Home » » Cara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Pen Tool)

Cara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Pen Tool)

Written By Wawan Setiawan on Thursday, January 19, 2012 | 4:04 PM

Apa kabar teman-teman semua?
Pada postingan kemarin aye udah membahas tentang cara mengganti Background Photo menggunakan Lasso Tool. Nah kali ini aye mau share ilmu tentang cara mengganti background foto menggunakan Pen Tool. Orang-orang menggunakan ini biasanya untuk foto KTP, SKCK, Surat Kawin, Surat Nikah, Surat Cinta, hehehe.
Caranya cukup mudah. Tidak membutuhkan ketelitian yang amat mendalam juga gak bikin kepala temen-temen semua botak kaya professor. Kuncinya adalah rileks dan tenang dan tetap berkepala dingin kalo perlu letakan bongkahan es batu di atas kepala temen-temen. hehehe (bercanda kok).
Ok langsung aja ya.
Pertama Buka aplikasi Photoshop klik File > Open atau Ctrl+O pilih gambar yang mau di edit backgroundnya.
(aye menggunakan foto om gofur si raja gombal dari kota binjai. hehehe (yang merasa jangan tersungging ya eh tersinggung)).


Setelah itu klik dua kali pada Layer Background.
Akan muncul perintah seperti di bawah ini lalu isi nama layer bebas apa saja.
Lalu buat new layer, biasanya berada di sebelah kanan bawah seperti di bawah ini.
Kemudian seleksi area dengan menggunakan Pen Tool.
Gunakan Navigator untuk memperkecil dan memperbesar gambar supaya lebih detail dalam menyeleksi area.
Seleksi semua area, setelah semua terseleksi maka akan nampak sebuah garis kecil di sekeliling foto.
kemudian klik kanan pada area seleksi dan klik Make Selection.
Setelah area terseleksi sekarang mari kita delete bagian backgroundnya caranya dengan klik Select > Inverse atau Ctrl+Shift+I kemudian tekan Delete.
Hasilnya background akan ter-Delete untuk menonaktifkan seleksi area klik kanan klik Deselect atau Ctrl+D.
Horeeee.. background gambar udah dihapus sekarang tinggal membuat background warnanya.
Untuk memberi warna pada backgroundnya pertama-tama klik dulu layernya ke Layer 1.
Kemudian warnai dengan Paint Bucket Tool
Taraaammmm, akhirnya selesai juga.
(Eitss belum mari kita lihat dan rapihin dulu bagian-bagian tertentu)
Sebelumnya Layernya pada layer foto ya.
Bersihlan secara pelan bagian-bagian tertentu menggunakan Erase Tool.
Setelah semua bagian di rapihkan akhirnya saat-saat yang menegangkan akan segera tiba.
1..2...
3.
Taraaammm... Inilah hasilnya. hehehe
Selanjutnya tinggal di Save as beri nama dan klik ok.
SELAMAT MENCOBA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

1 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Bagus said...

thank's tutornya,


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website