Home » » Diam Adalah Sebuah Kekuatan - Bagian 2

Diam Adalah Sebuah Kekuatan - Bagian 2

Written By Wawan Setiawan on Saturday, April 21, 2012 | 10:46 PM

Ketika lelaki itu hanya diam menikmati tetesan madu, sang harimau yang sedang berusaha menggapai lelaki itu akhirnya jatuh ke bawah sumur menimpa sarang ular-ular berbisa dan ular itu pun mati tertimpa harimau yang jatuh menindihnya, sementara si lelaki yang bertengger di atas akar pohon diantara sumur itu akhirnya ikut jatuh ke bawah sumur karena akar pohon yang di tapakinya tak kuasa menahan beban tubuhnya. Disana ia menimpa si harimau yang lebih dulu jatuh ke bawah. Akhirnya si harimau itu meraum kesakitan tertimpa badan si pemburu tadi. Dalam suasana harimau yang lagi meraum kesakitan ia tak mau pikir panjang lagi. Dengan segenap tenaga ia bergerak keluar dari sumur itu hingga ahirnya ia keluar dari sumur kemudian selamat. SELESAI.
Ada beberapa hikmah yang bisakita ambil dari kisah di atas.
1. Diam untuk berpikir tenang
Banyak sekali orang-orang yang tidak bisa berpikir tenang ketika dihadapkan pada sebuah masalah yang besar. Mereka hanya di belenggu oleh pikiran-pikiran negatif yang akan membuatnya stress (tertekan). Berbeda dengan apa yang dialami oleh si pemburu itu yang memilih untuk diam menikmati tetesan madu daripada dipusingkan oleh masalah-masalah yang ada.
2. Diam adalah Emas
Suatu waktu Nabi Muhammad pernah mengingatkan bahwa diam itu adalah emas. Ya diam itu adalah emas. Maksud dari ucapan beliau adalah kurang lebihnya seperti ini :
Daripada kita sibuk berkata-kata yang tidak bermanfaat alangkah baiknya jika kita diam. 
Daripada kita bertindak terlalu banyak namun itu tidak mendatangkan manfaat alangkah baiknya jika kita diam.
Daripada kita disibukan oleh pikiran-pikiran yang semakin lama semakin menumpuk ketika menghadapi masalah alangkah baiknya jika kita diam.
Daripada kita berbicara kepada orang lain padahal kita tidak tahu itu alangkah baiknya jika kita diam.
Dan masih banyak lagi. ;-) 
Bagaimana menurut anda?
3. Segera bertindak ketika ada jalan keluar.
Seperti apa yang di alami oleh pemburu itu ketika ia melihat sang harimau yang sedang meraung kesakitan tanpa pikir panjang lagi akhirnya si pemburu itu segera keluar dari sumur dan pergi jauh-jauh dari sana. Dalam kehidupan nyata juga kita harus seperti itu kawan, ketika kita diam utnuk menenagkan pikiran dalam masalah yang kita hadapi dan ketika sudah terlihat jalan keluar dari masalah itu, segeralah action. Persis seperti para pemain bola yang tidak pernah menyia-nyiakan peluangnya ketika berada di depan gawang lawan.
Marilah kita mencoba untuk bisa diam dan bisa berpikir tenang ketika masalah-masalah dalam hidup ini. Bila perlu shalatlah dan berdoalah kepadaNya agar diberikan petunjuk.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Salam sukses.

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Sang Pemenang . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website