Home » » Tips Mengatasi Kejenuhan

Tips Mengatasi Kejenuhan

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, May 1, 2012 | 8:12 AM

Salah seorang temanku pernah berkata bahwa "siapapun orangnya apabila melakukan aktivitas atau kegiatan apapun secara berulang-ulang pasti akan bosan", katanya. Mendengar ucapannya saya merasa tertarik untuk membahasnya dalam postingan ini. Rasa jenuh memang kadang datang begitu saja dan membuat gairah dan semangat kita hilang.

Secara umum semua aktivitas apapun, sebetapa menggebu-gebunya ia, betapa semangatnya ia, pasti akan menemukan suatu kejenuhan. Jika sudah begitu biasanya seseorang akan melakukan 2 pilihan, yaitu : "mengontrol rasa jenuhnya kemudian kembali bersemangat" atau "terpengaruh oleh rasa jenuhnya kemudian menjadi malas untuk bertindak". Saya yakin semua orang pernah mengalaminya.

Rasa jenuh bisa di akibatkan oleh beberapa hal seperti berikut ini :
1. Rutinitas kerja yang monoton.
Seseorang bekerja atau melakukan sesuatunya selalu dengan cara yang sama setiap harinya maka biasanya seseorang itu akan mengalami suatu kejenuhan. Misal seseorang bekerja tidak ada kreatifitas dan inovasi dalam setiap pekerjaannya.
2. Pengangguran (tak ada kerjaan)
Kejenuhan juga dapat di akibatkan oleh keadaan ketika seseorang tidak mempunyai sesuatu untuk di kerjakan. Misal seorang pengangguran yang menyendiri di rumah menunggu panggilan kerja.
3. Beban pikiran.
Beban pikiran juga berpengaryuh terhadap kejenuhan. Misalnya ketika seseorang sedang mengalami tekanan ekonomi maka orang itu sering tidak ada gairah dalam melakukan suatu hal. Beban ekonomi yang selalu membayangi pikirannya membuat hidup seakan-akan tak berarti. Setiap melakukan sesuatu pun menjadi tak ada gairah dan semangat.
4. Kondisi Kesehatan.
Saya pernah merasakan sendiri betapa bosannya berbaring di atas kasur ketika sedang sakit. Biasanya seorang yang sedang sakit tidak banyak melakukan banyak hal dikarenakan kondisi badannya yang tidak mendukung untuk banyak melakukan banyak hal. Ini juga menyebabkan suatu kejenuhan. Ya. Jenuh karena sakit.
5. Lingkungan.
Lingkungan yang baru/asing bagi seseorang juga kadang menimbulkan sebuah kejenuhan. Misalkan seseorang yang baru saja tinggal di Eropa merasa kesulitan bergaul dengan orang-orang sekitar, lingkungan yang tidak nyaman, dll. Ini juga akan menimbulkan suatu kejenuhan.

Namun pada kenyataannya aku temukan fakta seperti berikut ini :
1. Rekan saya yang bekerja sebagai seorang office boy merasa menikmati pekerjaannya dan selalu bersemangat ketika saya tanya tentang kejenuhan.
2. Seorang pengangguran menikmati semua aktivitasnya berkumpul bersama teman-teman, kumpul bareng main gitar, nongkrong di perempatan, sampai konvoi di jalanan. Mereka seakan-akan menikmati dunianya.
3. Seseorang yang punya banyak utang, di kejar-kejar tukang kredit dan mengumpulkan uang buat bayaran setoran malah membuatnya lebih bersemangat dalam bekerja.
4. Seseorang yang punya sebuah penyakit selalu bergembira dan ceria menjalani hidupnya ketika saya tanya tentang kejenuhan.

Jika kita tahu cara untuk menghilangkan rasa jenuh maka apapun keadaan kita, kita akan selalu ada dalam keadaan dinamis dan selalu bergairah. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kejenuhan :

Berpikirlah tentang sesuatu yang bersifat fun (menghibur).
Ketika kejenuhan datang ke pikiran anda cobalah alihkan dengan memikirkan sesuatu yang menghibur anda misalnya mengingat-ingat kembali saat-saat teman anda mebuat lelucon yang konyol, mengingat kembali saat anda melakukan sesuatu yang paling berkesan buat pasangan anda, dsb. Jangan pernah mengingat masalah yang menyedihkan karena itu akan tambah membuat anda jenuh dan kurang bergairah.

Ciptakan sesuatu yang berbeda di tempat rutinitas anda.
Jika anda adalah seorang pekerja kantor cobalah buat sesuatu yang berbeda di ruang kantor anda misal anda memasang foto keluarga, pemandangan yang anda sukai, atau sebuah aquarium yang berisi ikan-ikan yang anda sukai. Dengan begitu ketika kejenuhan datang ke pikiran anda anda bisa alihkan ke benda-benda itu.

Jangan terlalu bersifat pendiam, hiduplah dalam lingkungan anda.
Ketika anda berada dalam suatu lingkungan tertentu yang di dalamnya berisi orang-orang yang tidak anda kenal, cobalah hidupkan diri anda disana. Ini akan membuat anda merasa fun berada di lingkungan baru. Buatlah sebuah lelucon dan bergaul lah dengan orang-orang sekitar anda. Jangan menjadi seorang pendiam karena itu akan membuat anda jenuh berada disana.

Lakukan gerakan-gerakan kecil, atau pun tindakan yang membuat anda selalu fun.
Salah satu kebiasanku ketika berada di perjalanan adalah dengan menyanyi-nyanyi di jalan bahkan sekeras-kerasnya. Kadang saya menertawakan diri sendiri karena suara yang fals tapi itu cukup membuat diri saya senang berada disana. Walaupun kelihatannya konyol tetapi cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan kejenuhan. Lakukanlah sesuatu yang membuat anda merasa fun seperti menyanyi, bersiul, menyanyi dalam hati, atau mengetuk-ngetukan tangan anda ke meja, dll.

Sesekali Pergilah ke tempat-tempat tertentu untuk sekedar refreshing.
Menurut buku yang saya baca ada rahasia lain di balik kesuksesan para pengusaha teratas dunia yaitu mereka sering berlibur dengan keluarga atau teman. Dengan begitu pikiran akan selalu fun dan membuat dirinya lebih produktif dalam berkarya. Berliburlah sesekali dengan keluarga atau teman-teman anda untuk refreshing.

Buatlah penampilan anda lebih menarik.
Jika dulu anda jarang memperhatikan penampilan anda sekarang cobalah benahi penampilan anda. Gunakan pakaian yang membuat anda merasa percaya diri, gunakan wewangian, dan jagalah kebersihan tubuh anda. Dengan begitu anda akan lebih merasa percaya diri dalam bergaul.

Berpikir positif terhadap apapun yang terjadi.
Tetaplah ambil sisi baiknya ketika anda sedang mengalami sesuatu yang membuat anda marah atau pun kecewa. Anggaplah bahwa itu adalah sebuah pelajaran yang mereka ajarkan untuk anda.  Jika ada seseorang yang memarahi anda anggaplah itu adalah sebuah pelajaran agar anda lebih baik lagi.

Kejenuhan dapat mempengaruhi semangat anda dalam Bekerja, Belajar, dan Berkarya. Jika kejenuhan selalu mengisi hari-hari anda sama saja dengan anda menghiasi hidup dengan kekosongan yang tak berarti. Tetaplah jaga semangat dan gairah anda agar anda menjadi lebih produktif baik dalam bekerja, belajar, maupun berkarya.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.











1 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website