Home » » Kisah Inspiratif Seekor Belalang

Kisah Inspiratif Seekor Belalang

Written By Wawan Setiawan on Saturday, September 29, 2012 | 8:46 AM

Alkisah ada seekor belalang yang baru saja terbebas dari sebuah kotak yang telah lama mengurungnya selama beberapa waktu. Dengan perasaan gembira, belalang itu lantas terbang dan meloncat kesana-sini. "Sudah sangat lama aku tidak merasakan bebasnya udara alam ini" kata belalang.

Di tengah jalan ia bertemu dengan kawannya yang lain, sontak ia merasa kaget karena kawannya itu bisa terbang dan meloncat dengan sangat tinggi jauh di atas kemampuan dirinya. Melihat hal ini, lantas belalang itu mengejar kawannya dengan susah payah.

Setelah berhasil mengejar, belalang itu berkata kepada kawan belalangnya, "hey kawanku, mengapa engkau bisa terbang dan meloncat setinggi itu?". Kemudian kawannya berkata, "kita semua para belalang bisa melakukan apa yang aku lakukan tadi, kamunya saja yang tidak bisa seperti kita. Lihatlah kawan kita disana (sambil menunjukan kearah kerumunan para belalang yang sedang lalu lalang). Kejadian apa yang terjadi padamu wahai kawanku?". "Dahulu selama beberapa waktu saya terkurung dan terjerat di sebuah kotak". Kata belalang itu. "Ayolah ikutlah bersama kami, kau ini bangsa belalang, jadi kau pasti bisa seperti kami malah bisa meloncat dan terbang lebih tinggi daripada kami semua". Kata kawan belalang.

Setelah beberapa waktu ikut gabung bersama kelompok belalang yang lain, akhirnya belalang itu pun bisa moloncat dan terbang bahkan lebih tinggi dari kawannya. Ini semua berkat usaha dan kerja keras yang belalang itu lakukan untuk bisa menjadi seperti belalang yang lain.

Pesan Moral

Terkadang manusia memiliki situasi seperti yang belalang malang itu alami. Kita terjebak di dalam sebuah kotak. Karena keterbatasannya dalam bergerak, meloncat, dan terbang karena berada dalam sempitnya kotak menjadi salah satu penyebab kemampuan diri yang lebih rendah dari orang  lain. Kita tidak bisa meloncat dan terbang lebih tinggi.

Yang harus kita lakukan adalah membebaskan diri dari kotak itu. Kotak itu berupa lingkungan yang buruk, kegagalan-kegagalan hidup, dan hinaan-hinaan dari orang lain. Kita harus bergerak keluar dan mencari sang belalang yang bisa meloncat tinggi, belajar darinya dan terus berusaha serta bekerja keras menjadi seperti belalang yang meloncat dan terbang tinggi di angkasa. Jangan pernah berhenti sampai kita menjadi seorang yang kita inginkan.

Semoga kisah seekor belalang ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi sobat semua.
Salam sukses.

2 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Setiawan Arrahman said...

kisah yang sungguh inspiratif.

Anonymous said...

Tulisannya sangat bermanfaat dan memberikan semangat.Trimakasih banyak.:)


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website