Home » » Kesuksesan Hidup

Kesuksesan Hidup

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, September 25, 2012 | 11:03 AM

Banyak di antara kita yang hidup dalam bayangan hawa nafsu belaka. Kita sibuk mengumpulkan harta bahkan kadang iri hati ketika melihat orang lain memiliki materi yang lebih. Kesuksesan hidup dalam pikiran kita hanyalah rumah mewah, mobil mewah, gadget modern, dan ingin di pandang orang. Padahal ianya bukanlah tujuan sesungguhnya dari misi kehidupan. Kita lupa bahwa kebahagiaan hidup adalah berbuat baik, peduli dan bermanfaat bagi orang lain serta mencari keridhaanNya semata.

Materi bukanlah tujuan hidup tetapi sebuah alat supaya hidup lebih baik sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. Banyak di antara masyarakat kita yang sering menganggap kesuksesan orang dari berapa banyak materi yang ia miliki bukan dari kontribusi apa yang telah ia lakukan untuk kebaikan bersama. Sehingga tidak heran, masyarakat kita berlomba-lomba membeli barang-barang mewah tanpa tahu untuk apa barang itu di beli. Karena tujuannya tidak lebih agar di pandang orang lain.

Agama tidak melarang kita untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya justru sebaliknya agama menganjurkan kita agar kita hidup kaya. Seperti sebuah sabda Rasullulah, "Sesungguhnya fakir itu lebih dekat dengan kafir". Artinya Rasullulah ingin agar semua umatnya kaya. Karena dengan kekayaan itu kita bisa berbuat banyak untuk agama, mendirikan sarana umat, bersedekah, serta membantu orang lain. Namun yang terjadi di masyarakat kita justru sebaliknya. Tujan kaya nya saja sudah bukan untuk kebaikan orang lain tapi untuk kebaikan diri sendiri dan tidak sedikit pula yang mengabaikan hak orang lain demi sebuah kekayaan. Ya, korupsi contohnya.

Yang lebih ironisnya lagi nih, masyarakat kita lebih suka bergaya hidup mewah, misal punya barang mewah seperti gadget keren tapi tidak memberikan manfaat apa pun untuk hidupnya malah justru bisa menguras dompetnya. Sebenarnya, mempunyai mobil, gadget keren, gitar mahal dan lain-lain itu bisa jadi barang mewah dan bisa juga menjadi sebuah kebutuhan primer. Misal, untuk seorang pengusaha, adalah sebuah kebutuhan memiliki sebuah mobil dan sebuah smartphone, karena ia memang membutuhkan semua itu untuk kemajuan bisnisnya. sebaliknya untuk seorang petani, memiliki mobil dan gadget keren bukan sebuah keharusan. Tapi inilah fakta yang terjadi di negara kita. ;-)

Kesuksesan hidup bukanlah sesuatu yang harus dipandang oleh orang lain tetapi sesuatu yang memberikan manfaat untuk orang lain. Hidup kaya disamping juga bisa membantu mencukupi kehidupan orang lain. Itu lah orang kaya sesungguhnya. Kaya dan mengayakan orang lain. ;-)

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

2 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Visit Indonesia said...

Great post, want to know about your country??
Visit me back.

CECE HERCAHYA said...

satuju lah


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website