Home » » Tips Agar Hidup Tenang dan Bahagia

Tips Agar Hidup Tenang dan Bahagia

Written By Wawan Setiawan on Friday, September 7, 2012 | 4:55 AM

Ada yang bilang hidup adalah tempatnya masalah. Setiap waktu kita menghadapi berbagai tantangan hidup mulai dari yang kecil sampai yang besar. Silih bergantinya tantangan hidup pulalah yang dapat menjadikan diri kita lebih baik karena setiap masalah pasti terdapat sebuah pelajaran yang bisa kita ambil. Kesabaran dan ketenangan ketika menghadapi masalah bisa membuat kita selalu tegar menghadapi berbagai arus kehidupan yang tak henti melanda kehidupan ini. Sehingga bisa memupuk kebahagiaan di balik semua itu.

Untuk bisa mencapai tahapan itu tentunya tidaklah mudah apalagi jika kita memiliki kebiasaan tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu hal. Kita harus bisa mengontrol pikiran dan perasaan kita ketika masalah datang. Hadapilah semuanya dengan tenang. Allah mencintai orang yang berkepribadian tenang dan sebaliknya tidak suka kepada orang yang selalu tergesa-gesa.

Berikut adalah beberapa tips agar hidup selalu tenang dan bahagia :

1. Luangkan waktu untuk berpikir tenang dan rileks.
Luangkanlah waktu untuk mengistirahatkan pikiran anda. Mengistirahatkan pikiran disini bukan diartikan dengan tidur tetapi mengistirahatkan pikiran dalam keadaan kita sedang sadar. Cobalah luangkan waktu sekitar 20-30 menit untuk berpikir dengan tenang dan rileks. Lepaskan semua pikiran-pikiran negatif anda. Lakukan dengan posisi duduk, lebih baik lagi jika di dahului shalat yang khusyuk.

2. Membantu orang lain.
Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang sering membantu dan bercengkramah dengan orang lain lebih memiliki kehidupan yang tenang dan bahagia. Penelitian ini di lakukan di Michigan, Amerika Serikat. Mereka yang aktif dalam kegiatan sosialisasi di luar rumah ternyata lebih memiliki kehidupan yang bahagia.

3. Tertawa.
Pribadi yang humoris adalah salah satu yang membuat hidup lebih berwarna. Karena dengan tertawa berarti kita telah menghilangkan kecemasan, kemarahan, dan depresi. Untuk itu, jangan kecutkan wajah anda pada orang-orang sekitar. Berilah senyum kepada mereka dan bersenda guraulah. Rasulullah juga sering bersenda gurau ketika bertemu dengan para sahabatnya.

4. Jaga keseimbangan antara ruhani, akal, dan jasmani
Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, memiliki 3 unsur yaitu jasad, akal dan ruh. Dimana 3 unsur ini harus diberi asupan yang seimbang. Jasad diberi makan yang halal dan baik. Akal selalu diasah dengan ilmu dan pengetahuan. Ruh pun harus senantiasa disiram agar senantiasa bersinar cemerlang, hati yang selalu bisa menerima kebenaran yang datang dari Allah SWT dengan senantiasa mendekatkan diri kepadaNya.

5. Hindari perasaan takut dan khawatir
Perasaan takut dan khawatir yang berlebihan akan membuat hidup kita menjadi tidak produktif. Percaya dirilah dengan kemampuan anda, hindari kecemasan dan ketakutan anda. Percayalah semua masalah pasti bisa anda selesaikan. Apapun itu.

6. Jagalah penampilan anda.
Ada yang bilang bahwa penampilan yang tampak dari luar seseorang mencerminkan kepribadian orang itu. Menurut saya itu ada benarnya. Ketika ketika menjaga kebersihan dan keindahan penampilan kita maka secara tidaklangsung akan menghasilkan sebuah kepercayaan diri sebagai modal untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Semoga tips di atas bermanfaat.

3 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Berbagi Informasi said...

Tips yang bermanfaat gan. ;)

majalah siantar said...

makasih info dari postingnya gan, kunjungan balik ini..

semoga bermanfaat bagi pembaca lainnya, salam kenal dari admin Majalah Siantar

:)

Sewa Motor Jogja 081213359726 said...

yingyang jaga keseimbangan jasmani dan rohani. saya sangat setuju


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website