Home » » Tips Memiliki Semangat Hidup

Tips Memiliki Semangat Hidup

Written By Wawan Setiawan on Sunday, July 22, 2012 | 1:23 PM

"Kurangnya semangat lebih banyak menyebabkan kegagalan daripada kurangnya ilmu pengetahuan" Flower A. Newhouse.

Pernahkah anda melihat orang yang hidupnya selalu bergairah? Barangkali, saya adalah salah seseorang yang sangat menyukai orang yang bergairah dan penuh antusias. Perkataan nya begitu meyakinkan dan memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi. Hidupnya selalu optimis dan selalu bersemangat dalam kondisi apa pun. Gairah dan semangatnya membuat dia bisa mempengaruhi orang-orang sekitarnya. Dia lah seorang motivator hidup. Bagiamana dengan anda?

Saya sering mengikuti trainning motivasi. Dalam kesempatan itu juga saya selalu melihat seorang pembicara yang menyampaikan dengan penuh semangat dan antusias. Seperti baterai yang telah di charge ulang seperti itulah kondisi ketika selesai mengikuti training motivasi. Jadi geregetan lah pokonya. Semangat bertindak yang begitu menggebu-gebu. Ingin rasanya menunjukan kepada semua orang bahwa kita bisa meraih apa yang kita impikan.

Namun sifat natural manusia yaitu rasa malas dan kurang bergairah adakalanya datang menghampiri jiwa ini. Semangat yang dulu berkobar kini telah padam bagikan lilin yang tertiup angin. Padahal kita tahu bahwa hanya dengan bersemangatlah kita bisa konsisten melangkah dalam meraih impian dan cita-cita kita. Bagaimana sih caranya agar selalu bersemangat? Sebelum saya memberikan tips nya di bawah ini adalah ciri-ciri seseorang yang hidupnya tidak bersemangat :
  • Pesimisme, pikirannya banyak dipenuhi kata-kata "Impossible"
  • Sering merasakan jenuh. (Baca artikel : Tips Mengatasi Kejenuhan)
  • Sering berucap, "Ckkkk" di sebabkan oleh rasa malasnya, (Baca artikel : Tips Menghilangkan Rasa Malas)
  • Sering menguap. Bukan karena kurang tidur tapi karena kurangnya gairah dan antusias. Hati-hati lah jika anda sering menguap. Bisa jadi gairah dan antusias nya yang kurang.
Dan berikut adalah tips nya agar selalu diliputi semangat hidup :
  1. Sibukkan diri dengan kegiatan positif. Dengan kegiatan positif anda akan  terhindar dari zona nyaman yang akan meninabobokan gairah anda. (Bisa baca : Zona Nyaman yang Menjerumuskan Hidup)
  2. Carilah teman yang selalu memberikan pengaruh positif, hindari teman yang memberi pengaruh negatif. Ada pepatah yang bilang, "Jika ingin menjadi seorang kiyai bertemanlah dengan seorang kiyai dan jika ingin menjadi seorang pengusaha betemanlah dengan seorang pengusaha". Dalam pengalaman hidup saya sadari banyak sekali pengaruh baik itu positif atau pun negatif dari teman sepergaulan. Alangkah lebih baiknya jika teman kita selalu memberikan pengaruh positif. Tapi semua itu kembali ke pribadi masing-masing. Upayakan agar anda tidak terpengaruh oleh pengaruh negatif teman anda tersebut. Tapi sebaiknya carilah teman yang selalu memberikan pengaruh positif.
  3. Gunakan waktu luang untuk hal-hal positif.  Manfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang lebih positif seperti membaca, menulis, berolahraga, melukis, dan lain-lain. Hindari rutinitas negatif seperti, kebanyakan nonton TV, dan mengobrol yang berlebihan.
  4. Miliki lah hobi yang positif. Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Semua itu tidak bermasalah selagi hobi itu bernilai positif bagi hidup kita. Kenalilah apakah hobi yang selama ini bernilai positif bagi hidup anda atau sebaliknya? Jika hobi itu terkesan negatif segeralah ganti dengan kegiatan yang lebih bernilai positif lainnya.
  5. Berdoa dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa di balik keberhasilan seorang Muhammad SAW adalah berkat kedekatannya dengan Allah. Dengan kita dekat dengan Allah maka segala seseuatunya tidak akan melenceng dari kebenaran karena kita merasa selalu di awasi oleh Allah. Dan sumber kekuatan berasal dari berdoa, karena doa dapat memberikan kekuatan yang luar biasa bagi seseorang apalagi ketika sesorang sedang merasakan sulit. Jika perlu menangislah dalam berdoa karena akan lebih terasa kekuatan doanya. (Silahkan baca artikel: Nikmatnya sebuah tangisan)
Disini saya berwasiat kepada diri sendiri dan pembaca semuanya. Tetaplah untuk di ingat bahwa hanya dengan bersemangatlah kita bisa meraih kesuksesan hidup. Ianya adalah sebuah modal untuk menggapai kesuksesan. Tanpanya akan sulit untuk meraih impian dan cita-cita kita. Semoga hidup kita selalu diliputi oleh semangat dan antusiasme yang begitu membara. Menyambut hari esok yang lebih bahagia.

Semoga bermanfaat.
Salam sukses.

3 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Anonymous said...

penyakit yang paling mematikan adalah 'kehilangan semangat hidup'.
saya banget tu gan.
tu kalimat dikutip dari kompasiana.com

saya pengen share terkait artikel ini.
jujur saja, saya dari kecil tinggal berdua dengan kakak perempuan saya. sampai pada akhirnya kakak menikah dan tinggal bersama suami nya, saya memutuskan untuk hidup sendiri alias kost (karena tidak enak tinggal dengan keluarga baru kaka). soal orang tua..(saya keluarga broken home). saya menjalani kehidupan layaknya manusia biasa. sekolah dan bekerja. tapi sampai sekarang, saya tidak bisa menjalani kehidupan dengan semangat. Sulit rasanya untuk bisa seperti orang" yang begitu giat meraih apa yang mereka inginkan. ditambah usia saya yang terbilang masih muda (20th). dalam hati, saya tidak ingin masa ini habis begitu saja. berbagai training motivasi pernah saya ikuti, dan alhasil keesokan harinya tetap saja seperti hari kemarin. googling artikel tentang semangat hidup pun saya cai. tetap saja . apa yang harus saya lakukan..? saya bingung sekali. ingin menangis tetapi tidak bisa, sangat sulit sekali untuk bisa memiliki semangat dalam hidup. apa yang harus saya lakukan..???

Anonymous said...

saya anonymous yang menulis komentar tadi. ini no telepon saya. 082127443830 mohon bantuannya. terima kasih

Gabrielia Fatma Ramadhan said...

saya suka blog ini


Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website