Home » » Jujur itu Menyenangkan juga Menyehatkan

Jujur itu Menyenangkan juga Menyehatkan

Written By Wawan Setiawan on Friday, December 14, 2012 | 8:21 AM

Jujur itu Menyenangkan juga Menyehatkan - Berapa lama anda hidup di dunia ini? Akan ada suatu saat dimana mulut anda dikunci sehingga tidak bisa mengeluarkan satu patah kata pun, adalah hati anda dan semua anggota tubuh lainnya yang akan berkata dengan sejujur-jujurnya tentang apa yang telah anda perbuat selama di dunia. Ya pada suatu saat nanti di akhirat kelak ketika nafas kita dihentikan di dunia dan menuju alam akhirat.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan berbicara tentang konteks keagamaan tapi tentang sebuah kejujuran. Kejujuran adalah sebuah sifat mulia yang Allah berikan kepada makhluk-makhluk pilihannya seperti layaknya malaikat yang selalu jujur.

Ngomong-ngomong soal kejujuran, ada berapa banyak orang sih di dunia ini yang jujur? Anda termasuk? Saya percaya anda itu orang yang jujur. Ada yang bilang bahwa 'jujur itu mahal' hanya sedikit sekali orang yang memiliki kejujuran di dunia ini. Makanya, banyak perusahaan yang juga selektif sekali dalam memilih karyawannya. Salah satunya adalah mencari orang-orang yang benar-benar jujur dalam bekerja.

Pada zaman sekarang ini, kejujuran memang kadang menjadi sesuatu yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Sedikit sekali memang orang yang benar-benar jujur. Padahal Nabi Muhammad sendiri bisa menjadi Pengusaha kaya dan menjadi orang termashur di dunia. Ya modalnya hanya satu yaitu kejujuran.

Dari segi psikologis sendiri juga mengatakan bahwa jujur itu sehat dan tidak jujur itu akan membuat pikiran cemas dan perasaan tidak tenang. Ya begitulah memang, ketika kita bersikap tidak jujur, rasa-rasanya ada sesuatu yang mengganjal di pikiran dan akhir-akhirnya kita menjadi orang yang pintar beralasan alias 'tukang ngawadul' kata orang sunda.

Jika sudah begitu, suatu saat kita akan dicurigai karena 'seberapa hebat pun seseorang menyembunyikan bangkai lama kelamaan akan tercium juga baunya'. Kasian juga ya nasib orang yang tidak jujur, hari-harinya dihabiskan hanya untuk berpikir mencari alasan-alasan yang brilian. Padahal sangat disayangkan sekali ya. Seandainya saja dia berpikir untuk sesuatu yang lebih positif pasti lebih bermanfaat buat hidupnya.

'Jadi kau berbohong selama ini' Jebreeetttttt (ketahuan loe). 'mati dah gue' kata orang yang tidak jujur tersebut. Mau kemana loe bung?? Jika sudah begini mampus sudah. Efeknya kira-kira seperti apa? Ya jelaslah akan hilang sudah kepercayaan orang terhadap kita dan yang lebih parah lagi. Nama kita akan tersebar lewat orang tersebut dan akhirnya (semua orang tidak percaya sama kita). Kalau sudah begini, mau gimana? Pergi aja kelaut sono. Hwkwk

Padahal jika kita berkata apa adanya, hati dan jiwa juga akan tenang. Hari-hari kita tidak di isi oleh kegiatan mencari-cari alasan yang brilian dan menggunakannya untuk sesuatu yang lebih positif. Kita akan disenangi banyak orang sehingga mudah juga dalam urusan mencari rezeki, insya Allah. Semoga Allah selalu membimbing kita agar selalu berada di jalannya yang lurus. Aminn.

Wassalam.

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website