari kesalahan orang tuanya.

septian agata said...

Sumpah.. saya terharu baca artikel ini. Izin dhre kak...

Hermanto Rosma said...

Semoga kamma baik selalu menyertaimu.

diah wulandari said...

Terima kasih untuk informasinya Gan, salam kenal ya...
Software Pulsa PPOB | Software Server Pulsa | Software Pulsa Murah | Pulsa Elektrik Murah | Pulsa Murah | Pulsa PPOB Murah

cchiupyt upyt said...

Baca aja bikin mewek,apalagi kalau liat langsung.anak kecil yang tak bersalh tapi semuanya menganggapnya menjijikan dan menakutkan.masyaAllah,dia manusia mulia yang harus dibantu yang harus disayngi yng harus diperhatikan. Semoga Tuhan selalu memberikan kemudahan kesabaran ya nak..jadilah anak yang kuat,buktikan kalau kamu lebih dari orang yang menghinamu..amiiiin

ahmad alfarizi said...

Semoga sehat selalu ya dek.
Amin ya robbal aalamin.
Salam.


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website