Home » » Rahasia Sukses Pendiri Google (Larry Page dan Sergey Brin)

Rahasia Sukses Pendiri Google (Larry Page dan Sergey Brin)

Written By Wawan Setiawan on Wednesday, September 12, 2012 | 10:38 PM

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas di internet tentu sudah tidak asing lagi dengan nama situs 'Google'. Ya, google adalah salah satu situs mesin pencari informasi di internet yang paling banyak dipakai di dunia. Kecanggihan mesin pencari ini memungkinkan anda untuk mendapatkan sumber informasi apapun di seluruh dunia dengan hanya mengetikan sebuah kata kunci maka secara otomatis google akan menampilkan ribuan bahkan jutaan hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Pernahkah anda berfikir siapa sih orang yang telah berhasil membuat mesin canggih yang luar biasa tersebut. Situs Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Dengan bantuan finansial dari Andreas Bechtolsheim (pendiri Sun Microsystems). Google telah sangat berhasil mengorganisir informasi-informasi di seluruh dunia dan membuatnya mudah diakses secara universal dan berguna. Apa sih rahasia suksesnya?

1. Bapaknya Mesin Pencari
Google telah menjadi pemimpin dalam hal banyaknya jumlah sumber informasi yang dihasilkan per pencarian, relevansi kecepatan, dan dari hasil pencarian. Parameter-parameter ini sangatlah penting untuk keberhasilan setiap mesin pencari dan Google telah mengungguli para pesaingnya dengan cara yang unik.

2. Tekhnologi Canggih dan Unik
Teknologi adalah tulang punggung dan kekuatan dari setiap perusahaan jasa berbasis web. Keunikan dan tekhnologi yang sulit di tiru adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi keberhasilan aplikasi teknologi . Google telah menguasai faktor-faktor ini. Populer Google 'Page Rank Algoritma' tak tertandingi dalam konteks mesin pencari mana pun dalam urusan memproduksi hasil yang merupakan bagian integral dan independen.

3. Inovatif
Sudut pandang google rupanya menyoroti seluruh aspek kehidupan manusia. Lihat saja produk-produk milik google mulai dari Gmail sebagai penyedia Email, Google Maps sebagai peta dunia yang mudah di akses, Youtube, Blogger, Business Suite, Google News, Google Translate, Google Books, Google Adsense, Google Adwords, dan masih banyak lagi. Faktor inilah yang membuat Google tetap menjadi raja dalam berbagai perkembangan situs search Engine manapun. Google tahu kebutuhan masyarakat dan kemudian menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang terbukti membuat Google lebih baik di banding search Engine manapun.

4. Model Bisnis yang Luar Biasa
Google memiliki model bisnis yang unik di mana 99% dari pendapatan yang dihasilkan dari iklan. Jika anda melihat situs Facebook dan Yahoo yang dipenuhi banyak iklan sebagai sumber pendapatannya maka tidak demikian dengan Google. Lihat saja situsnya. Bersih dari iklan-iklan kan? Itulah hebatnya Google, alih-alih menerbitkan iklan di situsnya Google malah mencari cara agar iklan-iklannya berada di situs orang lain dan cara ini terbukti berhasil. Google Adsense lah rahasianya. Jika anda seorang Blogger pasti tahu akan yang satu ini. Semua blogger ingin supaya Iklan-iklan Google berada di situsnya. Hebat kan??

5. Kualitas Sumber Daya Manusia
"Anda akan lebih mudah untuk masuk CIA daripada Google" salah satu lelucon orang barat. Artinya untuk masuk sebagai karyawan Google aja minimal anda harus ber IQ 160 (ya harus jenius lah kasarnya). Hanya orang-orang hebatlah yang berhak mengelola situs ini. Wowwhhh. Hebat.

6. Mengutamakan Kesejahteraan Karyawan
Wajarlah jika untuk masuk menjadi karyawan Google adalah sesuatu yang sulit. Betapa tidak, ketika kita sudah menjadi karyawan tetap di Google ada banyak sekali fasilitas menggiurkan yang bisa kita nikmati seperti dry cleaning, salon kecantikan mewah pria & wanita, layanan laundry, panti pijat, gym, santapan mewah setiap hari, dan layanan antar-jemput dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang tersedia hanya untuk karyawan Google. Hal ini dibuat Google supaya menjadi karyawan-karyawan lebih berdedikasi dan berkomitmen dalam pekerjaannya.

7. Memberdayakan Kreatifitas Karyawan
Fakta bahwa kreativitas hanya dapat dipelihara ketika seorang terbebas dari tekanan dan tidak bisa dipaksa keluar dari seorang individu. Google tahu betul akan hal ini. Dan terobosannya adalah, Google akan membayar lebih 20% karyawan yang dapat mengabdikan untuk proyek-proyek mereka sendiri seperti hewan peliharaan dan sebuah penelitian. Dan hasil dari kreativitas tersebut dapat dilihat dalam bentuk 'Google News'.

8. Kepemimpinan
Sejak Eric Schmidt bergabung dengan Google sebagai CEO dan Chairman pada tahun 2001, Google telah berkembang pesat di bawah kepemimpinannya. Kepemimpinan yang baik merupakan faktor yang sangat diperlukan bagi keberhasilan setiap perusahaan.

9. Tanggap Terhadap Perubahan 
Dengan peluncuran produk seperti Gmail, Google news, peta Google, Android, Orkut, Youtube, dan Google bisnis suite, Google telah menunjukkan adaptasi yang terkandung di dalamnya dengan perubahan kebutuhan dan lingkungan.

10. Membuat Penggunanya Ketagihan
Tidak seperti para pesaingnya, Google website yang lebih user-friendly, bebas kekacauan dan tanpa ada banner-banner iklan yang menjengkelkan. Ini menciptakan sebuah daya banding yang bersahaja dan pengalaman yang kaya yang membuat pengguna membuat ingin kembali menggunakannya lagi dan lagi.

Selain ini, alat-alat seperti Google Flu tren Google, Google PowerMeter dan kegiatan filantropi lainnya terus-menerus dilakukan oleh Google dan telah membantu dalam membangun citra dan keberhasilan merek global.

References:
http://www.google.co.in/intl/en/corporate/
 

4 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
wall rush said...

i like

Wawan Setiawan said...

@Wall rush : Thanks, ;-)

Majalah Siantar said...

wah, jadi pengen gabung ke Google nih gan, hehe.



kunjungan balik dari admin Majalah Siantar gan,
happy blogging.

:)

muchammad syafiq said...

thanks ye


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website