Home » » 4 Prinsip untuk menjadi seorang Ahli

4 Prinsip untuk menjadi seorang Ahli

Written By Wawan Setiawan on Tuesday, May 22, 2012 | 7:25 AM

Jika kita melihat ke lingkungan sekitar, cobalah sesekali lihat perbedaan antara orang yang satu dengan orang lainnya dalam hal pencapaian. Dari yang sangat ahli dalam suatu bidang tertentu sampai seseorang yang tidak punya sedikit pun keahlian. Keahlian adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang tidak banyak di kuasai oleh orang lain sedangkan semua orang pasti punya kemampuan. Ngomong-ngomong coba sebutkan apa saja keahlian yang anda miliki sekarang? Ayo sebutkan saja! ;-)

Banyak orang sekitar yang kurang percaya diri mengungkapkan kemampuan yang dimilikinya dan jika di ajukan dua pernyataan yang terdiri dari daftar kekurangan dan kelebihan mungkin daftar paling banyak adalah kekurangan kita. Ya maklum lah setiap manusia itu pasti punya kekurangan tapi bukan berarti juga kan kita tidak bisa punya kelebihan.

Sebenarnya perbedaan seseorang yang ahli di bidangnya dengan seseorang yang tidak ahli adalah terletak pada serius dan tidaknya dalam mengerjakan sesuatu yang diminati. Disini saya akan mengutarakan 4 prinsip kerja yang akan membuat kita menjadi seorang expert (ahli di bidang tertentu).

1. Kerja Keras.
Hal pertama yang dilakukan untuk menjadi seorang ahli adalah kita di tuntut untuk bekerja keras dalam melakukan sesuatunya. Contoh : Jika anda adalah seseorang yang ingin ahli di bidang seni musik atau menjadi seorang musisi maka anda harus bekerja keras berlatih setiap hari. Terus perbanyak jam terbang kita dan belajarlah dari semua kesalahan-kesalahan. Pantang menyerah dan terus berusaha sebelum meraih apa yang di inginkan.

2. Kerja Cerdas
Selain kerja keras kita juga harus bisa kerja cerdas. Kerja keras saja tidak cukup kalau kita tidak bisa kerja cerdas. Cerdas disini adalah kita bisa pandai mengatur semua waktu atau mengerti metode atau cara untuk meraih semua itu. Contoh : Salah seorang teman saya ingin menjadi seorang gitaris terkenal, ketika saya bertanya tentang seberapa jauh ia berusaha ia menjawab "setiap hari saya berlatih dengan keras", tetapi ketika saya bertanya tentang tehnik-tehnik dalam bermain gitar ia tidak bisa melakukannya. Harusnya ia juga belajar untuk pintar-pintar mencari orang yang ahli dalam bermain gitar atau mengikuti kursus gitar karena itu juga salah satu cara cepatnya. Cerdas disini bisa juga mengerti cara cepatnya.

3. Kerja Tuntas
Inilah satu hal yang mungkin banyak di abaikan oleh setiap orang. Ketika seorang sedang berusaha melakukan cara-cara untuk menjadi seorang yang yang ahli dalam suatu bidang kadang ia terhenti karena suatu hal tertentu. Ketidakmampuan untuk bisa fokus dan tekun inilah yang menghambat seseorang menjadi seorang yang ahli. Penyebabnya bermacam-macam, bisa jadi ia tergoda oleh hal lain yang dia anggap lebih mudah atau pun karena ketidaknyamanannya berada dalam proses tersebut. Misalnya, seorang lelaki sedang berusaha menjadi pengusaha bisnis online karena dianggap bisnis online adalah bisnis menguntungkan dan kita tidak perlu mendirikan lapak dan mengumpulkan produk namun setelah menjalani rangkaian proses hasilnya belum juga nampak terlihat, ia menjadi frustasi dan menghentikan langkahnya kemudian ia pindah untuk berbisnis secara real dengan mendirikan lapak dan berjualan pakaian. Hari demi hari ia jalanai namun dalam bisnis ini pun ia merasakan belum ada keuntungan yang dirasa cukup besar kemudian ia berhenti dan seterusnya. Ketika kita tidak fokus pada sesuatu yang sedang kita jalani maka prosesnya pun akan terasa menjenuhkan. Tetaplah fokus pada sesuatu yang anda minati.

4. Kerja Ikhlas
Semua pekerjaan apapun akan terasa nikmat jika kita mengerjakannya dengan sepenuh hati. Karena keikhlasan inilah salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam bidangnya. Ketika seseorang melakukan sesuatunya dengan terpaksa maka hasilnya pun tidak akan cukup memuaskan berbeda dengan seseorang yang melakukan sesuatunya dengan sepenuh hati. Keikhlasan akan mendorong kita untuk melakukan yang terbaik untuk apa yang sedang kita lakukan tersebut.

Ada pesan dari seseorang pengejar mimpi yang sekarang telah mendapatkan mimpinya yang berbunyi "Semua mimpi kita dapat menjadi kenyataan bila kita mampu mengejarnya". Itu adalah kata-kata yang di ucapkan oleh Walt Disney. Sekarang kita bisa lihat hasilnya yaitu Disney Land yang begitu megahnya. Tetap bermimpi dan perbanyak actionnya.

Semoga bermanfaat,
Salam sukses.



6 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Outbound di Malang said...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

motivator Indonesia said...

"perbedaan seseorang yang ahli di bidangnya dengan seseorang yang tidak ahli adalah terletak pada serius dan tidaknya dalam mengerjakan sesuatu yang diminati."
setuju sekali dengan deretan kata di atas.

security services said...

Kolaborasi canggih antara kerja keras dan kerca cerdas. Top!

Armstrong Indonesia said...

Artikelnya menarik.
Benar sekali Ketidakmampuan untuk bisa fokus dan tekun inilah yang menghambat seseorang menjadi seorang yang ahli.

industrial maintenance said...

Wah, benar sekali, keikhlasan adalah salah satu kunci kesuksesan. apapun akan terasa ringan saat kita ikhlas menjalaninya. tapi sayangnya ikhlas itu tidak bisa stabil, selalu naik turun :D

Diary Liyon said...

Luar biasa gan
Bikin semangat menggapai mimpi jagi nge-full :D


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website