Home » » Rahasia Sukses Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)

Rahasia Sukses Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)

Written By Wawan Setiawan on Sunday, September 2, 2012 | 8:42 PM


Facebook adalah salah satu jejaring sosial paling fenomenal yang paling banyak di bicarakan di seluruh dunia. Kehadirannya membuat beberapa jejaring sosial pendahulunya seperti friendster nampak kewalahan menghadapi sepak terjang si Mark Zuckerberg ini. Terbukti sekarang sejak Facebook menguasai dunia maya pengaruhnya sangat kental dalam kehidupan masyarakat. Dan dalam beberapa kasus terbukti facebook telah menjadi alat komunikasi dan promosi yang cukup efektif dan terpercaya. Banyak dari mereka seperti penyanyi, artis, perusahaan, organisasi, serta lembaga menggunakan facebook sebagai media promosi atau melebarkan namanya.

Salah satu buku yang mengungkapkan Rahasia sukses Mark Zuckerberg dalam bukunya The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That is Connecting the World karya David Kirkpatrick. Mengungkapkan pandangan kepada orang-orang tentang sesuatu yang dapat kita pelajari dari milyarder berusia 27 tahun yang sukses secara ajaib ini.

Berikut adalah beberapa kunci sukses Mark Zuckerberg menurut David Kirkpatrick :

1. Percaya Diri

Banyak dari orang-orang sekitar dan teman kampus yang menganggap Zuckerberg sebagai orang yang sombong. Padahal tidaklah demikian. "Zuckerberg memiliki keyakinan yang luar biasa bahwa ia bisa membuat mimpinya menjadi kenyataan," kata Kirkpatrick. 

"Tidak mungkin untuk meremehkan sejauh mana yang merupakan pusat keberhasilannya Dia selalu tahu dia akan membuat dampak besar pada masyarakat.."Zuckerberg tidaklah sombong tapi ia sangat percaya diri" lanjutnya.

2. Tidak harus membuat hasil yang sempurna tapi kerjakanlah yang ada.

Menurut Zuckerberg sesuatu itidak harus terlebih dahulu menghasilkan hasil yang sempurna tapi kerjakanlah dulu yang ada. Jangan pernah takut akan kegagalan. 

Bagi Zuckerberg kesalahan itu di buat manusia dan satu hal yang pasti kita bisa mengubahnya. Kesalahan akan menjadikan seseorang sangat sukses. Baginya kegagalan tidak akan membuat dirinya mengeluh justru sebaliknya ia harus belajar dari kesalahan-kesalahan. Cobalah kerjakan dulu yang ada.

3. Tanamkan Visi dan hilangkan keraguan

"Waktu terus berjalan, pada awalnya banyak orang yang menganggap bahwa Zuckerberg akan gagal dalam bisnisnya tapi ia sungguh keras kepala. Dia tetap teguh dalam pendiriannya." Kata Kitpatrick

Dia selalu memiliki visi bahwa situsnya (Facebook) akan lebih dari sekedar jaringan sosial yang di buat oleh seorang mahasiswa, bahkan banyak orang-orang di perusahaan meremehkan ambisinya.

"Keyakinan itu diuji pada tahun 2006 ketika Yahoo menawarkan $ 1 miliar untuk membeli situsnya (Facebook). Namun Zuckerberg menolaknya sehingga Facebook bisa mencapai tujuan utamanya," kata Kirkpatrick.


Hari ini situs, yang akhirnya membentuk sebuah interaksi sosial terbesar di seluruh dunia, mempunyai lebih dari 800 juta pengguna aktif, dan nilai IPO perusahaannya sekitar $ 100 miliar.

4. Human Relationship adalah Tongkatnya

Mark Zuckerberg adalah seseorang yang sangat menghargai hubungan antar manusia.  "Dia menempatkan prioritas yang tinggi pada kualitas hubungan dia dengan orang sekitarnya. Ia percaya sebuah kekuatan dari human relationship, dan ini adalah alasan pertama dia menciptakan Facebook.


 "Zuckerberg berpendapat bahwa "membantu orang lain mengaktualisasikan keinginan dan harapan mereka merupakan pusat bagaimana dunia berubah dan merupakan bagian integral dari usaha yang sukses karena sebuah human relationship", kata Kirkpatrick. 

5. Hidup sederhana

Zuckerberg tidak terlahir dari seorang keluarga yang kaya, sekarang pun walaupun ia sudah menjadi seorang miliarder. Ia tinggal di sebuah apartemen sewaan di dekat markas facebooknya di Menlo Park, California.

"Dia tidak pernah berlebihan, dia tidak boros dalam menggunakan uangnya". kata Kirkpatrick.

6. Ikuti Gairah Anda - Bukan Uang 

"Ini bukan sebuah kebetulan bahwa beberapa orang yang paling sukses dalam kehidupannya, seperti Warren Buffet dan Steve Jobs, tidak pernah termotivasi oleh sebuah prospek kekayaan, Zuckerberg juga salah satunya," Kirkpatrick kata. 
"Ikuti kebahagiaan Anda," katanya. Bahkan jika Anda tidak berakhir membuat uang, Anda akan melakukan apa yang Anda sukai.
Kebahagiaan Zuckerberg adalah ketika dia menulis kode dan menemukan cara baru untuk membantu orang terhubung satu sama lain. Facebook dibangun untuk "menyelesaikan misi sosial ini untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung," tulis Zuckerberg dalam surat kepada calon investor.
Kesuksesan finansial dapat mengalir dari mengikuti kebahagiaan Anda. Tapi bagi Zuckerberg, Kirkpatrick menegaskan, "ini bukan tentang uang namun ia melakukannya untuk uang, jika tidak ia sudah menjual situsnya tahun yang lalu."
 

(* Dikutip dari Daily Finance) 




6 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Berbagi info said...

Pelajaran yang sungguh luar biasa dari om Zuckerberg.

Eko Budis Santoso said...

wih sangat bermanfaat :)

Follow saya sob http://share4rt.blogspot.com Nanti saya folback . jangan lupa komentar balik di blog saya yaaa :)

Eko Budis Santoso said...

Sama tukeran link sekalian :)

Jefferly said...

wahh harus banyak belajar nih dari Kak Zuckerberg.

inspirasi mulia said...

ceritanya sangat inspiratif!

ingin tahu lebih banyak tentang kisah2 inspiratif dan sukses lainnya ?
kunjungi blog kami ya http://inspirasisuksesmulia.blogspot.com/

ludfiansyah bandung said...

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya,Raih Rp.7 Juta dalam 7 hari hanya dengan mengkampanyekan menanam pohon secara online
http://goo.gl/GceX9Y


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website