Home » » Kunci sukses dalam berorganisasi

Kunci sukses dalam berorganisasi

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, March 27, 2012 | 8:02 AM

Organisasi adalah salah satu aspek penunjang kesuksesan seseorang atau sebuah perusahaan. Untuk itu butuh keahlian khusus dalam me-manage sebuah organisasi agar organisasi tersebut bisa tumbuh dan menjadi kekuatan dalam menunjang keberhasilannya. Peran seorang pemimpin sangat menentukan bagi kemajuan sebuah organisasi. Kepemimpinan yang bagus juga akan berimbas pada kinerja anggota yang bagus dan sebaliknya pemimpin yang kurang bagus juga berimbas pada kinerja anggota yang kurang maksimal atau tidak sepenuh hati menjadi anggotanya. Disini saya punya tips kunci sukses dalam berorganisasi berdasarkan pengalaman saya menjadi seorang ketua dan pengetahuan dari berbagai literatur dan berbagai forum dikusi.
Kunci sukses berorganisasi dapat saya singkat dengan "DIA PITAK K-3". Kunci sukses ini mencakup semua aspek yang menunjang keberhasilan sebuah sistem dalam berorganisasi.
D : Disiplin
Semua orang pasti setuju dengan kata yang satu ini, DISIPLIN. Anda juga kan? Ayo dong anggukan kepala anda? Hehe. Dengan kita disiplin kita akan bisa mencegah atau paling tidak tak kan ada kegiatan yang sia-sia atau buang-buang waktu (wasting time) yang dapat menghancurkan kemajuan organisasi. Dengan kita disiplin dan sudah terbiasa dengan itu maka saya yakin tak kan ada sikap terburu-buru seperti dikejar-kejar kucing anjing.
I : Iman
Setiap organisasi harus dilandaskan oleh suatu pegangan yang bisa menuntun langkah ke jalan yang benar. Banyak organisasi yang tidak berlandaskan atas keimanan seperti layaknya gank-gank motor, organisasi para preman, organisasi kejahatan, dll. Mereka juga sama sebuah organisasi yang ingin mencapai suatu misi tertentu. Bedanya adalah mereka tidak punya dasar keimanan sehingga tujuannya pun pasti akan negatif. Untuk itu setiap organisasi harus dilandasi keimanan (agama).
A : Aku Senang
Dalam berorganisasi harus bisa menikmati proses yang sedang berjalan. Jika ada hambatan nikmatilah. Prinsip aku senang disini berarti seseorang yang merasa tulus dan ikhlas berada dalam sebuah organisasi tanpa ada keterpaksaan atau pun rasa tidak nyaman. Jika seseorang merasa tidak nyaman berada dalam sebuah organisasi sudah barang tentu kinerjanya juga pasti akan bermalas-malasan atau sekadarnya.
P : Progressif
Organisasi yang baik adalah organisasi yang berpikir kedepan dan terus maju. Sebuah organisasi harus punya semangat progressif (semangat untuk maju). Jangan mau kalah sama kemajuan organisasi lain. Cobalah tanamkan sebuah motivasi kepada anggota untuk selalu punya semangat progressif.
I : Inovatif
Selain itu sebuah organisasi harus bersifat inovatif. Jika sistem yang lama tidak bekerja dengan baik cobalah buat sistem yang baru yang belum di terapkan dalam organisasi lain. Jangan terpaku dengan sistem lama karena dunia ini menuntut perubahan. Kalau kita hanya diam di tempat sementara perubahan terus berlari kencang. Celaka lah kita.
T : Tujuan
Organisasi harus punya pandangan ke depan sehingga setiap keputusan yang di ambil tidak melenceng. Jadi setiap organisasi harus punya tujuan yang jelas.
A : Action
Jangan terlalu banyak berdiskusi mengenai pembentukan sistem yagn baik segeralah action jangan teralu banyak membuang waktu. Jika punya program kerja yang baru segera lakukan. So, action!
K : Kekeluargaan
Sebaiknya sebuah organisasi harus punya hubungan seperti layaknya keluarga. Hindari permusuhan sesama anggota ataupun konflik ketua dengan anggota. Buatlah organisasi seperti layaknya sebuah keluarga.
K : Kerjasama
Tanpa aspek yang satu ini saya yakin sebuah organisasi sulit untuk maju. Bagiamana tidak, jika tidak ada koordinasi kerjasama antar komponen organisasi untuk melaksasnakan satu program kerja saja mungkin akan kesulitan dibuatnya.
K : Kreatif
Ciptakan sebuah produk-produk sebagai ciri maupun penemuan yang bermanfaat untuk orang lain. Jika anda adalah organisasi pecinta alam maka cipatakan lah sesuatu hal yang berhubungan dengan itu. Misal : Membuat rumah pohon, Flying Fox, Budidaya jamur, dll. Teruslah ciptakan produk-produk untuk mengkokohkan eksistensi sebuah organisasi.
K : Kompetitif 
Persaingan antar sesama organisasi itu wajar dan pasti ada. Untuk itu kita sebagai organisasi jangan punya sifat mengalah. Teruslah benahi dan harus lebih baik daripada pesaing kita. Tetapi persaingan disini bukan persaingan yang kotor.
Semoga tips di atas bermanfaat.
Salam sukses.

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website